11 Tips Jitu Mempertahankan Keharmonisan Rumah Tangga

Membangun Keharmonisan Rumah Tangga

Tips Membina Keluarga Harmonis
Tips Membina Keluarga Harmonis

Tips Membina Keluarga Harmonis

Keluarga harmonis adalah dambaan setiap orang yang menjalankan rumah tangga. Tetapi tidak semua orang yang bisa menggapai nya, karena mungkin berbeda tentang cara menjalankan nya dengan benar. Namun seperti apakah keluarga yang harmonis tersebut ?

Keluarga harmonis adalah keluarga yang mampu di jalankan sesuai dengan posisi nya masing – masing dalam sebuah keluarga tersebut. Yang mana gambaran nya adalah seorang Ayah mampu menjadi seorang kepala keluarga yang mampu menjalankan fungsi dan kedudukan nya sebagai kepala keluarga.

Seorang Ibu tugasnya adalah mampu menjalankan fungsi dan kedudukan nya sebagai seorang Ibu Rumah Tangga, dan begitu juga dengan anak – anak nya mampu menjadi anak yang baik dan mengikuti segala perintah yang di berikan oleh seorang bapak dan ibu nya.

Sebuah keluarga yang harmonis adalah bukan nya sebuah keluarga yang tanpa masalah, namun di sini adalah yang mampu mengatasi masalah itu dengan baik. Baiklah di sini saya akan berikan 11 Tips Jitu Mempertahankan Keharmonisan Rumah Tangga, yang patut anda coba dalam menjaga keluarga yang harmonis supaya bisa menjadikan solusi dalam pemecahan masalah tersebut, yang berujung pada tercipta nya keluarga yang harmonis tersebut.

Berikut Tips nya :

1. Mendengarkan keluhan setiap pasangan

Hampir di pastikan di dalam kehidupan atau keluarga manapun, setiap orang punya masalah yang mengakibatkan seseorang banyak mengeluh, karena mungkin tidak bisa mengatasi masalah tersebut. Yang akhirnya bisa menimbulkan berbagai macam persoalan dalam rumah tanggga terutama.

Nah jika terjadi hal yang demikian pada pasangan keluarga, cobalah ungkapkan keluhan tersebut kepada pasangan nya, baik itu kepada suami, kalau anak kepada ibu. Dan di harapkan si pasangan nya ini juga bisa memberikan solusi atas masalah pasangan tersebut.

Misal nya masalah anak yang tidak mau menuruti perkataan orang tua. Dengan cara ini akan menimbulkan atau menumbuhkan saling komunikasi yang efektif dalam keluarga.

Tapi perlu di ingat jangan sesekali membawa persoalan rumah tangga kepada orang lain di luar keluarga, ini akan berakibat buruk bagi terciptanya sebuah keluarga yang harmonis, karena akan menimbulkan saling menyalahkan satu sama lain nya.

Dalam menyampaikan keluhan sebaik nya juga harus melihat kondisi dan waktu yang tepat, dari masing – masing pasangan. Jika salah satu pasangan kita tidak bisa merespon keluhan itu, juga tidak baik, karena bukan nya solusi yang di dapat tetapi malah memperburuk situasi.

2. Kejujuran Dan Keterbukaan Adalah Yang Utama

Saya yakin hampir tidak ada manusia yang ingin di bohongi, coba tanyakan kepada diri kita masing – masing. Nah dalam sebuah rumah tangga juga harus menggunakan prinsif kejujuran dan keterbukaan, karena hal ini akan membawa dampak yang positif bagi tercipta nya keharmonisan rumah tangga.

Sebagai contoh jika uang belanja kita kurang atau pengeluaran rutin bulanan, dan lain sebagai nya. Sikap jujur ini juga secara tidak sadar akan menjadi contoh buat anak – anak kita nanti nya. Dan jujur ini juga bukan hanya dari kata – kata, tetapi kita mampu di barengi dengan perbuatan.

Jujur ini akan menimbulkan kepercayaan pada masing – masing pasangan, sehingga akan tercipta keharmonisan rumah tangga.

Karena sebuah kepercayaan itu sangat mahal, jika di bandingkan dengan hal apa pun. Jika seseorang sudah hilang kepercayaan nya, maka bukan mustahil mengakibatakan keretakan dalam rumah tangga tersebut.

3. Membangun Komitmen Bersama

Komitmen Apa Yang Perlu Di Bangun ?

Komitmen dalam menjalankan Rumah tangga ini dengan baik dan benar menurut aturan dan perjanjian di awal pernikahan serta tidak ada hal – hal yang di langgar oleh pasangan.

Sebagai contoh saya akan setia pada pasangan saya, walaupun pasangan saya akan berubah cara dandan nya dan penampilan nya setelah punya anak. Atau saya akan terbuka dan jujur pada pasangan saya tentang pendapatan saya sebagai kepala keluarga.

Saya akan siap menghadapi segala masalah yang akan menghadang keluarga saya sampai kapan pun. Itulah contoh – contoh komitmen yang di bangun sebelum pernikahan.

Komitmen – komitmen tadi harus di bangun setiap saat lewat pikiran atau sugesti positif agar selalu ingat dan tidak mudah goyah.

4. Merencanakan Masa Depan Keluarga

 

Tips Membina Keluarga Harmonis
Tips Membina Keluarga Harmonis

Di dalam merencanakan masa depan keluarga, hal ini tentu berkaitan dengan hal yang menyangkut ekonomi keluarga, anak – anak, dan hal – hal yang ingin di capai dalam sebuah rumah tangga tersebut. Ini adalah hal yang harus di lakukan sebuah keluarga jika ingin keluarga nya harmonis dan bisa di jalankan dengan baik dan benar.

Agar mempunyai arah dan tujuan yang benar dan merealisasikan nya dalam rumah tangga agar tercapai yang menjadi tujuan nya di awal membangun keluarga. Atau kalau dalam PEMILU, kita harus punya MISSI da VISI yang jelas.

VISI = Tujuan

MISSI = Upaya untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Menghindari perilaku yang tidak disukai pasangan

Sesuatu yang wajar dan sudah menjadi rahasia umum, bahwa di dalam hidup dan kehidupan ini, selalu di hadapkan kepada dua realita yang berlawanan, ada baik ada buruk, ada malam ada siang, ada laki – laki ada perempuan dan ada rasa sebel dan ada rasa suka.

Nah dua hal tersebut pasti terjadi di dalam rumah angga, di mana kita akan mengalami hal atau perilaku yang tidak di sukai pasangan kita masing – masing. Sehingga jika hal ini tidak atau di biarkan berlarut, maka akan berakibat pada kurang harmonis nya sebuah rumah tangga.

Tips nya adalah, jika anda mengalami hal demikian dari pasangan anda, cobalah berbicara kepada pasangan anda secara baik – baik, dan meminta nya untuk tidak melakukan hal yang tidak di sukai tersebut. Karena bisa jadi pasangan anda tersebut, tidak merasa perbuatan nya tidak sukai oleh anda.

Tetapi jika anda bicarakan dengan baik – baik, maka pasangan anda akan mengetahui , bahwa tindakan atau perilaku tersebut tidak di sukai oleh anda, dan berusaha menghindari nya.

Jika upaya ini di lakukan, maka akan tercipta rumah tangga yang harmonis.

6. Saling Menjaga Kepercayaan

Bisa di bayangkan jika dalam sebuah keluarga sudah hilang saling percaya antara satu sama lain nya. Karena kepercayaan ini adalah modal utama dalam berkeluarga, maka sebaik nya jagalah kepercayaan itu.

Untuk menaga kepercayaan itu, kita perlu menjaga komitmen yang di bangun di awal pernikahan.

Bisa jadi kepercayaan itu hilang karena salah satu pasangan tidak menjalankan komitmen nya secara baik dan benar, bahkan melanggar komitmen itu.

Jika sudah terjadi hal demikian, sebaik nya bicarakan dengan pasangan anda secara baik – baik, tidak emosional, dan tetap rileks cara menghadapi nya.

7. Buat Jadwal Kegiatan Bersama

Keluarga adalah sekelompok orang yang menjalankan fungsi nya sebagai keluarga. Di mana di dalam keluarga terdiri dari ayah, ibu, anak – anak, yang butuh waktu untuk bermain bersama, kumpul atau juga jalan – jalan atau juga shoping ke mall bersama keluarga.

Jika anda termasuk orang yang sibuk, maka aturlah waktu untuk keluarga, jika setiap hari tidak bisa, maka bisa satu minggu 1 x, atau sebulan sekali, atau apabila jauh maka bisa 3 bulan sekali. Ini akan menciptakan rasa saling memiliki dan si anak – anak merasa punya seorang ayah atau ibu.

Dengan demikian akan tercipta suatu hubungan yang harmonis dalam keluarga, yang di idam – idamkan. Selain itu juga kita bisa berkomunikasi dengan anak – anak, apabila punya permasalahan, baik masalah sekolah, pelajaran, atau juga masalah lain nya, bisa curhat ke bapak atau ibu nya.

8. Menjalankan Hak Dan Kewajiban Masing – Masing Pasangan Dengan Baik

Keretakan rumah tangga umum nya terjadi karena setiap pasangan tidak menjalankan hak dan kewajiban nya masing – masing. seperti misal nya seorang ayak identik dengan bekerja ke luar rumah, ke kantor, ke pabrik dan lain – lain. Dan seorang Ibu tugas nya adalah mengurusi keperluan rumah tangga, juga mengurus anak – anak di rumah. sedangkan anak – anak adalah sekolah dan belajar.

Maka di sini sudah jelas hak dan kewajiban nya dari masing – masing pasangan. Setelah tahu tentang apa – apa saja hak dan kewajiban nya dari masing – masing, maka kita patut menjaga dan menjalankan nya sesuai dengan porsi nya masing – masing.

Jika salah satu ada yang melanggar, maka bicarakan lah secara baik – baik supaya bisa mengingat komitmen yang di bangun di awal pernikahan untuk tercipta nya keluarga yang harmonis seperti yang kita idamkan.

Tips Membina Keluarga Harmonis
Tips Membina Keluarga Harmonis

9. Memberikan Hadiah Atau Kejutan

Dengan cara ini juga akan mampu memberikan efek yang sangat bagus buat keharmonisan keluarga, seperti misal nya, kita berikan kado istimewa kesukaan nya di hari ulang tahun nya, atau juga kita bisa berikan kejutan untuk anak – anak, istri, dan ayah.

Dengan cara begitu si pasangan akan merasa di perhatikan oleh pasangan nya, sehingga akan tumbuh benih – benih kepercayaan di antara masing – masing pasangan.

Tips Membina Keluarga Harmonis

10. Konsisten Dalam Menjalankan hak Dan Kewajiban

Biasa nya ini adalah hal yang paling susah dalam menjalankan sebuah rumah tangga, karena berbagai macam persoalan dan kehidupan yang cepat berkembang. Yang berdampak pada goyah nya sebuah rumah tangga. Ibarat pepatah mengatakan ” Membangun sebuah rumah tangga lebih gampang ketimbang mempertahankan nya ”

Jadi betul ada nya jika kita sudah menjalankan apa yang sudah saya katakan di atas, namun tiba – tiba muncul atau terbersit niat untuk mengakhiri sebuah rumah tangga, ini bisa di pengaruhi oleh beberapa sebab, ada faktor external dan juga ada faktor internel.

Faktor External di sebabkan karena melihat ada rumput di luar yang lebih hijau, atau juga pengaruh dari teman kerja, atau dari keluarga dan sebagai nya.

Faktor Internal adalah yang di sebabkan karena dari dalam diri sendiri, misal nya karena punya uang banyak sehingga mau beli apa pun bisa di beli termasuk nikah lagi, misal nya.

Jika terjadi hal yang demikian solusi nya adalah kita harus ingat komitmen di awal dan menjaga hak dan kewajiban kita dengan benar.

Kalau saya dengan cara melihat anak – anak yang lebih ampuh untuk menangkal hal yang demikian itu. Dengan melihat anak kita akan mampu meredam rasa yang tidak atau hal – hal yang akan merusak pikiran dan niat yang tidak benar tersebut.

11. Bersyukur Dan Berdo’a

Nah inilah yang paling penting untuk di lakukan oleh seseorang jika ingin rumah tangga nya harmonis. Berdo’a adalah meminta sesuatu kepada sang Khalik Allah SWT, karena usaha tanpa do’a kita di anggap sombong, begitu juga do’a tanpa usaha adalah hal yang mustahil. Karena kita sudah di berikan banyak fasilitas Oleh sang Maha pencipta, maka sepatut nyalah kita meminta juga hanya kepada sang Mpunya, yaitu Allah SWT.

Bersyukur adalah cara berterima kasih atas segala yang telah di capai selama ini, dengan cara ini kita akan merasa tenteram.

Saya pernah mendengar pepatah mengatakan ” Kebahagiaan Bukan terletak pada tercapai nya segala keinginan, tetapi kita tidak menginginkan apa yang tidak bisa di capai ” Artinya mungkin kita jangan mimpi meraih apa yang tidak dapat kita capai, tetapi mensyukuri apa yang telah di capai jauh lebih membahagiakan.

Berarti kita tidak boleh dong mimpi setinggi langit ? Oh tentu boleh tetapi sesuaikan mimpi nya dengan realita yang ada atau posisi anda ada di zona yang mana. Kita tidak bisa memiliki apa yang bisa di miliki oleh seorang Presiden atau menteri.

Jadi intinya mimpi nya harus Realistis dengan keadaan kita. Karena itu tadi kebahagiaan itu bisa di raih oleh orang – orang yang bersyukur atas segala pencapaian nya.

Bagaimana Caranya Bersyukur ?

Banyak cara mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, yaitu menjalankan segala perintah nya dan juga menghindari segala yang di larang oleh Allah SWT. Selain menjalankan kewajiban kita sebagai manusia kita juga dengan cara bersedekah atau memberikan sebagian rezeki kita kepada orang yang membutuhkan. Karena di dalam rezeki kita ada rezeki orang lain yang harus kita berikan. supaya rezeki kita menjadi bekah baik di dunia maupun di akhirat.

Bahkan ALLAH juga berjanji, akan memberikan rezeki yang berlipat bagi siapa saja yang bersedekah dan mengeluarkan zakat nya.

Dengan cara ini akan berdampak kepada keharmonisan rumah tangga yang sedang kita bina. Rumah tangga menjadi tenang tentram, bahagia sampai akhir hayat. Aminnn.

Itulah tips yang saya berikan tentang 11 Tips Jitu Mempertahankan Rumah Tangga, dan tentu ini mungkin sangat jauh dari sempurna, karena itu saya mohon maaf yang sebesar – besar nya, hanya saja saya ingin berbagi pengalaman saja dan semoga bermanfaat.

Terima kasih atas Kunjungan nya dan salam sukses selalu. Aminnn…

Baca artikel lain nya : Ini Dia Tempat Pengobatan Kanker Alami Tanpa Operasi

Ini Dia Tempat Pengobatan Kejantanan Pria Yang Wajib Anda Coba

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *