13 RAHASIA SUKSES BISNIS RITEL UNTUK PEMULA

13 RAHASIA SUKSES BISNIS RITEL UNTUK PEMULA
Bila anda menginginkan atau baru bakal terjun ke dunia usaha, strategi berhasil usaha ritel ini mungkin saja bermanfaat buat anda. Sebagai pemula, seringkali kita kerap alami kegamangan atau kesangsian. Gamang dalam pilih type usaha, gamang untuk mengawalinya, atau gamang pada resko yang bakal dihadapinya. Beragam kesangsian berikut yang kerap menghalangi seorang untuk terjun ke dunia usaha, termasuk juga dalam menggerakkan usaha ritel.

13 Rahasia Sukses Bisnis Ritel
13 Rahasia Sukses Bisnis Ritel

Usaha ritel di kenal sebagai usaha eceran di mana pebisnis bertindak dalam menyalurkan satu barang ataupun layanan pada orang-orang sebagai customer akhir. Warung kelomtong, warung rokok, pengasong, penjual sayur keliling yaitu contoh usaha ritel yang digerakkan orang-orang untuk taraf kecil. Bila usaha ritel taraf yang semakin besar salah satunya seperti alfamart, indomart, serta beragam super market maupun hypermarket.

Strategi Berhasil Usaha Ritel

Nah, bila anda tertarik untuk terjun danmenekuni usaha ritel, di bawah ini sebagian strategi berhasil usaha ritel yang mungkin saja ada fungsinya buat anda seorang pemula.

1.  Direktur Pragma Consulting Inggris, Monica Lucas menyampaikan hal yang pertama serta paling penting yaitu pilih tempat strategis sesuai sama tujuan pasar. Hal semacam ini bukan sekedar berlaku untuk pasar domestik, namun juga apabila entrepreneur bakal berekspansi ke luar negeri.

2.  Kedua, mereka mesti dapat menyesuaikan, tahu, serta ingin untuk dengarkan pelanggan. Terlebih, Indonesia mempunyai karakteristik yang unik, ada Jawa serta luar Jawa, ada urban serta non-urban. Ini sebagai tantangan untuk beberapa entrepreneur, bakal sia-sia apabila tak sejalan” kata Monica dalam seminar Retail Trends 2013 di Jakarta, Senin (25/3/2013).

3.  Ketiga, lanjutnya, entrepreneur mesti dapat memperkirakan jangkauan dengan cara pas. Hal semacam ini terkait erat dengan penentuan segmen pasar yang bakal dibidik.

4.  Ke empat, pilih saluran pemasaran yang pas, umpamanya apakah dengan cara konvensional atau e-commerse. Dapat dengan juga keduanya yang dimaksud cross channel.

5.  Ke lima, entrepreneur tak dapat senantiasa lakukan semua pekerjaan usaha ritel sendiri, jadi diperlukan seseorang manajer yang handal. Dia mesti dapat kerjakan pekerjaannya sesuai sama ekspektasi entrepreneur.

6.  Ke enam, diperlukan rencana yang pasti tentang usaha ritelnya.

7.  Ketujuh, ada system yang bagus baik dalam manajemen ataupun rantai produksi sampai hingga ke tangan customer.

8.  Diluar itu yang kedelapan, perusahaan mesti memiliki system penjualan yang efisien, terlebih dalam mempromosikan supaya pesan brand dapat tersampai.

9.  Kesembilan, harga mesti dijaga supaya tetaplah kompetitif, tak terpaut jauh dengan di market. Paling akhir, entrepreneur mesti dapat isi celah yang belum digunakan pesaing lain. Mereka mesti dapat lakukan hal yang belum dikerjakan.

10.  Awalilah dari taraf kecil. Tidak ada berhasil yang dapat dicapai kurun waktu singkat, terlebih bila anda mempunyai banyak keterbaasan. Baik terbatasnya modal, terbatasnya jaringan, serta beragam terbatasnya yang lain. Dengan mengawali dari taraf kecil, anda bakal peroleh banyak pengalaman bernilai yang bakal menempa sensitivitas usaha anda. Terlebih bila anda dapat bangun serta memperoleh keyakinan dari penyuplai atau supplier, jadi modal bukanlah lagi adalah permasalahan utama.
11.  Satu diantara strategi berhasil usaha ritel yaitu ketelitian dalam mempertimbangkan laba yang menginginkan anda capai. Memperoleh laba kecil tetapi dengan omset besar akan tambah baik dibanding tergiur dengan mengambil laba besar tetapi mengakibatkan lambatnya rotasi duit.
12.  Jauhi menggerakkan usaha ritel cuma dikarenakan tergiur cerita berhasil seorang. Sebagai orang yang bakal menggerakkan serta mengelola usaha, anda malah mesti mempunyai keinginan atau punya passion pada usaha ritel. Tentukan juga type product yang memanglah anda senangi untuk digerakkan.
13.  Berikanlah service yang memanjakan customer. Ketatnya persaingan usaha ritel sekarang ini mendorong permasalahan service sebagai patokan untuk customer dalam pilih toko yang dipilihnya. Kesetiaan customer begitu dibutuhkan supaya rotasi duit tetaplah terbangun hingga usaha anda selalu tumbuh dengan baik.

Itulah 13 rahasia sukses bisnis ritel untuk pemula, ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang ingin menjalankan usaha ritel. Dan bisa dipraktekan dalam usahanya itu.

Dan harus diingat yang paling penting dalam menjalankan bisnis supaya sukses adalah ACTION nya, bukan mimpinya. Karena mimpi tanpa ACTION adalah khayalan. Maka saran saya lakukan dengan segera.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *