14 CARA MEMBANGUN MENTAL POSITIF THINKING

14 CARA MEMBANGUN MENTAL POSITIF THINKING

Mempunyai positive thinking memanglah mesti dibiasakan serta dilatih terus-menerus supaya satu waktu nantinya bakal tumbuh jadi ciri-ciri. Namun bagaimana menumbuhkan rutinitas ini? Strategi tersebut dapat bermanfaat.

Cara membangun Positif Thinking
Cara membangun Positif Thinking

Bekas Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, miliki kalimat mutiara yang kekal : A pessimist sees the difficulty in every opportunity, an optimist sees the opportunity in every difficulty. Seseorang pesimis lihat kesusahan di tiap-tiap peluang, seseorang optimis lihat peluang di tiap-tiap kesusahan. Tidak ada yang tidak sama dari objek yang dihadapi si pesimis serta optimis. Yang ada hanya langkah pandang yang berbeda. Si optimis memandangnya dengan fikiran positif sedang si pesimis dengan fikiran negatif.

1. Dengan kata – kata positif

Memakai kalimat positif mempunyai dampak baik. Seseorang pakar bernama Dr. Susan Jeffers menyampaikan, ” Tidak permasalahan apakah kita yakin pada kalimat atau tak, namun kalimat itu memengaruhi alam bawah sadar kita. ” Bila kita punya kebiasaan memakai kalimat negatif, hasil negatiflah yang kita bisa. Demikian juga, bila kita senantiasa memakai kata positif hasil positif yang bakal kita bisa.

2. Mendengarkan uraian motivasional

Dengarkan paparan motivasional bakal bangun fikiran positif. Kita dapat mendengar acara motivasional di radio atau menyetel CD motivasional waktu tengah menyetir di perjalanan. Hal bakal jadi sejenis ” pengisian baterai ” untuk mental kita.

3. Dengan Afirmasi verbal tiap-tiap hari

Waktu kita hadapi satu permasalahan atau kesempatan, ada dua peluang yang dapat dikerjakan. Kita terasa dapat menangani atau mengerjakannya, namun di segi lain sangsi bakal kekuatan kita. Dengan cara tehnik, sesungguhnya kita begitu dapat mengerjakannya tetapi ketidakyakinan menarik kita pada sikap yang statis hingga kita tidak lakukan apa-apa.

Menurut beberapa pakar, langkah paling baik menangani permasalahan ini yaitu dengan melakukan afirmasi, yakni mengatakan kalimat positif pada diri kita. Pada pagi hari selepas bangun tidur, katakan pada diri kita kalau kita dapat lakukan suatu hal yang kita kehendaki. Sejenis ” Anda dapat! ” atau, ” Anda tentu dapat! ” Semakin keras perkataan kita semakin dapat memengaruhi bawah sadar kita. Kerjakan sehari-hari sekitaran 10 menit.

4. Dengan Menggunakan gambar atau tulisannya

Tempelkan visualisasi apa yang kita kehendaki akanmemberi efek positif dalam pencapaiannya. Apa yang menginginkan kita capai, tempelkan gambar atau kata-katanya. Pandangi tiap-tiap ada peluang, pikirkan apa yang bakal kita rasakan waktu dapat mencapainya. Ini bakal mendorong munculnya fikiran-pikiran positif.

5. Besyukur / Berterima Kasih

Rasa sukur bakal memengaruhi fikiran kita. Perkataan ” Terima Kasih ” bakal menerbitkan fikiran positif. Tetapi berapakah kali satu hari kita mengatakan ” Terima Kasih “? Kita bahkan juga mungkin saja lupa mengatakan terima kasih saat umpamanya, ditolong orang waktu terjatuh. Walau sebenarnya semakin kerap berterima kasih, semakin terbangun fikiran positif.

6. Pergunakan seputar kita dengan citra yang positif

Citra positif ini dapat berbentuk poster kalimat motivasi, photo ide, bahkan juga tulisan afirmasi untuk memberikan keyakinan diri dalam selembar kartu kecil atau kertas tempel yang gampang diliat. Lantaran ituberi hiasan ruang dengan poster atau bebrapa photo ide yang dapat menggugah kepercayaan kita atau memberi semangat. Sekali saat waktu kita tengah stres, tataplah, atau bacalah hingga kita bakal kembali konsentrasi pada hasrat yang tengah kita kejar.

Selain cara – cara diatas tadi, ada cara lain yang bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari – hari dalam rangka Cara membangun mental positif, adalah sebagai berikut :

7. Bergaulah dengan orang – orang yang berpikiran positif,
8. Baca buku yang positif
9. Baca Kitab Suci 60 menit sehari
10. Cari lingkungan yang Positif
11. Buatlah komunitas atau bergabung dengan salah satu Komunitas
12. Ikut Seminar – Seminar
13. Cari Motivator / Konsultan
14. Kembangkan hoby dan keahlian yang kita punya.

Itulah bebarapa tips 14 cara membangun mental positif thinking yang bisa diterpakan dalam kehidupan kita sehari – hari, sehingga menghasilkan sesuatu yang positif demi kehidupan yang lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses dan sehat selalu. Amin…

Artikel terkait : Bagaimana cara meningkatkan Gairah Seksualitas Pada Suami Isteri agar tetap tinggi

 

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *