14 Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online Dengan Mudah

Bagaimana Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online Dengan Mudah

Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online – Para pebisnis online saat – saat ini kian meningkat jumlahnya seiring dengan semakin baiknya kualitas akses internet. Apalagi dengan jaringan 4G dari masing – masing para penyedia jasa internet yang semakin meningkatkan kualitas nya.

14 Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online
14 Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online

Ditambah semakin bertambahnya keinginan masyarakat yang ingin merasakan produk dari cara membeli secara online, atau yang memang sudah lama berbelanja secara online.

Hal inilah yang mendorong para pebisnis online kian hari kian meningkat jumlahnya. Berbagai macam produk, baik produk fisik maupun jasa dan produk non fisik mereka tawarkan secara online.

Apa yang di sebut Dengan Toko Online ?

Yang di sebut dengan toko online adalah sebuah toko yang display produknya melalui Internet atau secara online, seperti halnya toko online yang sudah terkenal, Lazada, Bhineka.com, tokopedia.com, bukalapak,com, dll.

Namun dalam menjalankan bisnis toko online ini, apalagi untuk pemula selalu menemui kendala terutama dalam hal mendatangkan pengunjung ke toko onlinenya. Kalau untuk sekedar membuat toko onlinenya mungkin dianggap mudah, atau bisa menyewa jasa pembuatan toko online, namun untuk memasarkan toko online yang sudah jadi ini diperlukan teknik – teknik khusus, agar mendapatkan pengunjung yang banyak.

Karena keberhasilan toko online ini ditentukan oleh seberapa besar atau seberapa banyak pengunjung toko online tersebut. Semaik banyak pengunjung toko online maka semakin besar untuk mendapatkan keuntungannya.

Ini sama halnya dengan toko fisik, jika toko baju misalnya, tidak ada atau sepi pengunjung, maka akan sepilah pembeli, begitupun dengan toko online.

Jadi rumus untuk sukses menjadi pebisnis toko online ini adalah menarik pengunjung dengan sebanyak – banyaknya.

Toko Online ========> Visitor (pengunjung) =========> Income.

Itulah sekilas gambaran mengenai cara meningkatkan toko online ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang menjadi atau menjalankan bisnis online ini.

Lalau Bagaimana Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online ini ?

Pentingnya sebuah pengunjung ke dalam toko online yang kita kelola, maka dibawah ini saya akan bahas beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung toko online yang harus dilakukan. Cara ini adalah mungkin bisa dilakukan oleh anda, karena begitu simpel dan mudah.

Anda bisa mengetahu seberapa besar pengunjung toko online ini dngan cara memasang widget Visitor di toko online kita, atau juga bisa menggunakan plugin Jetpack kalau menggunakan wordpress. Dari situ kita bisa lihat seberapa banyak pengunjung ke toko online kita.

Baiklah tanpa berlama – lama saya akan berikan 14 tips cara meningkatkan pengunjung toko online yang perlu diketahui :

Cara Meningkatkan trafik pengunjung toko online ini saya bagi menjadi 3 kategori, yaitu :

A. Cara meningkatkan Pengunjung Toko Online dengan cara cepat
B. Cara Meningkatkan pengunjung Toko Online dengan cara lama
C. Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online dengan cara memperbaiki Toko Online Kita

ke dua cara tersebut bisa anda lakukan dan anda pilih, jika anda mengingnginkan pengunjung anda secara cepat, maka anda bisa menggunakan cara tersebut. namun jika anda bersabar dengan proses melakukan cara melaalui proses yang agak lama dan rumit maka anda bisa menggunakan cara lama tersebut. Namun keduanya memiliki kelebihan dan kekuranganya,

tetapi saya sarankan anda menggunakan ke 2 cara tersebut, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

A. Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online Dengan cara cepat

Jika saat ini anda sudah punya toko online, namun mungkin toko online ini terbilang baru sehingga anda bingung cara mendatangkan trafik pengunjung ke toko online, maka bisa lakukan cara seperti dibawah ini :

1. Pasang iklan di Facebook ( Facebook Ads )

Cara ini terbukti efektif dan banyak para pelaku bisnis online dengan menggunakan cara seperti ini, terutama bagi anda yang ingin mendatangkan pengunjung ke toko onlinenya. Bahkan bisa mendapatkan banyak pembeli dengan beriklan di facebook ini.

Artikel terkait : Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

2. Pasang iklan di Google Adword

Cara inipun banyak dilakukan para pebisnis online dengan mendatangkan banyak pengunjung ke toko atau blognya. Karena iklan kita selalu ditampilkan di halaman pertama oleh google, sehingga kemungkinan pengunjung akan banyak.

Artikel terkait : Bagaimana cara pasang iklan di google Adword

3. Pasang iklan di blog atau website yang bertrafik tinggi

Caranya sobat carai website yang paling sering nongkrong di peringkat petama google ketika searching di google. Dari situ pun anda bisa lihat para pencari informasi dan bisa melihat situs yang paling sering dikunjungi. Carilah situs yang menawarkan jasanya untuk dipasangi link toko online sobat.

Yaitu dengan cara menempatkan link toko online kita di website yang menyediakan space untuk iklan orang lain. Anda bisa buat link bergambar baik ukuran untuk widget atau link gambar untuk header blog.

Sehingga apabila ada pengunjung yang mengunjungi blog tersebut dan melihat ada gambar link toko online kita.

Artikel terkait : Bagaimana Cara membuat Link Gambar untuk Toko Online

Nah itulah cara meningkatkan trafik pengunjung toko online dengan cara yang cepat ini, namun itupun jika anda ingin mendapatkan hasil yang cepat dan mau mengeluarkan uang untuk biaya iklannya. tetapi jika anda ingin meningkatkan jumlah atau trafik pengunjung dengan cara lama, anda enjoy dengan proses untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko online ini maka silahkan menggunakan cara lama, seperti di bawah ini :

B. Cara Meningkatkan pengunjung Toko Online dengan cara lama Dan Gratis

4. Memperbanyak konten toko online

Konten dalam toko online itu sangat diperlukan agar pengunjung bisa menemukan toko online kita dengan mudah. Buatlah konten yang bermanfaat atau juga bisa konten review produk yang kita tawarkan di toko online. Semakin banyka konten yang kita buat maka semakin banyak pula pengunjung atau trafik.toko online.

Usahakan konten disertai dengan gambar asli bukan hasil dari save as dari gambar orang lain, konten juga begitu, buatlah konten yang unik bukan hasil dari Copy Paste dari konten orang lain. Karena google akan lebih menghargai konten original anda. Sehingga bisa disayang oleh Mbah Google dan reputasi kita pun akan baik di mata google.

5. Menggunakan Sosial Media

Sosial media bisa kita gunakan untuk berbisnis, terutama mengenalkan produk atau toko online kita, seperti facebook, BBM, Whatsup, Google Plus, Twitter, Istagram, dan lain – lain. Namun ingat kalau di sosial media Facebook anda jangan sembarang beriklan di Profil, karena itu memang di larang.

Tetapi sobat bisa gunakan facebook sebagai curhatan atau juga sharing atau juga berbagi tips yang bermanfaat.

Misalnya, toko online anda menjual tentang Cream perawata wajah seperti toko www.zahrakosmetik.com ini.

Kita bisa bikin status yang tidak seperti jualan di profil facebook kita, misalnya ” Inilah rahasia putih mulus ala artis ” atau juga ” Tips cantik ala artis holywood ” dan lain – lain. lalu dibawahnya kasih link toko online kita.

6. Ikut berkomentar di website atau blog orang lain

Cara meningkatkan tfaik pengunjung dengan cara berkomentar di website orang lain ini, bisa meningkatkan jumlah pengunjung, karena biasanya suka ada kolom link kita disitu yang harus dusertakan.

Semakin banyak dan semakin sering kita berkomentar di website atau blog orang maka akan senakin menigkat pengunjung toko online kita. Namun perlu diingat juga komentarnya harus komentar yang positif dan bermutu, karena biasanya admin kana mereview komentar yang dianggap spam. Hal ini kan merugukan kita dan merusak citra kita sebagai pemilik toko online.

7. Lakukan Teknik SEO ( Search Engine Oftimation )

Cara lain untuk meningkatkan pengunjung toko online adalah dengan melakukan teknik SEO atau kita kenal dengan Search Engine Oftimation. Untuk melakukan hal ini terhadap toko online kita, maka dituntut untuk meahami teknik – teknik SEO.

Cara ini harus dilakukan agar toko online kita mampu tampil di halaman pertama google. Dan ini sangat menguntungkan kita sebagai pemilik toko online, karenabisa tampil di halaman pertama tanpa bayar alias gratis selamanya.

Dalam hal ini adalah mengoftimasi toko online kita, apakah memenuhi unsur – unsur SEO seperti yang dianjurkan oleh Mbah Google. Dalam teknik seo ini bisa dilakuka dengan 2 cara, yaitu SEO on Page dan SEO Off Page.

Jika hal ini sudah dilakukan dengan benar, maka toko online kita bisa nangkring di halaman pertama google, sehingga akan mendatangkan pengunjung ke toko online kita lebih banyak lagi.

8. Ikut Aktif Di Forum Online

Bergabung secara aktif di forum – forum online dengan memberikan tips – tips yang bermanfaat ini juga akan meningkatkan jumlah pengunjung ke toko online.

Atau anda bisa membuat Group terbuka untuk berbagi ilmu dan tips bermanfaat untuk orang lain.

Forum – forum yang saat ini bisa digunakan adalah ads.id, kaskus, detik forum, dan forum lainnya.

9. Pasang iklan Di E Comerce

Ada banyak situs – situs e comerce di Indonesia untuk kita gunakan untuk promosi gratis toko online kita, seperti Bukalapak.com, tokopedia.com, olx.com, dan lain – lain.

C. Memperbaiki Toko Onlien kita

Buat kita sebagai pemula mungkin agak bingung, bagaimana sih cara meningkatkan pengunjung dengaan cara memperbaiki toko online ini.

Toko online atau pun toko offline juga sama agar pengunnjung betah berlama – lama di toko online. Dan untuk membuat betah pengunjung ini diperlukaan perbaikan dan renovasi, agar tidak terlihat acak – acakan. Sehingga yang leihat toko online kita merasa tidak nyaman untuk mengunjunginya.

Baiklah di bawah ini aalah cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki tampilan toko online, biar sedap dan nyaman di pandang mata. Tujuannya jelas untuk menarik pengunjung seperti yang sudah di sebutkan diatas.

9. Berikan penjelasan yang detail tentang Produk Yang dijual

Informasi detail produk ini meliputi cara penggunaaan, kandungan produk, harga, merek serta berat suatu produk dan juga ijin dari BPOM, jika produk tersebut produk berupa makanan dan Obat.

Agar pembeli tidak merasa tertipu jika sudah membeli .Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung akan produk yangkita jual.

10. Berikan informasi alamat toko dan Contact yang jelas

Informasi toko dan Contact yang jelas ini juga bisa dijadikan pengunjung toko online untuk membeli produk kita. Karena informasi yang tidak jelas akan menurunkan kepercayaan konsumen, karena mereka khawatir, apakah toko online ini benar – benar ada tau tidak. Ini akan membuat konsumen ragu, sehingga mengurungkan niatnya untuk membeli produk kita.

Hal ini sangat merugikan kita sebagai pebisnis online.

11. Perbanyak Produk Yang kita jual

Seperti yangsudah saya sebut diatas, bahwa toko online ini hampir sama dengan toko offline. Nah.. jika kita berkunjung ke suatu toko online yang produknya kurang atau sedikit, bagaimana menurut kita ?

Nah sama juga dengan toko online, dengan semakin banyak produk yang kita tawarkan maka akan berpengaruh pada trafik pengunjung yang akan mendatangi toko online. Karena produk yang kita tawarkan ada di toko kita.

Maka pastikan membuat katalog produk yang lengkap untuk toko online anda, untuk menarik lebih banyak pengunjung.

12. Berikan ruang Testimoni Konsumen

Dengan memberikan ruang untuk pengunjung yang sudah membeli produk kita, maka reputasi toko online kita akan meningkat, karena akan meningkatkan jumlah pengunjung.

Dengan melihat testimoni ini pengunjung yakin bahewa toko online ini benar adanya.

Karena pengunjung ini harus kita jadikan sebagai media promosi yang gratis, kenpa ? sebab jika satu konsumen sudah merasakan manfaatnya membeli produk dari toko kita, maka ia akan bercerita kepada temannya tentang produk kita, namun jika pengunjung merasa ada kendala, baik harga, pelayanan dan produk, maka dia akan memberikan informasi tentang toko kita kepada temannya. Sehingga berdampak pada menurunnya pengunjung toko kita.

Maka saya sarankan berilah pelayanan terbaik, mulai dari harga, pelayanan yang ramah, cepat dan kualitas produk yang bagus untuk menikan reputasi toko online kita.

13. Mempermudah Pelayanan Konsumen

Jika anda pernah membeli suatu produk secara online, namun menemui kesulitan, baik dalam hal info nomor Contact yang kurang maupun dalam pelayanan, bagaimana rasanya ?

Dalam hal cara meningkatkan pengunjung toko online dengan mempermudah konsumen yang ingin membeli produk adalah, misalnya CS nya susah dihubungi, nomor kontak sedikit, pelayanan kurang ramah dan lain – lain.

Jika halnya terjadi yang demikian maka pembeli akan merasa tidak nyaman dan susah membeli produk toko online anda.

Maka saran saya adalah sediakan nomor telepon yang lengkap dari semua operator, karena kita akan menhdapai konsumen yang banyak, bukan hanya satau konsumen, sehingga kita siap melayani konsumen yang punya nomor telepon dari semua operator.

Jangan lupa nomor BBM, Instagram, Whatup, telegram, dan lain – lain juga harus tersedia.

Buat halaman petunjuk pembelian agar pembeli mudah melakukan pembelian produk. Karena mungkin konsumen yang belum begitu mahir dengan belanja secara online ini.

Selain dengan cara meningkatkan pengunjung toko online dengan cara diatas, anda juga bisa melakuka tips -tips sukses untuk menjalankan bisnis toko online dibawah ini :

Artikel terkait : 9 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Toko Online Untuk Pemula
14. Sediakan kolom pencari produk lain

Kolom pencari atau kolom search ini, mirip seperti kolom serch pada google, dimana fungsinya adalah untuk memberikan kemudahan pada pengunjung untuk mencari produk kita yang lainnya. Sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke toko online kita.

Untuk mendatangkan banyak pengunjung toko online tidak semudah membalikan telapak tangan, tetapi dengan konsisten dan keyakinan yang tinggi, bukan mustahil buat kita untuk mendatangkan trafik pengunjung.

Selama kita terus berusaha dan berdo”a, pasti ada jalan menuju sukses. Kita harus berprinsip bahwa ” Orang lain bisa, kita juga harus bisa ”

Itulah langkah – langkah yang bisa anda lakukan dalam rangka untuk mendatangkan pengunjung toko online yang anda kelola.

Akhir kata semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk kita semuanya, dan terima akasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *