15 PRINSIP YANG HARUS DI LAKUKAN SESEORANG UNTUK MENJADI PEMENANG DALAM HAL APAPUN

prinsip
prinsip

Manusia adalah makhluk yang di ciptakan Tuhan sebagai makhluk yang paling mulia diantara makhluk yang lain nya, di mana letak kemuliaan itu dan untuk apa kemuliaan itu di berikan kepada manusia? Manusia bisa di katakan mulia apabila bisa menerapkan prinsip – prinsip dasar dari kehidupan. Dan sebalik nya yang tidak bisa menerapkan prinsip dasar kehidupan, maka manusia tidak akan punya kemuliaan, baik di hadapan manusia terlebih – lebih di hadapan Sang Penciptanya. Segala sesuatu tindakan dan perbuatan manusia baik yang melaksanakan prinsip dasar , atau yang tidak melaksanakan, akan punya dampak pada kehidupan seseorang. Ini adalah pilihan. Setiap tindakan tertentu ada konsekuensi  atau akibat dari perbuatan tersebut.

Nah, bagi yang mau menerapkan prinsip dasar itu, tentu akan mendapatkan efek atau dampak yang luar biasa bagi kehidupan nya, terlebih – lebih bagi seseorang yang akan menjadi pebisnis, baik bisnis online maupun bisnis konvensional. Atau Anda Seorang kepala rumah tangga, atau seorang pemimpin di sebuah perusahaan, atau seorang presiden, seorang guru, supaya sukses dalam mengajar, dan lain sebagai nya. Dengan menjalankan 15 prinsip dasar di bawah ini, maka Insya Allah akan menemukan hasil yang positif. Ke 15 Prinsip dasar itu, saya dapat dari buku karangan “Dle Carnegie ” yang berjudul ” How To Win Friends and Influence People ” yang artinya Bagaiman mencari kawan dan Mempengaruhi Orang Lain. Dan saya akan memberikan nya kepada Anda, supaya ada manfaat nya, dan menurut bahasa saya sendiri, supaya mudah di pahami.

Selanjut nya mari kita simak ke 15 Prinsip dasar tersebut, adalah sebagai berikut :

1.     Berpikir Positif

Saya pernah membaca buku yang berjudul ” Kalau Anda pikir bisa, maka pasti Bisa ” Kalau nggak salah buku itu di karang oleh Seorang ahli Filosofi yang bernama Khalil Gibran. Untuk menjadi seorang pemenang ini mutlak harus di jalankan sebelum terjun baik menjadi pengusaha, pemimpin, guru, kepala rumah tangga. Rubahlah pola pikir dari hal yang negatif  menjadi hal yang positif. Hal seperti ini akan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam  menjalankan sesuatu, misal nya kalau kita sedang menghadapi pesoalan baik dalam bisnis atau pun persoalan dalam rumah tangga. Pikirkan lah dahulu bahwa ” hidup ini sudah pasti selalu ada yang namanya masalah ” Dan masalah ini adalah bagian dari kehidupan. Untuk itu kita harus siap dengan segala persoalan atau masalah yang menimpa diri kita, lalu kita atasi dengan cara berpikir yang positif tadi, dan dengan mencari solusi terbaik. Dan ingat ‘ Jangan lari dari masalah, nanti di kejar masalah ”

Masalah di hadirkan oleh Tuhan supaya kita menjadi pribadi yang kuat dan tangguh dalam menjalankan roda kehidupan yang semakin kompleks, jangan sekali – sekali berpikir bahwa dengan masalah bahwa hidup kita akan sulit, nah ini adalah pola pikir yang salah yang harus buang jauh – jauh pola pikir semacam itu. Justru dengan hadir nya masalah adalah untuk menemukan cara mengatasi masalah tersebut. Sehingga bisa di jadikan cerminan buat di masa yang akan datang.

2.     Berjiwa Besar

Berjiwa besar adalah menerima segala sesuatu yang terjadi dengan lapang, apa pun itu baik kejadian yang menyenangkan atau kejadian yang menyebalkan. Misal nya dalam sebuah bisnis kita mengalami yang namanya kerugian atau pailit, maka sikap yang harus pertama kali di junjung adalah menerima dengan lapang dada. Ingat dengan Taqdir Tuhan, bahwa segala sesuatu itu, Tuhan sudah gariskan. Sudah tentu penuh dengan makna dan sebab yang menjadi sebuah bisnis itu pailit. Tujuan nya adalah supaya tidak menjadi beban pikiran yang menghambat untuk melangkah ke masa yang akan datang. Tugas kita adalah ” berjiwa besar dan menyelidiki akar penyebab dari pailit tersebut, bukan nya meratapi yang telah terjadi.

Arthur Rubinstein mengatakan ” Mungkin banyak jalan menuju kegagalan, sementara untuk sukses hanya ada satu jalan, dan tidak ada resep sukses, yang ada hanya menerima hidup tanpa syarat berikut apa yang di berikan nya.

” Untuk apa hidup harus di sesali, hidup ini hanya sekali, berbuatlah yang terbaik untuk hidup, masalah sukses itu urusan Tuhan, tugas kita menatap masa depan dengan tidak ada beban di masa lalu’ Jadilah pribadi yang berjiwa besar.

3.     Jangan menunda Pekerjaan / Rencana

Lakukan segera dengan pekerjaan / rencana Anda, jangan sekali – sekali menunda pekerjaan yang jelas – jelas memerlukan penanganan dengan segera. Pekerjaan yang di tunda akan berakibat kepada kinerja yang mempunyai ethos kerja yang kurang sehingga kita tidak bisa menyelesaikan pekerjaan itu dengan baik. Sikap seperti inilah yang harus di miliki seorang pemimpin baik di sebuah perusahaan atau pemimpin di sebuah instansi. Bagai mana kita bisa memberikan contoh yang baik kepada bawahan nya, kalau pemimpin nya saja sudah begitu. Ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan.

4.     Berani Berkorban

Saya teringat dengan sebuah peribahasa yang berbunyi ” Sebuah pengorbanan yang Besar akan mendapatkan Hasil Karya yang Besar Pula’  Saya pikir – pikir lagi peribahasa itu mungkin ada benar nya juga ya. Karena untuk mendapatkan sesuatu itu butuh yang namanya suatu pengorbanan, baik dalam hal materi, tenaga dan juga pikiran. Untuk mencapai suatu tujuan dalam hal apa pun itu di perlukan sebuah pengorbanan, misal nya kita mau menuju suatu tempat, sudah pasti membutuhkan biaya untuk menuju tempat tersebut. Jadi pengorbanan itu adalah sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Sesuatu tanpa pengorbanan mustahil akan berhasil.

Akan tetapi keberhasilan juga akan berbeda hasil nya sesuai dengan nilai yang kita korban kan, seperti kata peribahasa tadi di atas. Untuk hasil yang besar sudah tentu di butuh kan yang namanya pengorbanan yang besar pula.

Kita bisa lihat contoh lain dari sebuah kesuksesan dari sebuah klub Sepak Bola, yang jor – joran membeli pemain yang berkualitas, sudah tentu memerlukan biaya yang mahal. Dan ternyata hasil nya memang luar biasa, sampai beberapa kali juara Liga di Negara nya masing – masing.

Jadi kesimpulan nya, jangan takut untuk mengeluarkan pengorbanan untuk mencapai tujuan hidup yang sesuai dengan rencana nya.

5.     Banyak Inovasi

6.     Jangan pernah Berdebat

Satu – satu nya cara untuk memperoleh manfaat dari suatu perdebatan adalah dengan cara menghindari nya.” DALE CARNEGIE ”

7.     Memberi solusi, contoh nya google, yahoo, facebook dan lain -lain

8.     Jangan mengkritik

Jangan mengkritik orang lain, walaupun orang lain melakukan kesalahan yang nyata, karena akan mencederai hati seseorang, yang berakibat orang tesebut merasa tidak menyukai Anda yang mengkritik, akan tetapi berikan solusi untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi. Ingat Orang lain adalah aset kita, bagaimana kita bisa membuat aset kalau orang lain tersebut membenci Anda, karena perlakuan Anda.

Saya pernah baca buku Karangan ” DALE CARNEGIE ” mengatakan dalam buku nya tersebut ” Kritik adalah hal yang sia – sia karena menempatkan seseorang dalam posisi Defensif dan biasanya membuat orang itu berusaha mempertahankan diri nya. Kritik itu berbahaya, karena melukai rasa kebanggaan seseorang, melukai rasa penting nya, dan membangkitkan rasa benci ”

Seorang psikolog ternama di dunia yang bernama, BF. Skinner, juga membuktikan lewat pengalaman – pengalaman nya, bahwa ” Seekor binatang yang di berikan hadiah, akan lebih cepat menyimpan apa yang di ajarkan nya, daripada seekor binatang yang di hukum karena melakukan atau bertingkah laku buruk ” Studi – studi berikut  nya menunjukan bahwa hal yang sama juga berlaku terhadap manusia. Dengan mengkritik, kita tidak akan membuat perubahan yang langgeng, akan tetapi, mereka akan tetap mempertahkan kan perilaku nya, tanpa ada perubahan.

Hal ini berlaku bagi semua orang, baik pekerja, anggota keluarga, teman – teman kita. Sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas bahwa kita sebagai manusia, pasti membutuhkan yang namanya orang lain, dalam kata lain ” Kita Saling Membutuhkan ”

Saya sendiri pernah punya pengalaman hal seperti itu, di masyarakat, ketika itu ada sebuah Desa yang akan menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa. Ada seorang calon yang mengkritik seorang Kyai yang berbuat tidak senonoh. Mungkin tujuan nya adalah mencari simpati warga dan menarik dukungan, supaya si calon Kepala Desa itu terpilih. Yang perlu di pahami adalah bahwa perlakuan si Kyai tersebut, belum tentu semua membenci nya , sudah pasti mereka yang punya famili dekat, atau mereka yang telah punya jasa, atau mereka yang simpati, akan membenci nya. Mungkin dengan tindakan kyai tersebut mereka hanya merasa bersedih dengan tindakan tersebut, bukan mengkritik dengan cara yang extrim. Nah yang perlu di perhatikan pasti ini menimbulkan yang pro dan kontra, yang pro sudah jelas mereka yang tadi saya sebutkan di atas, nah ini lah aset yang akan hilang bagi si calon kepala desa tadi, karena melakukan pengkritikan kepada seorang Kyai tesebut. Sehingga pada akhir pemilihan kepala desa, si calon yang tadi akan kehilangan suara nya, dari yang pro Kyai tadi.

Ini berlaku bagi kita sebagai manusia, baik sebagai pebisnis, seorang pemimpin, seorang pegawai, seorang Jenderal, dan sebagai nya.

9.     Berikan pujian yang tulus

BERIKAN PUJIAN WALAU PUN SEKECIL APA PUN, karena akan membangkitkan seseorang untuk menjadi lebih baik, dan merasa di perhatikan.

10.     Mengakui kesalahan

11.     Antusias terhadap orang lain

12.     Lawan Ketakutan

13.     Berikan penghargaan yang jujur dan tulus

14.     Tersenyumlah

15.     Jadi pendengar yang baik

sekian dahulu ya… tangan nya sudah pegel nih….sampai jumpa

 

 

 

Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individu yang di jadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman atau aturan berpikir dan bertindak. Prinsip merupakan sebuah roh dari sebuah perkembangan dan merupakan akumulasi dari pengalaman atau pun pemaknaan dari sebuah obyek atau subyek tertentu.

sekian dulu yah, besok di sambung lagi, udah lemes nih.

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *