16 TIPS SUKSES MEMULAI BISNIS APAPUN YANG PERLU DILAKUKAN

16 TIPS SUKSES MEMULAI BISNIS APAPUN YANG PERLU DILAKUKAN

Kalau kita lihat bisnis yang dijalankan oleh orang lain, tentu kita akan tergiur dengan kesuksesan yang mereka capai. Begitu juga ita ingin seperti mereka, namun terkadang banyak sekali rintangan dan halangan menuju kesuksesan tadi.
Merekapun pasti begitu, tidak serta merta sukses secara instan, tanpa sebuah perjuangan dan penglaman.
Karena yang namanya bisns apapun dan dimanapun, pasti ada resiko dan hambatan.
Akan tetapi sebuah bisnis tidak akan bisa dikatakan sukses apabila tidak melewati segala rintangan dan cobaan tadi. Ada pepatah mengatakan ” Orang sukses bukannya orang yang tak pernah gagal, akan tetapi mereka adalah orang yang berani menghadpai kegagalan tersebut “
Untuk itu di bawah ini saya akan coba 16 Tips Sukses memulai bisnis yang perlu diketahui.
Berikut ulasannya :

1. PILH BISNIS SESUAI PASSION
Waktu bikin jenis usaha, cobalah saksikan ke seputar serta mencari contoh berhasil dari jenis usaha yang Anda kehendaki, lantas tekuni. Apabila Anda tidak bisa temukan, tak tahu Anda yang mengagumkan jenius, atau jenis usaha Anda tak akan sukses didunia riil.

Dan biasanya bisnis yang berdasarkan minat dan bakat akan bertahan lama, jika diterpa halangan dan rintangan.

2. CARI FARTNER BISNIS
Menjadi pengusaha sukses bukanlah usaha yang segalanya di kerjakan oleh sendiri, tetapi bisa mencari Fartner bisnis yang cocok dengan Anda. Jadi Anda tidak usah memiliki semua pengetahuan bisnis, cukup miliki satu jenis ahli saja dan yang lainnya mencari Fartner yang ahli dalam pengetahuan lain.

Contoh jika Anda menguasai ilmu cara produksi sebuah produk, maka anda cari fartner bisnis yang mengerti cara memasarkan produk anda. Itulah gunanya Fartner bisnis

3. MENDELEGASIKAN PEKERJAAN
Bila Anda tak bersedia berusaha keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi serta kesehatan, jadi wiraswasta bukanlah untuk Anda. Awal mulanya, Anda tentu akan tidak dapat membayar karyawan, meskipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, yaitu Anda sendiri.

4. HARGAI WAKTU
Pepatah China mengatakan ” Waktu adalah Uang ” Menghamburkan waktu berarti menghamburkan sejumlah uang. Pepatah ini saya dengar dari orang China yang punya perusahaan Di Indonesia dan saya sebagai karyawan dari orang China tersebut dan masih tersimpan dalam memori saya sampai sekarang, yang mudah – mudahan bisa saya sampaikan kepada anak saya.

Menurut saya pepatah ini sangat menyentuh hati saya, dan bisa menggunakan waktu dengan sebaik mungkin dalam usaha apapun itu.

Misalnya Jika anda menjadi BOS, maka jangan seenaknya datang ke tempat kerja. Karena hal ini akan ditiru oleh karyawannya nanti. Seorang BOS bulkan hanya bisa menyuruh, tetapi bisa memberikan contoh yang baik buat karyawannya.

5. BENTUK TIM WORK
Tanpa ada memedulikan ukuran usaha Anda, selanjutnya Anda bakal merekrut karyawan dari luar. Karenanya, kerjakan sistem rekrutmen dengan hati-hati, tanpa ada terburu-buru, serta perlakukan hal itu sepenting waktu Anda mengawali usaha. Begitu disayangkan sikap yang memiliki usaha yang miliki visi untuk usahanya, namun merekrut karyawan yang malah menghalanginya mencapai visi itu.

6. INOVASI

Hal lain yang bisa menjadi faktor kesuksesan usaha adalah “UNIK”

Inovasi diperlukan agar produk yang kita jual mempunyai nilai lain [ UNIK] dari produk orang lain. Karena orang akan merasa biasa – biasa saja dengan produk yang itu – itu saja. Dan cenderung akan memperhatikan produk yang berbeda.

Contoh sukses perusahaan yang bisa berinovasi adalah, Produk Handphone…Apakah Handphone yang sekarang sama dengan handphone dahulu, tentu sudah berubah.

Contoh lain adalah Produk kendaraan, terutama kendaraan roda dua, dengan inovasi nya produk ini bisa sukses dan eksis sampai sekarang.

7. KETAHUI RESIKO
Tahu berapakah banyak duit yang Anda perlukan untuk melakukan usaha – dari mulai sewa toko, listrik, asuransi karyawan, hingga harga tinta printer, kertas, serta pajak. Lantas untuk semuanya dengan berapakah hari dalam satu tahun Anda bakal buka, dan… tersebut angka basic – jumlah minimal pendapatan yang Anda perlukan sehari-hari. Bila Anda tak pernah memikirkan mengenai angka basic, cobalah fikir lagi.

Dengan mengetahui tingkat resiko sebuah usaha, maka kita akan terlebih dahulu akan mengantisipasinya agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar.

Bukannya kita harus berani menghadapi resiko ? Jawabannya Benar. Tetapi kita jangan Pasif menghadapi resiko melainkan harus Proaktif.
8. MELEK INFORMASI DAN TEKNOLOGI
Melek Informasi dan teknologi yang sering berubah bahkan semakin maju, menuntut seorang pengusaha untuk ikut serta dalam hal ini. Gunanya untuk apa ?

Tentu jawabannya adalah supaya usaha kita berkembang dan maju. karena Teknologi bisa digunakan untuk sarana promosi yang lebih efisien dan mudah.

Sebagai contoh Internet Marketing. Banyak perusahaan dan orang yang menggunakan teknologi ini sebagai sarana promosi yang bisa memberikan hasil yang signifikan.

Artikel terkait : Cara Promosi Melalui Media Internet

9. JALIN KOMUNIKASI YANG BAIK DENGAN SEMUA LINI
Komunikasi dengan semua lini nyaris diperlukan, bukan hanya dengan konsumen, tetapi dengan suplayer, dengan Ditrisbutor, dengan karyawan, dengan sesama pengusaha. Karena kita tak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain untuk memajukan usaha kita.

10. BIJAKSANA
Bijaksana dalam penggunaan uang perusahaan, bijaksana dalam mengambil keputusan, bijaksana dalam memimpin, bijaksana dalam rumah tangga.

11. HARGA

Menetapkan harga jual dalam suatu bisnis adalah hal yang perlu untuk dilakukan agar bisnisnya atau usaha mendapatkan keuntungan. Tetapi kalau kita salah menetapkan harga, bahkan harga terlalu mahal, ini akan menjadi bahan pertimbangan konsumen.

Maksud saya bukan menetapkan harga yang lebih murah, akan tetapi disesuaikan dengan harga sebuah usaha yang dimiliki oleh orang lain. Bahkan sedikit lebih murah untuk memenangkan persaingan dengan yang sudah terlebih dahulu menjalankannya.

Buatlah promo harga diskon jika ada konsumen membeli produk kita dalam jumlah yang banyak.
12. PELAYANAN
13. TEMPAT
14. BUAT SISTEM BISNIS

Artikel Terkait : 8 Langkah Jitu Membangun Jaringan Bisnis Agar Sukses
16. GUNAKAN RUMUS “DUIT”

Artikel terkait :

Tips Bisnis Sukses Menggunakan Jurus Laba – Laba

Siapkan Mental Bisnis Jika Ingin Mnejadi Pengusaha Sukses

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *