17 Tempat Wisata Paling Asyik Untuk Di Kunjungi Di Banten

Inilah 17 Tempat wisata Paling Asyik Untuk Di Kunjungi Di Banten

Banten Merupakan Propinsi yang terkenal dengan tempat – tempat wisata nya yang asik untuk di kunjungi, karena memang letak nya yang sangat strategis terletak paling barat pulau jawa. Sehingga tak heran jika hari – hari libur terutama hari libur seperti hari libur sekolah dan hari raya, jalanan menuju Banten ini terlihat sangat  padat dan macet. Macet karena banyak orang atau wisatawan yang berkunjung ke tempat – tempat wisata Di Banten ini. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Dan Berikut adalah 17 Tempat Wisata Paling Asik Untuk Di Kunjungi Di Banten ini.

1.   Pantai Karang Bolong

Pantai Karangbolong Banten
Pantai Karangbolong Banten

Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Disebut karang Bolong memang di situ ada sebuah karang yang bolong dekat dengan pantai. Konon ceritanya karang tersebut bolong di sebabkan karena hempasan ombak dari bibir pantai sehingga mengakibatkan karang nya menjadi bolong. letak nya yang sangat terjangkau, kira – kira lokasinya kurang lebih 40 km, dari Kota Serang banten.

2.   Pantai Carita

Pantai Carita Banten
Pantai Carita Banten

Pantai Carita terletak di sekitar Kabupaten Pandeglang Banten, kalau dari Jakarata sekitar 160 Km hampir berdekatan dengan Pantai Karang Bolong, sehingga bisa dengan mudah di jangkau. Pantai Carita ini banyak di kunjungi wisatawan lokal dan dari luar negeri, karena banyak menawarkan keindahan panorama yang indah dan sedap di pandang, dikala matahari tenggelam. Di tambah pasilitas yang lumayan lengkap, tersedia penginapan dan juga hotel yang terdapat di pantai Carita ini.

3.   Pantai Sawarna

Pantai Sawarna Banten
Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna banyak di kunjungi wisatawan lokal dan juga wisatawan dari luar negeri dan merupakan pantai yang tergolong baru di Banten. Karena baru ramai di kunjungi sekitar tahun 2000, setelah promosi dari internet. Tepat  nya di Desa. Sawarna, kira – kira kalau dari Kota Rangkas Bitung sekitar 155 Km. Pantai Sawarna ini memiliki ombak yang besar sehingga turis turis dari luar negeri sengaja datang untuk berselancar di Pantai ini, dan juga pasilitas penginapan juga tersedia di sekitar pantai ini.

4.   Pantai Anyer

Pantai Anyer Banten
Pantai Anyer Banten

Aktifitas yang bisa di lakukan di Pantai Anyer ini banyak sekali mulai dari, berenang, bermain pasir, menyelam, selancar, olah raga air, menikmati panorama pantai, dan menikmati hidangan di pinggir pantai. Lokasi nya terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Propinsi Banten, sehingga di sebut dengan Pantai Anyer. Apabila Anda ingin bermalam di sini tersedia hotel dan juga penginapan. Pantai ini ramai di kunjungi setiap hari nya apalagi kalau hari – hari libur, seperti hari libur sekolah dan juga hari libur nasional. Di sini juga sering di pakai oleh perusahaan – perusahaan untuk keperluan pertemuan sambil berwisata.

5.   Pulau Umang

Pulau Umang Banten
Pulau Umang Banten

Pasilitas yang di suguhkan Pulau Umang ini tergolong paling lengkap diantara tempat – tempat lain, karena pulau ini di kelola oleh swasta, seperti permainan air, ruang meeting [ pertemuan ], karaoke, sarana olah raga, kolam renang, dan lain sebagai nya. Lokasinya yang tidak jauh dari pantai Tanjung Lesung, Banten ini sehingga mudah untuk di jangkau.

6.   Pulau Sangiang

Pulau Sangiang Banten
Pulau Sangiang Banten

Kegiatan yang dapat di lakukan di Pulau Sangiang adalah, mendaki gunung, berkemah, menyelam, memancing, bersepeda, berjemur di pantai, hingga menikmati sisa – sisa perang dunia berupa benteng Jepang.

Pulau Sangiang adalah sebuah pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Pulau Sangiang dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari Pantai Anyer selama kurang lebih 40 menit. Pulau Sangiang ini di kelola oleh swasta dan sepenuhnya dikembangkan sepenuh nya menjadi kawasan wisata oleh pihak swasta tersebut. Jenis wisata yang Luas Pulau ini sekitar 700 hektar, sehingga cocok tempat ini sebagai tempat wisata bahari, wisata budaya, wisata alam, wisata ilmiah.

7.   Danau Tasikardi

Danau Tasikardi Serang Banten
Danau Tasikardi Serang Banten

Danau Tasikardi merupakan salah satu peninggalan sejarah Kesultanan Banten dengan luas sekitar 5 hektar. Danau ini menjadi salah satu tempat wisata yang ada di daerah Banten untuk kalangan umum. Letak nya seitar 6 Km ke sebelah barat kota Serang. Danau Tasikardi ini selain sebagai tempat wisata juga berpungsi sebagai tempat penyimpanan air Sungai Cibanten untuk mengairi sawah sekitar daerah itu. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Danau Tasikardi ini anatara lain adalah, main perahu air, memancing, berkemah, menyeberang ke tengah danau untuk menuju pulau peninggalan Kesultanan Banten. Dahulu cerita nya danau ini sering di pakai oleh kerajaan Sultan Banten sebagai tempat rekreasi.

8.   Pantai Bagaedur

Pantai Bagedur Banten
Pantai Bagedur Banten

Pantai Bagedur ini tidak terkenal dan masih terasa asing bagi warga yang bukan penduduk asli Banten. Sehingga masih terjaga ke aslian nya. Pantai yang terletak sekitar 115 Km dari Rangkasbitung, Kecamatan Malingping ini banyak di kunjungi warga sekitar.

9.   Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang Banten
Arung Jeram Sungai Ciberang Banten

Jika Anda ingin berwisata ke Sungai Ciberang ini, perjalanna Anda akan melewati jalanan yang berliku dan terjal, maka sebaik nya jangan menggunakan kendaraan yang ber ukuran besar, karea bisa menjadi sebuah hambatan. Akan tetapi di sepanjang perjalanan menuju Sungai Ciberang ini, anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang indah di pandang mata. Namun adakala nya sungai ini terkadang kering, jadi sebaik nya sebelum memutuskan berkunjung ke sungai Ciberang ini, pastikan dahulu kepada orang yang tinggal di sana, apakah air nya sedang surut atau tidak, sehingga perjalanan Anda tidak sia – sia nantinya.

10.   Kampung Baduy

Kampung Baduy Banten
Kampung Baduy Banten

Kampung Baduy adalah sebuah perkampungan adat yang terletak di Banten. tepat nya di Kabupaten Lebak, Banten. Penduduk asli nya adalah suku Baduy. Suku Baduy adalah suku yang masih kental adat istiadat nya ini, dan merupakan salah satu suku asli yang ada di Banten. Denagan penduduk sekitar 8.000 jiwa, yang terbagi menjadi dua Kampung Baduy , yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar adalah suku Baduy yang lebih terbuka pada dunia luar.

11.   Gunung Krakatau

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau

Gunung Krakatau terletak di antara pulau yang di sebut dengan selat yaitu selat sunda dan selat sumatera yang tadi nya adalah gunung berapi yang pernah meletus dengan hebat dan berdampak tidak hanya kepada Indonesia, namun juga mancanegara. Sekarang ini, Gunung Krakatau banyak di jadikan salah satu tempat wisata di Banten. Dan kegiatan yang bisa di lakukan di Gunung Krakatau ini adalah mendaki gunung.

12.   Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung adalah salah satu kawasan pantai yang wajib Anda kunjungi. Betapa tidak Pantai ini banyak menawarkan fasilitas wisata yang lumayan komplit, seperti menyelam, bermain pasir, olah raga air, memancing bahkan ada penginapan di villa yang bagus. Pantai Tanjung Lesung yang eksklusif dan terawat di ujung barat Propinsi Banten ini, sekitar 20 KM dari kota Serang. Memiliki pantai yang masih asri dan bersih dengan pasir putihnya Tanjung Lesung adalah pantai terbaik di Banten menurut saya. Namun jika musim hujan Anda di minta berhati – hati, karena ombak di Tanjung Lesung Ini cukup besar. Berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan fasilitas lengkap dan merupakan tempat wisata di Banten yang wajib anda kunjungi.

13.   Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon Banten
Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Taman Nasional Ujung Kulon ini terkenal dengan hewan yang bernama Badak Bercula nya, dan terletak berada di ujung Barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini tidak hanya mencakup kawasan daratan yang ada di Pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung Barat Pulau Jawa. Kegiatan utama yang dapat dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah trekking, berkemah, dan melihat alam liar. Fungsi utama Taman Nasional Ujung Kulon selain sebagai tempat wisata adalah sebagai tempat perlindungan badak. Taman Nasional Ujung Kulon contoh kepada kita suatu hal penting yaitu pentingnya menjaga kelestarian alam di sekitar lingkungan kita.

14.   Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten adalah sebuah peninggalan sejarah dari kesultanan Banten yaitu Sultan Maulana Hasanudin yang berdiri sejak tahun 1569, Masjid Agung Banten memiliki arsitektur bangunan yang kental dengan arsitektur jaman dahulu dan merupakan perpaduan dari berbagai macam budaya yang berbeda, di antaranya budaya Hindu, China, Jawa, dan Eropa. Bukan hanya Masjid saja yang dapat ditemui di lokasi ini, melainkan juga peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, lengkap dengan makam orang-orang yang berjasa dalam pengembangan agama Islam di Banten. Mesjid Banten ini selalu ramai dikunjungi peziarah. Dan juga orang yang tertarik dengan sejarah kerajaan Banten.

15.   Pulau Dua atau Pulau Burung

 

Pulau Burung Atau Pulau Dua
Pulau Burung Atau Pulau Dua

Pulau Dua atau Pulau Burung, adalah cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di lepas pantai Banten. Sesuai dengan namanya, pulau ini dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah besar. Biasanya sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung ini. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

16.   Rawa  Dano

Rawa Dano Banten
Rawa Dano Banten

Terletak di Kabupaten Serang dengan jarak sekitar 20 KM dari kota Serang, Banten Rawa Dano adalah salah satu tempat wisata yang ada daerah Banten dengan menawarkan keindahan alam. Rawa Dano sesuai dengan namanya, adalah kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan hutan. Di tempat seluas kurang lebih 2,500 hektar ini, banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal. Menurut cerita, dulunya Rawa Dano adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lalu berubah menjadi sebuah danau yang di atasnya terdapat rawa-rawa.

17.   Temapat Wisata Batu Qur’an

Tempat Wisata Batuqur'an
Tempat Wisata Batuqur’an
Lokasi Batu Qur’an terletak di kaki Gunung Karang, tepatnya di Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. Lokasinya berada di kolam pemandian yang sangat sederhana. Kebersihan nya juga kurang diperhatikan. Di sebelah kanannya ada pemandian untuk wanita. Konon jika liburan panjang, orang berdatangan ke pemandian ini hingga antre.
Tempat Wisata Batuqur'an
Tempat Wisata Batuqur’an
Tempat Wisata Batuqur'an
Tempat Wisata Batuqur’an

Itulah artikel tentang tempat – tempat wisata yang ada di Banten ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya ini.

Baca juga artikel saya : Tempat Bermain Anak Yang wajib Anda kunjungi Di Tangerang

Tempat Wisata Matahari Puncak Bogor

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *