Cara Mendiagnosis Penyakit Maag Secara Efektif

Cara Mendiagnosis Penyakit Maag Secara Efektif

Ada dua jenis diagnosis sakit maag, yakni diagnosis untuk tahu kehadiran bakteri H. pylori serta diagnosis lewat endoskopi, adalah sebagai berikut :

1.  Diagnosis lewat endoskopi

Untuk lihat ada radang serta tukak pada lambung, dokter juga peluang bakal mengecek segera kedalam perut pasien lewat prosedur yang dimaksud endoskopi. Prosedur ini dikerjakan dirumah sakit dengan memakai endoskop yakni satu selang tidak tebal serta fleksibel yang dilengkapi kamera pada ujungnya. Endoskop dimasukkan kedalam mulut dengan lewat kerongkongan, sampai kedalam perut serta duodenum pasien.

Cara mendiagnosis penyakit maag
Cara mendiagnosis penyakit maag

Umumnya hasil gambar yang didapat dari prosedur ini telah cukup untuk memperkuat diagnosis tanpa ada memerlukan tes selanjutnya. Terkecuali gambar, sampel jaringan lambung dapat juga di ambil lewat endoskopi. Sampel itu dapat juga diuji manfaat tahu ada bakteri H. pyroli.

Walau prosedur endoskopi tidaklah terlalu menyakitkan. Tetapi untuk menangani ketidaknyamanan, umumnya dokter bakal menyemprot tenggorokan pasien dengan anestesi lokal supaya mati rasa. Bila perlu, dokter bahkan juga bakal berikan obat penenang supaya pasien jadi 1/2 sadar atau bahkan juga tak sadar sekalipun saat endoskopi dikerjakan.
2.  Tes untuk mendeteksi bakteri H. pylori

Untuk tahu apakah sakit maag dikarenakan oleh bakteri H. pylori, dokter bakal merekomendasikan pasien lakukan tiga kontrol, yakni kontrol darah, tinja, serta napas.

Untuk kontrol napas, dokter bakal memberi pasien makanan atau minuman yang memiliki kandungan karbon radioaktif. Senyawa ini nanti bakal diolah bakteri H. pylori didalam lambung. Tak lama sesudah pasien konsumsi senyawa itu, dokter bakal memohon pasien hembuskan napas kedalam satu kantong, lantas menutupnya. Bila pasien terinfeksi bakteri H. pylori, karbondioksida yang di keluarkan lewat napasnya bakal mengandung karbon radioaktif.

Dalam kontrol darah, sedikit sampel darah bakal di ambil untuk lalu diuji di laboratorium. Manfaat pengujian ini yaitu untuk tahu kandungan antibodi dalam darah. Antibodi adalah protein yang di produksi dengan cara alami dalam darah yang bisa menolong melawan infeksi bakteri, termasuk juga bakteri H. pylori.

Sedang untuk kontrol sampel tinja, kandungan antigen bakal diukur. Antigen yaitu zat yang bisa merangsang kekebalan badan untuk membuahkan antibodi.

Bila dapat dibuktikan positif, infeksi H. pylori bakal diobati dengan antibiotik.

Itulah sekilas informasi mengenai diagnosis yang bisa dilakukan, jika mengalami gejala penyakit maag. Semoga bermanfaat.

Terima kasih dan salam sehat selalu. Amin…

Artikel Lain :

Penyebab Penyakit Maag, Penyebab, dan Cara pencegahannya

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *