5 Cara Memulai Usaha Ayam Pelung Yang Sangat Menguntungkan

5 Cara Memulai Usaha Ayam Pelung Yang Sangat Menguntungkan

5 Cara Memulai Usaha Ayam Pelung Yang Sangat Menguntungkan-Usaha ayam pelung akhir – akhir ini punya prosfek yang sangat bagus, bagaimana tidak ? Dengan permintaan ayam pelung yang semakin hari semakin meningkat ini, akan memberikan sebuah harapan untuk yang ingin punya usaha ternak ayam pelung ini.

Beternak ayam pelung ini merupakan peluang usaha rumahan yang bisa dijalanakan sambil bekerja bagi anda yang sedang bekerja di tempat lain.

Di waktu yang singkat ini perkenankan kami untuk ikut melengkapi artikel atau pengetahuan tentang cara beternak ayam kampung pedaging. Banyak sudah artikel dan makalah yang ditulis oleh pakar dan ahli dibidangnya dalam masalah ini akan tetapi mengingat anemo masyarakat untuk mengetahui cara beternak yang baik dan praktis maka kami meluangkan waktu untuk bisa menulisnya. Semoga yang sedikit ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Cara Memulai Usaha Ayam Pelung
Cara Memulai Usaha Ayam Pelung

Mengubah sistem beternak ayam kampung dari sistem ekstensif ke sistem semi intensif atau intensif memang tidak mudah, apalagi cara beternak sistem tradisional (ekstensif) sudah mendarah daging di masyarakat kita. Akan tetapi kalau dilihat nilai kemanfaatan dan hasil yang dicapai tentu akan menjadi faktor pendorong tersendiri untuk mencoba beternak dengan sistem intensif. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam usaha beternak ayam kampung,  saya akan berikan beberapa langkah yang bisa dijalankan.

Dan berikut ini adalah langkah cara untuk memulai usaha ayam pelung ini :

1.  Memberikan Pakan

Kita kenali berbarengan kalau pakan memiliki peran sebesar 30% dalam kesuksesan satu usaha. Pakan untuk ayam kampung pedaging sesungguhnya begitu fleksibel serta tak serumit bila kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh meskipun. Bahan pakan yang dapat diberikan diantaranya : konsentrat, dedak, jagung, pakan alternatif seperti bekas dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, serta lain sebagainya. Yang terutama dalam membuat atau memberi ransum yaitu kita tetaplah memerhatikan keperluan nutrisi ayam kampung yakni protein kasar (PK) sebesar 12% serta daya metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Jumlah pakan yang didapatkan sesuai sama tingkatan usia yaitu seperti berikut :

7 gr//hari hingga usia 1 minggu
19 gr//hari hingga usia 2 minggu
34 gr//hari hingga usia 3 minggu
47 gr//hari hingga usia 4 minggu
58 gr//hari hingga usia 5 minggu
66 gr//hari hingga usia 6 minggu
72 gr//hari hingga usia 7 minggu
74 gr//hari hingga usia 8 minggu

Sedang air diberikan dengan cara ad libitum (tidak terbatas) serta pada bebrapa step awal pemeliharaan butuh digabung dengan vitamin+antibiotika.

2. Menyediakan Perkandangan

Prasyarat kandang yang baik : jarak kandang dengan permukiman minimum 5 m, tak lembab, cahaya matahari pagi bisa masuk serta aliran hawa cukup baik. Baiknya pilih tempat yang agak rindang serta terhalangi oleh bangunan atau tembok lain supaya angin tak berhembus segera kedalam kandang.

Penyucihamaan kandang serta peralatannya dikerjakan dengan teratur sebagai usahabiosecurity dengan memakai desinfektan yang pas serta tak membahayakan untuk ternak tersebut. Beberapa pilihan type desinfektan yang di tawarkan oleh beragam produsen pembuatan obat.

Ukuran kandang : tak ada ukuran standard kandang yang ideal, walau demikian ada saran baiknya lebar kandang pada 4-8 m serta panjang kandang tak kian lebih 70 m. Yang butuh memperoleh perhatian yaitu daya tampung atau kemampuan kandang. Setiap mtr. persegi baiknya di isi pada 45-55 ekor DOC ayam kampung hingga usia 2 minggu, lalu jumlahnya dikurangi sesuai sama menambahnya usia ayam.

Bentuk kandang yang disarankan yaitu bentuk postal dengan lantai yang dilapis litter yang terbagi dalam kombinasi sekam, serbuk gergaji serta kapur setebal ± 15 cm. Jenis atap monitor yang terbagi dalam dua segi dengan sisi puncaknya ada lubang sebagai ventilasi serta bahan atap memakai genteng atau asbes.

Pemeliharaan ayam kampung di untuk dalam dua fase yakni fase starter (usia 1-4 minggu) serta fase finisher (usia 5-8 minggu). Pada fase starter umumnya dipakai kandang bok (dengan pemanas) dapat bok spesial atau kandang postal yang di beri pagar. Suhu dalam kandang bok umumnya sekitar pada 30-32°C. Pada fase finisher dipakai kandang ren atau postal seperti jenis pemeliharaan ayam broiler.

3. Mengatur Produksi

Sebagai seseorang peternak yang profesional jadi butuh untuk melindungi supaya produksi yang kita kerjakan bisa penuhi standard kwalitas serta kontinuitas product. Jadi dibutuhkan pengelolaan atau penyusunan produksi supaya usaha kita bisa berproduksi dengan cara kontinyu. Untuk kekontinuitasan usaha butuh penyusunan serta penjadwalan dengan teratur kapan DOC masuk serta kapan ayam di panen, lantaran hal semacam itu lebih disenangi oleh pengepul atau mitra kerja kita dari pada cuma sekali panen dalam jumlah banyak. Namun butuh diingat juga kalau pengelolaan produksi begitu berkaitan dengan modal, ketersediaan kandang, jumlah ketersediaan DOC, serta jumlah keinginan ayam siap panen

4. Memilih Bibit

Bibit memiliki peran sebesar 30% dalam kesuksesan satu usaha peternakan. Bibit ayam kampung (DOC) bisa didapat lewat cara : dengan beli DOC ayam kampung segera dari pembibit, beli telur tetas serta menetaskannya sendiri, atau beli indukan untuk membuahkan telur tetas lalu ditetaskan sendiri baik dengan cara alami atau mungkin dengan pertolongan mesin penetas. Kami akan tidak menguraikan segi negatip serta positif langkah memperoleh DOC ayam kampung lantaran bakal membutuhkan halaman yang panjang nanti. Singkatnya DOC ayam kampung yang sehat serta baik memiliki persyaratan seperti berikut : bisa berdiri tegap, sehat serta tak cacat, mata bercahaya, pusar terserap prima, bulu bersih serta mengkilap, tanggal menetas tak lebih lambat atau cepat.

5. Mengatur Pemeliharaan

Manajemen atau tata laksana pemeliharaan memegang fungsi paling tinggi dalam kesuksesan satu usaha peternakan yakni sekitaran 40%. Bibit berkwalitas dan pakan yang berkwalitas belum pasti memberi jaminan kesuksesan satu usaha jika manajemen pemeliharaan yang diaplikasikan tak pas. System pemeliharaan pada ayam kampung dapat dikerjakan dengan 3 langkah yakni :

Ekstensif/tradisional (diumbar), tidak ada kontrol pakan serta kesehatan
Semi intensif (disiapkan kandang dengan halaman berpagar), ada kontrol pakan serta kesehatan ternak walau demikian tak ketat
Intensif (dikandangkan seperti ayam ras), ada kontrol pakan serta kesehatan dengan ketat

Jenis pemeliharaan ayam kampung dengan cara intensif lebih dianjurkan dari yang lain terlebih dalam soal kontrol penyakit. Sesungguhnya ada banyak lagi faedah dari langkah beternak dengan cara intensif, walau demikian kami tidak bisa menguraikannya disini.

6. Pasca Panen serta Pemasaran

Pemasaran ayam kampung pada intinya gampang lantaran selain jumlah keinginan yang tinggi, harga ayam kampung masihlah termasuk tinggi serta stabil, tengah produksi masihlah terbatas. Ayam kampung bisa di jual berbentuk hidup atau telah dipotong (karkas). Rumah tangga, pengepul ayam, pasar tradisional, warung, supermarket hingga hotel berbintang memerlukan supply ayam kampung ini. Harga ayam kampung hidup sekitar pada Rp 19. 000 – Rp 22. 000/ekor di tingkat peternak..

7. Menjaga Penyakit

Menjaga penyakit ayam pelung sangat di perlukan agar bisa memberikan hasil yang makasimal. Karenanya diperlukan perlu diketahui beberapa jenis penyakit ayam, agar bisa dikendalikan.

Berikut tindakan yang harus dilakukan agar ayam pelung terhindar dari penyakit :

@ Lakukan vaksinasi dengan cara teratur

@ Melindungi sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang serta manusianya

@ Manajemen pemeliharaan yang baik
@ Kontrol pada binatang lain
@ Pemberian pakan yang fresh serta sesuai sama keperluan ternak
@ Penentuan tempat peternakan di daerah yang bebas penyakit

Dan berikut beberapa jenis penyakit yang umum menyerang ayam pelung yang perlu di ketahui :

A. TETELO (ND)
Penyebabnya : paramyxivirus
Tanda-tanda : ngorok serta batuk-batuk, gemetaran, kepala berputar-putar, kelumpuhan pada kaki serta sayap, kotoran berwarna putih kehijauan.
Mencegah : vaksinasi dengan teratur, sanitasi kandang, pada ayam yang terserang ND jadi mesti dibakar.
Penyembuhan : belum ada

B. GUMBORO (GUMBORO DISEAS)
Penyebabnya : virus
Tanda-tanda : ayam mendadak sakit serta gemetar dan bulu-bulunya berdiri, begitu lesu, lemah serta malas bergerak, diare putih di sekitaran anus.
Mencegah : vaksinasi teratur serta melindungi sanitasi kandang
Penyembuhan : belum ada

C. PENYAKIT CACING AYAM (WORM DISEASE)
Penyebabnya : Cacing
Tanda-tanda : perkembangan terhalang, kurang aktif, bulu terlihat kusam.
Mencegah : pemberian obat cacing dengan cara berkala, sanitasi kandang yang baik, pergantian litter kandang dengan cara berkala, serta menghindar serangga yang bisa jadi induk semang penghubung.
Penyembuhan : pemberian obat cacing seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazin, piperazin serta lain sebagainya

E. BERAK DARAH (COCCIDIOSIS)
Penyebabnya : protozoa Eimeria sp.
Tanda-tanda : anak ayam tampak begitu lesu, sayap terkulai, kotoran encer yang warnanya coklat campur darah, bulu-bulu di sekitar anus kotor, ayam bergerombol di pinggir atau pojok kandang.
Mencegah : mengupayakan sanitasi yang baik serta aliran hawa yang baik juga atau dapat dengan juga pemberian coccidiostat pada makanan sesuai sama takaran
Penyembuhan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya

D. BERAK KAPUR (PULLORUM)
Penyebabnya : Bakteri Salmonella pullorum
Tanda-tanda : anak ayam bergerombol dibawah pemanas, kepala menunduk, kotoran menempel pada bulu-bulu di sekitar anus
Mencegah : mengupayakan induk terlepas dari penyakit ini, fumigasi yang pas pada mesin penetas serta kandang
Penyembuhan : noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn atau lainnya.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Cara memulai usaha ternak ayam pelung ini, semoga bermanfaat untuk sahabat semuanya. dan bisa menjadi pilihan usaha rumahan keluarga tercinta.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

Artikel lain :

Peluang Usaha Bidang Pertanian Yang Sangat menjanjikan

200 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Bisa dikerjakan dari rumah Yang Sangat Menguntungkan

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *