5 HAL YANG BISA MENGHAMBAT BISNIS ONLINE YANG HARUS DI HINDARI

berbisnisinternet.com
berbisnisinternet.com

Bisnis online sepertinya sudah mulai menggurita di Indonesia ini, bagaimana tidak bahwa seiring dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, di barengi dengan kemajuan ilmu internet dan tekhnologi. Indonesia akan menjadi pangsa pasar dan pebisnis online yang sangat potensial untuk menjadikan bisnis online ini sebagai bisnis atau usaha dalam rangka menambah penghasilan baik untuk bisnis sampingan, ataupun bisnis utama, namun untuk terjun ke dunia bisnis online ini, alangkah baiknya kita mengetahui faktor atau hal apa saja yang bisa menghambat perkembangan bisnis online yang kita jalankan. Nah di sini saya akan coba berikan hal – hal apa saja yang bisa menghambat perkembangan bisnis online itu. Di harapkan dengan mengetahui faktor – faktor penghambat tersebut, kita bisa meminimalisir resiko atau hambatan – hambatan tersebut. Saya tidak menjanjikan kesuksesan setelah menerapkan atau mengindari faktor – faktor tersebut, tetapi setidaknya hanya meminimalisir hambatan dalam menjalankan bisnis online.

Baik, faktor – faktor apakah itu :

1.     Ingin segera menghasilkan

Di dunia manapun yang namanya bisnis itu butuh yang namanya proses, sehingga dengan proses kita bisa lebih tahu dan belajar untuk mengatasi masalah. Ada pepatah mengatakan ” Orang sukses bukanlah orang yang tak pernah gagal, akan tetapi orang sukses adalah orang yang bangkit dari kegagalan tersebut ” itu artinya sukses adalah berproses, bukan di beli dengan materi, tetapi materi adalah sebagai penunjang kesuksesan. Dan dalam bisnis apapun itu tidak ada yang gagal tetapi yang gagal adalah orang yang berhenti berbisnis.

Jika anda ingin cepat atau segera berhasil dalam berbisnis seperti melihat orang lain sukses, coba tanyakan kepada mereka berapa tahun mereka merintis usaha tersebut sampai menghasilkan. Pasti jawabanya mereka sudah lama merintisnya. Bahkan mereka harus jatuh bangun dari bisnisnya itu. Maka saran saya jauhkanlah pikiran ingin cepat sukses, teruslah berjuang dan berproses menuju kesuksesan sejati.

2.     Tidak fokus

Memang tak di pungkiri di bisnis online ini banyak sekali ragamnya, dan itu sebagai salah satu penghambat dalam menjalankan bisnis online ini, sehingga kita fokus menjalankan bisnis yang sudah di jalankan sebelumnya, karena di internet ini kalau kita ibaratkan sebuah hutan yang lebat, di mana kalau kita masuk ke hutan tersebut tanpa ada pemandu, maka kita akan kesasar. nah begitu juga di bisnis internet ini, kalau kita tidak fokus sama bisnis yang sudah dijalankan, maka di pastikan untuk menuju kesuksesan itu terhambat. Misalkan kita sedang menjalankan bisnis toko online, pas begitu ada info yang atau menemukan informasi bisnis online google adsense dengan bayaran dolar, da tergiur maka dapat di pastikan bisnis tersebut akan gagal. Tips dari saya, fokuslah  dahulu bisnis yang sudah di lakukan sebelumnya sampai benar – benar menghasilkan, setelah kita tahu ilmunya baru ke bisnis yang lain, dengan kata lain jangan mudah tergoda oleh bisnis lain, makanya temukan dahulu sebelum memutuskan bisnis online ini temukan dahulu yang sesuai dengan passion kita.

3.    Terlalu banyak analisa atau pertimbangan

Untuk menjadi pebisnis yang sukses memang kita memerlukan sedikit pertimbangan untuk memilih jenis usaha apa yang sesuai dengan passion kita, akan tetapi kalau kita kebanyakan analisa dan pertimbangan itu juga bisa menghambat kesuksesan yang akan kita raih. Misalnya kalau kita memilih bisnis ini, pasti kita harus beli ini, beli itu, terus kita waktunya gak ada, terus pasti kita bakalan begini. Nah itu contoh analisa atau pertimbangan yang selalu kita pikirkan setiap saat, bahkan mau tidurpun selalu kepikiran terus yang akhirnya kita mundur karena takut gagal. Tips dari saya kalau mau terjun ke dunia bisnis ubahlah dahulu pola pikir seperti itu, jangan takut gagal, justru kegagalan harus di jadikan ilmu untuk mengatasi resiko dan hambatan yang akan menghadang, jangan cengeng, karena kita di lahirkan dan di ciptakan lebih sempurna dari pada makhluk lain di dunia ini, sehingga kita bisa mengatasi segala resiko yang menghadang perkembangan bisnis kita. Kata Om Bob Sadino pernah mengatakan ” Lakukan saja segera jangan banyak mikir “.  Karena memang untuk memulai dan meraih sesuatu yang besar perlu langkah kecil untuk memulainya, kalau kita tidak mulai kapan mau suksesnya begitu kira – kira.

4.     Tidak mengerti Internet dan bahasa Inggris

Tak bisa di sangkal memang bahwa di dunia internet ini atau di bisnis online ini memang kita harus punya pengetahuan tentang hal tersebut, tetapi tidak bisa di jadikan ukuran bahwa orang yang tidak mempunyai pengetahuan tidak bisa sukses di bisnis internet. Kalau mau  lihat bukti bahwa orang yang hanya lulusan SLTP pun bisa menghasilkan dan sudah banyak buktinya, contohnya coba lihat di youtube, namanya Eka Lesmana, dia berbisnis online jenis google adsense, bisa menghasilkan ratusan juta per bulan padahal dia “maaf bukanya merendahkan” hanya lulusan SLTP di daerah Semarang Jawa Tengah. Untuk lebih jelasnya silahkan buka Youtube lalu ketikan Eka Lesmana dan lihat videonya. Itu salah satu bukti bahwa orang yang tidak mengerti internetpun bisa menghasilkan yang penting mau belajar dan mau melakukanya.

5.     Tidak mau Berinvestasi

Untuk terjun ke dunia bisnis online sudah pasti memerlukan yang namanya modal investasi sebagai langkah awal dalam membangun bisnis, karena bisnis apapun sudah pasti akan membutuhkan modal baik besar atu kecilnya itu modal. Mungkin saya akan beberapa kebutuhan yang harus di persiapkan sebelum kita memulai bisnis tersebut, dan berikut sarana yang harus kita persiapkan :

A]    Laptop

Alat pertama untuk memulai bisnis online ini adalah Laptop atau Komputer dengan kisaran harga mulai 2 jutaan sudah bisa kita miliki. Laptop ini sebagai investasi awal kita untuk menjalankan bisnis online, karena dengan Laptop kita bisa membuat website, bikin email, membuat akun Facebook, akun Yahoo, akun Google, browsing, Chating dan sebaginya.

B}    Modem

Modem befungsi sebagai koneksi internet, baik modem CDMA ataupun modem GSM itu bisa kita pilih mana saja yang di sukai. Akan tetapi untuk modem jenis CDMA itu kartunya tidak bisa multi kartu karena itu sudah menjadi ketentuan dari pihak operator. Kalau Modem jenis GSM itu kita bisa pakai kartu apa saja sehingga kalau kita tidak cocok dengan kartu itu , kita bisa ganti dengan kartu yang lainnya, sehingga bisa di sesuaikan dengan daerahnya masing – masing.

C}    Pulsa Internet

Nah pulsa internet ini berfungsi untuk menjalankan koneksi internet yang biasanya di masukan ke dalam modem, tanpa pulsa internet kita tidak bisa menjalankan Laptop untuk kebutuhan bisnis. Untuk kisaran harga pulsa internet bervariasi ada yang mulai dari 20 ribu, 50 ribu sampai ratusan ribu juga ada, tergantung kita memilih sesuai dengan jenis kebutuhan internet kita.

D}    Smartphone

Smartphone ini harus kita miliki untuk menunjang keperluan bisnis internet kita dan berfungsi untuk menerima atau menghubungi klien dan juga kameranya untuk di pakai mengambil gambar produk yang akan di jual, kalau kita punya produk. Dan selanjutnya di uoload ke Laptop atau ke komputer.

E}    Ilmu Internet

Ilmu tentang Internet ini bisa di dapat melalui kursus – kursus atau melalui searching di google, dari buku, ebook, video tutorial dan sebagainya. Sudah barang tentu itu memerlukan biaya yang tidak sedikit sehingga akanmenjadi momok yang menakutkan bagi orang yang akan memulai bisnis online, akan tetapi bisnis online ini apabila di bandingkan dengan bisnis konvensional jauh lebih murah. Coba kita bayangkan kalau kita mau bisnis konvensional. Kalau kita sewa ruko di pinggir jalan raya kira – kira 50 juta / bulan, tetapi kalau kita sewa hosting dan domain untuk website kita paling – paling hanya sampai 1 juta per tahun. Belum lagi kalau di bisnis konvensioal kita harus mengisi tokonya tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dan untuk kelihatan ramai maka toko tersebut harus banyak barangnya jika tidak maka pembelipun akan memilih toko yang kelihatanya komplit.

Di Bisnis Online walaupun kita tidak punya produk maka kita bisa join atau bekerjasama dengan suplayer dengan cara menjualkan barang mereka atau bisa di sebut Dropshiping. Kalau teman mau ada tempat kursus Internet yang menurut saya sangat layak di coba karena di Lembaga ini kita tidak hanya di berikan materi internet marketing saja akan tetapi di SB1M ini juga akan di siapkan proyek bisnisnya dengan menjualkan produk yang tidak pasaran alias musiman, karena ini produk sangat laku setiap saat. Di manakah tempat kursus yang di maksud, yaitu SB1M. Dengan sistem pembelajaran via online dan juga bisa secara tatap muka sehingga bagi yang jauh pun bisa mengikuti pelajaranya step by step, bahkan bagi yang awam pun bisa di pelajari dengan mudah. maka tak jarang siswa di SB1M ini baru 2 bulan belajar sudah ad yang bisa menghasilkan dari internet ini.

So…keahlian apa saja yang di dapat di SB1M, untuk info lebih klik saja DI SINI. Ayo berinvestasi untuk masa depan keluarga anda.

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *