6 Penyebab Toko Anda Sepi Pengunjung

6 penyebab sepi nya pengunjung toko
6 penyebab sepi nya pengunjung toko

Jika Anda saat ini sedang menjalankan usaha konvensional, seperti misal nya sedang membuka toko atau warung sembako, toko baju, toko elektronik, dan lain sebagai nya. Dan mengalami masalah seperti toko nya sepi pengunjung, sehingga omzet menurun drastis.

Kali ini saya akan memberikan penyebab sepi nya pengunjung toko Anda, dan mungkin bisa menjadi solusi untuk diterapkan pada usaha yang sedang Anda jalankan. Mudah – mudahan dengan mengenali akar penyebab nya, usaha berjalan dengan lancar juga omzet pun bisa naik.

Dan berikut adalah ke 6 penyebab sepi nya pengunjung toko / warung Anda :

1.   Harga Mahal

Harga jual yang mahal akan mengakibatkan sepi nya pengunjung toko, ini bisa kita ibaratkan, misal nya kita sendiri sebagai konsumen nya dan ingin membeli suatu barang di sebuah toko, dengan harga yang mahal atau tinggi, pertanyaan nya, apakah Anda suatu saat nanti akan belanja ke toko tadi ? tentu tidak jawaban nya. nah begitu juga dengan toko Anda, jika menjual barang nya lebih mahal dengan toko yang lain nya.

Tips nya adalah, sesuaikan harga dengan harga pasaran atau toko yang lain atau bisa juga lebih murah sedikit dari yang lain. Karena rumus nya adalah : untung sedikit, akan mengakibatkan pengunjung yang banyak, maka omset akan berlipat. berbeda dengan, untung banyak, pengunjung sedikit akan mengakibatkan sepi nya pengunjung, maka omzet pun akan menurun.

2.   Pelayanan Yang Kurang [ Service ]

Dalam sebuah toko, faktor pelayanan adalah menjadi salah satu tolok ukur kesuksesan dalam berusaha atau berbisnis apa pun jenis nya. Ada pepatah mengatakan ” Pembeli adalah Raja dan Kita sebagai yang punya toko adalah pelayan nya ” Jika Anda ingin sukses maka layanilah konsumen dengan baik dan cepat.

Bisa kita rasakan jika anda sendiri datang ke suatu toko menemukan pelayan yang lambat dan judes alias mahal senyum, kira – kira Anda akan datang lagi ke toko yang tadi, apa tidak ? Pasti jawaban nya adalah ” Tidak ” Karena siapa yang mau dilayani dengan pelayan yang begitu.

Tips nya adalah : Layani konsumen Anda dengan baik, cepat dan smile [ senyum ], karena pelanggan akan merasa terlayani dengan baik.

Selain cara – cara tersebut tadi di atas, pelayanan juga bisa di tambah dengan pelayanan antar barang ke tempat atau ke rumah, dengan sistem ini, akan mempunyai nilai lebih di mata pelanggan.

3.   Tempat Kurang Strategis

Faktor ke tiga yang menentukan sepi nya pengunjung toko Anda adalah tempat atau lokasi usaha Anda yang kurang strategis, sehingga sulit di jangkau. Dan lokasi yang kurang strategis itu misal nya, akses menuju lokasi usaha anda sulit di jangkau karena jalan rusak, lokasi di tempat yang kurang di lalui orang, lokasi sangat jauh dengan tempat keramaian, dan lain sebagainya. Untuk menentukan lokasi usaha yang startegis Anda bisa baca artikel saya tentang : Lokasi usaha yang Strategis Untuk Usaha Anda.

Jadi tips nya adalah : carilah lokasi usaha yang strategis.

4.   Barang Dagangan Kurang Komplit

Bagaimana jika anda ingin membeli suatu barang ke toko, lantas barang yang kita cari tidak ada atau ke habisan stok ? Maka kita akan merasa kecewa dan berpikir ulang untuk tidak datang lagi ke toko tadi. Usahakan barang dagangan se komplit mungkin supaya konsumen atau pelanggan akan merasa terpenuhi semua kebutuhan nya, sehingga jika suatu saat mereka membutuhkan suatu barang , maka tidak akan pindah ke toko lain.

Tetapi mungkin kendala nya adalah dari segi modal. Jika hal ini terjadi, maka tips nya adalah, belilah barang dalam jumlah sedikit tetapi banyak macam nya, daripada membeli barang secara dus – dus an akan tetapi barang yang lain nya tidak ke beli, ini akan mengakibatkan barang dagangan tidak komplit. Memang kalau beli secara dus – dus an atau grosir, untung nya lumayan agak besar, akan tetapi perlu di pikirkan dahulu, barang yang di beli secara dus – dus an tersebut, tidak akan cepat terjual semua nya, maka akan terjadi penumpukan barang, sementara barang yang lain nya tidak ada.

5.   Konsep Toko

Perlu di perhatikan juga, konsep Toko. Apakah konsep toko Anda seperti toko grosir, atau toko warung eceran atau konsep toko pedagang kaki lima, atau agen? Yang saya sarankan konsep toko nya harus seperti toko grosir atau Agen, di mana toko nya terbuka, untuk membiarkan pembeli masuk ke dalam toko, karena dengan begitu pelanggan akan melihat ketersediaan barang yang di butuhkan. dan apabila suatu saat pelanggan membutuhkan barang yang di lihat pada waktu membeli, maka dia akan ingat, ketika membeli barang, sehingga ada kemungkinan kembali lagi.

Berbeda dengan toko yang hanya melihat dari luar saja, konsumen tidak akan melihat ketersediaan barang yang di butuhkan, karena akses untuk melihat ke dalam tidak bisa.

Sebagai contoh, lihatlah konsep nya mini market – mini market, mereka sukses karena membiarkan konsumen masuk ke dalam dengan leluasa dan bisa memilih barang yang di inginkan. Setelah mereka memilih barang, lalu di bawa ke tempat kasir untuk di hitung.

Dan juga jangan terlalu banyak di tanya, apabila ada konsumen yang masuk ke toko Anda, karena si konsumen akan merasa tidak bebas dan merasa di buntuti mengakibatkan tidak nyaman nya pengunjung. Ini akan berakibat juga pada sepi ya pengunjung toko Anda.

Akan tetapi model konsep ini, ada sisi ngatif nya, yaitu tindakan yang tidak terpuji konsumen nakal, yaitu mencuri barang, akan tetapi jangan terlalu riskan dengan hal itu yang penting. jika terjadi hal demikian, tegur lah dengan cara yang halus dan sopan. Jangan terlalu keras juga kepada konsumen nakal tersebut, karena ada kemungkinan dia akan bercerita kepada orang lain nya, tentang toko kita. jadi dia akan cerita hal – hal yang buruk nya saja.

Yang terpenting antisipasi dan jeli mengawasi nya secara halus dan baik.

6.   Tidak Jujur [ Curang ]

Curang merupakan suatu tindakan yang tercela dan tidak di perboleh kan secara hukum, baik hukum Agama atau hukum Negara. Dan konsekuensi nya bagi pedagang yang nakal adalah akan mengakibatkan sepi ya pengunjung. Pedagang nakal bisa bermacam – macam tindakan nya, seperti misal nya :  mengurangi timbangan, menjual barang yang sudah kadaluwarsa, menjual barang yang sudah rusak, dan lain – lain nya.

Ingat pepatah mengatakan ” Sepandai – pandai nya orang menyimpan bangkai suatu saat akan tercium juga ” Artinya sepandai – pandai  ya orang berbuat curang, suatu saat akan ketahuan juga.

Sebaik nya jujurlah, dalam hal apapun, misal nya, menjual roti yang sudah lama, katakan lah bahwa roti itu sudah lama kepada pengunjung, atau waktu menimbang ,perlihatkan lah jarum timbangan nya, dan sebagai nya.

Ingat berjualan bukan hanya mengejar ke untungan semata akan tetapi, akan mempunyai nilai Ibadah, jika kita berlaku jujur, dan Insya Allah akan mendapatkan keberkahan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Jadi harus Balance [ seimbang } antara bisnis dengan nilai ibadah nya.

Di dalam hal apa pun dan di dunia mana pun butuh yang nama nya hukum [ KESEIMBANGAN ], sebagai contoh, Tuhan sudah memberikan dan mengajarkan hukum keseimbangan  itu, Tuhan menciptakan langit dan juga bumi, ada siang ada malam, ada laki – laki dan pasti ada perempuan. Pertanyaan nya, bagaimana jika salah satu hal tadi tidak ada, maka tidak akan terjadi yang nama nya kehidupan ini. he…he   ..sedikit ceramah ya.

Nah itu tadi ke 6 penyebab sepi nya pengunjung toko Anda, mudah – mudahan bisa bermanfaat dan berguna, tetapi mohon maaf apabila ada kekurangan, karena ini hanya menurut pengalaman saya, dan mungkin pengalaman pembaca pasti berbeda dan lebih mantap.

Terima kasih atas kunjungan nya, dan Assalamu Alaikum Warrohmatullohi Wabbarokatuh.

 

SANGGARBisnisOnline.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *