6 TRIK DAN TIPS SUKSES MENJALANKAN USAHA MAKANAN KHAS DAERAH

6 TRIK DAN TIPS SUKSES MENJALANKAN USAHA MAKANAN KHAS DAERAH

Walau usaha kuliner daerah memiliki prospek yang bagus, tetapi bukanlah bermakna usaha ini dapat digerakkan dengan seenaknya. Dalam menggerakkan usaha daerah ini, Anda juga membutuhkan sebagian tehnik serta trick untuk dapat suskes. Lantas apa sajakah tehnik serta trick tepat untuk dapat bikin usaha makanan daerah ini berhasil? Tersebut ulasannya

Bila Anda yaitu orang yang sukai memasak serta cinta pada dunia kuliner, jadi melakukan bisnis didunia makanan adalah pilihan yang pas. Kesempatan yang makin terbuka serta besar di bagian kuliner sekarang ini pasti bakal bikin Anda makin mempunyai peluang untuk mencapai berhasil. Satu diantara kesempatan #bisnis kuliner yang dapat Anda cobalah itu yaitu makanan khas daerah.

 

6 Tips Dan Trik Sukses Usaha Makanan Khas Daerah
6 Tips Dan Trik Sukses Usaha Makanan Khas Daerah

Semakin tingginya hoby melancong atau traveling orang-orang ke beragam daerah juga mendorong usaha kuliner daerah ini makin bagus. Untuk menggerakkan usaha kuliner daerah ini Anda memiliki beberapa pilihan lantaran biasanya di tiap-tiap daerah mempunyai makanan khas. Anda dapat pilih makanan khas sesuai sama tempat kelahiran Anda atau makanan daerah sebagai favorite Anda.

Berikut 6 Tips dan trik sukses usaha makan khas daerah yang bisa anda jalankan :

1. BUAT MEREK DARI DAERAH

Namanya juga makanan khas, jadi ia begitu membutuhkan atau memerlukan brand yang juga khas. Brand benar-benar sangat utama untuk pengembangan jati diri untuk perusahaan Anda. Bila Anda sudah mempunyai brand yang begitu popular serta menarik jadi modal besar sudah Anda dapatkan untuk menuju berhasil.
Untuk usaha kuliner daerah ini, Anda dapat bikin brand dari nama daerah yang Anda bawa. Mirip contoh Nasi Pecel Khas Madiun, Martabak Bangka, Bubur Manado, Bubur Ayam Cirebon, Nasi Soto Khas Betawi, Es Dawet Ayu Banjarnegara serta lain sebagainya.

Apabila anda ingin tahu daftar makanan khas daerah yang bisa di jadikan peluang usaha makanan khas daerah dan anda bisa memilihnya sesuai minat dan bakan yang di punya.
2. BUAT RENCANA USAHA MAKANAN KHAS DAERAH YANG UNIK

Bila makanan daerah yang tengah Anda bisniskan telah banyak yang buka sampai membuat persaingan yang begitu ketat jadi Anda mesti bikin kekhasan pada usaha Anda.

Kekhasan ini dapat Anda lakukan pada banyak hal seperti paket, gabungan rasa, sajian menu pendamping atau pada tempat yang bergaya khas daerah. Karenanya ada kekhasan ini, Anda bakal tampak tidak sama serta dapat menangani persaingan dan customer juga bakal berdatangan pada Anda.

3. HARGA YANG BISA MENJANGKAU SEMUA KALANGAN

Janganlah lupa juga untuk memerhatikan harga menu. Upayakan janganlah sangat mahal bila Anda menginginkan usaha makanan khas daerah Anda laku manis. Sebab jika terlalu mahal, ini akan berakibat pada menurunnya pengunjung usaha kita.

Jika harga yang kita tetapkan relatif bisa menjangkau semua kalangan, baik kalangan berduit tebal hingga kalangan berduit tipis, maka kemungkinan pengunjung akan banyak.

Cara untuk menetapkan harga makanan khas daerah, anda bisa survey terlebih dahulu ke tempat usaha yang sudah menjalankan usaha lebih dahulu. Dari situ kita bisa mengetahui harga yang bisa kita tetapkan. Bisa agak murah sedikit dari itu.

Karena untuk pemula kita harus memakai strategi dalam menetapkan harga, tujuannya supaya menarik pengunjung lebih banyak lagi. Anda bisa memakai trik yang biasa di lakukan oleh perusahaan – perusahaan besar, yaitu dengan cara memberikan 1 x makan gratis jika pengunjung telah berkunjung sebanyak 10 x kunjungan.

Jika hal ini di lakukan, bukan tidak mungkin konsumen akan bercerita kepada teman – temannya tentang tempat makan yang bisa memberikan 1 x makan gratis.
4. MENCARI TEMPAT USAHA YANG STRATEGIS

Tehnik atau trick berhasil pertama dalam menggerakkan usaha kuliner daerah ini yaitu tempat. Ya, walau prospek usaha ini begitu bagus, tetapi bila Anda tak dapat meletakkan tempat usaha dengan pas jadi usaha Anda mungkin melempem. Oleh karena itu Anda mesti pilih serta meletakkan usaha Anda ini pada beberapa tempat yang ada pada lokasi strategis serta dapat menarik customer.

Beberapa lokasi seperti obyek wisata, sekitaran universitas atau perkantoran, serta pusat-pusat tempat komunitas berkumpul adalah contoh tempat yang strategis itu. Dengan mempunyai tempat yang pas ini jadi Anda sudah satu langkah tambah baik untuk menuju keberhasilan dalam usaha makanan khas daerah ini.

Berikut beberapa tempat usaha yang bisa jadi pilihan tempat usaha makanan khas daerah yang patut dicoba :

1.  Tempat Wisata

2. Di Perumahan

3. Dekat Mall

4. Dekat Pasar Tradisional

5. Dekat Dengan Pusat Perbelanjaan

6. Dekat Perkantoran

7. Dekat dengan Pabrik

8. Pinggir Jalan Raya

9. Perempatan Jalan Raya

10. Tempat Ziarah

11. Dekat Kampus.
5. BUAT CITA RASA KULINER DAERAH

Jangan pernah menipu customer dengan bikin brand makanan khas daerah yang tidak cocok dengan cita rasa makanan itu. Bila hal semacam ini berlangsung tentu customer banyak yang kecewa. Oleh karena itu coba untuk bikin resep makanan yang sesuai sama cita rasa khas daerah itu.

6 Tips Dan Trik Sukses Usaha Makanan Khas Daerah
6 Tips Dan Trik Sukses Usaha Makanan Khas Daerah

Untuk memperoleh cita rasa yang sesuai sama ini pasti Anda mesti berburu serta mencicipi makanan khas yang bakal Anda menjadikan usaha itu. Bila memanglah Anda masihlah belum mengerti resepnya, Anda mesti mencarinya dengan detil sampai bikin cita rasa makanan daerah merasa seperti aslinya.
6. LAYANI PELANGGAN DENGAN BAIK DAN CEPAT

Paling akhir, tehnik serta trick untuk bikin usaha kuliner khas daerah ini dapat berhasil yaitu dengan memerhatikan #pelayanan. Service memanglah hal yang krusial dalam usaha, termasuk juga usaha makanan khas daerah.

Walau Anda sudah penuhi empat komponen di atas, tetapi tanpa ada service yang sempurna jadi usaha Anda mungkin ditinggalkan customer. Beberapa hal seperti service cepat, ramah serta tanggap adalah banyak hal dalam service usaha makanan biasanya serta makanan khas daerah pada terutama yang kerapkali diperlukan customer.

Terapkan rumus 3S dalam melayani pelanggan atau konsumen, Yaitu ” SENYUM, SAPA, dan SIAP.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu…

Artikel lain :

6 Daftar Peluang Bisnis Bidang Komputer Yang Patut Anda Coba

17 Peluang Usaha Bidang Persewaan Yang Layak Jadi Pilihan Bisnis Anda

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *