7 Faktor Yang Menyebabkan Bisnis Anda Gagal Yang Wajib Anda Ketahui

Faktor Penyebab Gagal nya Bisnis

 

Siapa yang ingin bisnis nya gagal ? Hampir di pastikan semua orang menjawab nya ” nggak mau gagal ” dalam hukum alam selalu di hadapkan dengan dua realita yang saling bertolak belakang, seperti ada hidup ada mati, ada siang ada malam, ada laki – laki ada perempuan, ada sukses ada juga gagal.

Nah ke dua realita tadi pasti dan sedang kita jalani sekarang ini, bukan ?

8 faktor Kegagalan Bisnis
8 faktor Kegagalan Bisnis

kita pernah mengalami nya, namun apa yang bisa kita jadikan pelajaran dari ke dua hal tersebut ?

Kehidupan ini tidak akan berjalan, apabila salah satu faktor tadi tidak ada, coba kita bayangkan, jika hidup ini hanya ada perempuan saja, atau ada siang saja, atau hanya ada orang miskin saja. Nah di sinilah rahasia ALLAH SWT, menciptakan ke dua hal tersebut, tentu untuk kepentingan makhluk nya sebagai bekal hidup di dunia ini.

Jika Anda sekarang termasuk seseorang yang boleh di bilang sukses, sudah pasti pernah mengalami kegagalan, baik baik dalam berbisnis, dalam rumah tangga, dan lain sebagai nya. Namun kegagalan tadi akan memberikan kita pelajaran yang sangat berharga, untuk di jadikan evaluasi dan pembelajaran dalam mencari tahu penyebab kegagalan tersebut.

Karena nya saya pernah mendengar pepatah seorang Pengusaha besar Indonesia, nama nya BOB SAdino, mengatakan ” Selamat Anda Mengalami Kegagalan ” tadi nya saya tidak kepikiran kok ada orang gagal, tetapi di beri ucapan ” Selamat “. kata saya apaan ini ?

Tetapi setelah di jelaskan secara dalam oleh pengusaha tadi, jika anda mengalami kegagalan, pasti anda akan menemukan cara untuk mengatasi kegagalan tersebut, tambah nya. Oh begitu, dan memang kalau di pikir ada benar nya ungkapan tadi di atas.

Lalu  bagai mana jika ingin sukses apakah kita harus gagal dahulu ?

Tentu jawaban nya Tidak harus, karena jika untuk menjawab pertanyaan di atas berarti kita harus membuat gagal dahulu, artinya kita yang menciptakan kegagalan,.

Tentu jangan, karena unsur kegagalan itu sudah pasti ada dalam setiap ruang dan waktu, jadi kita tidak usah berpikiran, akh, kalau begitu saya akan gagal dahulu, Jawaban nya tidak usah. Karena unsur kegagalan sudah ada di setiap usaha atau bisnis atau dalam hal apa pun.

8 faktor Kegagalan Bisnis
8 faktor Kegagalan Bisnis

Jadi lebih jelas nya unsur – unsur kegagalan tersebut sudah ada dengan sendiri nya. Seperti misal nya, jika anda kebetulan dagang pakaian, lalu anda merasa pengunjung toko anda sepi, nah itu juga menjadi salah satu unsur dari kegagalan tersebut, tinggal evaluasi dan telaah, faktor apa saja yang menyebabkan pengunjung ke toko anda berkurang.

Untuk mengetahui faktor kegagalan seperti itu, bisa di alkukan dengan 2 Cara , yaitu :

1.   Faktor Internal

Faktor Internal adalah faktor atau penyebab yang di sebabkan dari dalam, seperti pelayanan yang kurang ramah, harga yang mahal, barang nya kurang komplit, lambat dalam pelayanan, dan lain lain.

2.  Faktor External

Faktor External adalah faktor yang di sebabkan dari luar, seperti misal nya, ada saingan baru, lokasi kurang strategis, produk kurang up to date, dan lain lain.

Jadi kesimpulan dari uraian tersebut di atas adalah, sebenar nya tidak ada gagal dalam hal apa pun kecuali kita berhenti melakukan misi nya, setelah mengalami resiko.

Namun secara umum, kita bisa melihat faktor – faktor yang menyebabkan gagal nya suatu bisnis, dan salah satu faktor nya adalah yang di sebutkan tadi, yaitu berhenti menjalani nya.

Baca juga artikel lain : Man Zadda Wa Zadda

Dan berikut, 7 Faktor Yang Bisa Menyebabkan Bisnis Anda Gagal :

1.   Berhenti bisnis

Jika dalam suatu perjalanan bisnis menemukan sebuah resiko, sehingga tidak bisa meneruskan bisnis tersebut, dan memutuskan untuk berhenti saja.

2.  Pola pikir yang salah

Pola pikir seperti apa yang harus kita benahi sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis, supaya bisa sukses ? Kita sering kali menganggap bahwa bisnis itu tidak perlu mengeluarkan biaya, tidak mau mengambil resiko, atau tidak perlu ilmu, dan ingin cepat menghasilkan untung. Dengan pola pikir seperti itu, saya yakin kita akan menemui kendala bahkan mengalami ” Gatot ” alias gagal Total.

Jadi tips nya adalah : Berani mencoba, berani berkorban, baik materi, tenaga dan pikiran, berani mengambil resiko, seperti mau pinjem modal, tidak perlu ilmu atau pemahaman dan lain sebagai nya.

Baca juga artikel lain nya : 9 Mental yang harus Di miliki Seorang Pebisnis sukses

3.  Kurang Inovasi

Zaman sekarang adalah zaman nya inovasi dan era di mana orang berlomba untuk menciptakan kreasi dan inovasi untuk memanjakan konsumen nya. Jika kita salah satu yang tidak berinovasi dalam berbisnis, maka bis a di katakan bisa mengalami kegagalan.  karena kita akan ketinggalan kereta, oleh mereka yang inovasi nya yang lebih maju.

Sebagai contoh sukses Di Indonesia ini adalah produsen sepeda Motor, mobil, ponsel dan yang lain nya, karena zaman sekarang ini, siapa sih yang tidak memiliki sepeda motor, baik kalangan bawah, hingga kalangan atas. Kenapa ? karena hasil dari inovasi sang produsen tersebut,  banyak sekali sepeda motor sering berganti – ganti model, corak dan warna, baik dari luar atau juga dari dalam sepeda motor tersebut.

Kenapa Bisa begitu ? karena jika tidak di lakukan hal yang demikian, konsumen akan merasa jenuh dengan model motor yang itu – itu saja.

Contoh lain adalah perusahaan ponsel, komputer / laptop, dan lain sebagai nya.

4.  Kurang nya ilmu

Yang ke empat adalah kurang nya pemahaman tentang bisnis yang akan di jalankan, ilmu atau pengetahuan itu bisa kita cari dengan berbagai cara, ada yang dari pengalaman bekerja, ada dari berbagai media, baik media elektronik maupun media cetak, buku, majalah, internet dan lain sebagai nya.

Ilmu apa ? tentu ilmu bisnis, ilmu dagang, ilmu usaha, dan lain sebagai nya.

Karena dalam hal apa pun nama nya itu, terutama dalam bisnis, harus memerlukan namanya pengetahuan [ ilmu ]

5.  Tidak Konsisten

Jika anda sedang menjalankan suatu bisnis, maka saran saya jalankan dahulu bisnis tersebut sampai benar – benar berhasil, jangan sesekali anda melirik bisnis yang lain. karena nanti nya,  fokus nya terbagi.

Ibarat kata ” Jangan tergiur dengan Rumput tetangga yang kelihatan nya yang Lebih hijau ” artinya jangan tergiur dengan bisnis orang lain yang untung nya gede, misal nya. Atau lebih enak, nggak ribet, waktu nya sedikit dan lain – lain.

Namun tetap boleh menjalankan bisnis yang lain sepanjang seperti yang sudah saya katakan tadi, sudah berhasil dengan bisnis yang satu nya.

8 faktor Kegagalan Bisnis
8 faktor Kegagalan Bisnis

Nah dari mana kita bisa mengukur bahwa Bisnis Itu sudah Berhasil ?

Yaitu bisnis yang sudah memiliki system nya, jadi system nya ini yang bekerja, bukan kita nya. System inilah yang bakalan menghasilkan yang namanya ” Pasif Income.”

Contoh Bisnis Yang sudah memiliki System adalah, Alfamart, Indomart, Carefour, dan lain – lain.

Baca Artikel Lain Nya : 8 Langkah Jitu Membangun Jaringan Bisnis

6.  Tidak Ulet

Cepat merasa puas, banyak mengeluh, gampang menyerah terhadap suatu proses dan cara menghadapi resiko adalah pertanda akan mengalami kegagalan.

7.  Bukan Passion Nya

Memilih jenis usaha atau bisnis yang bukan keinginan hati nya, akan mengalami kendala, di bandingkan dengan bisnis yang sesuai dengan hati nya. Karena jika kita memilih usaha atau bisnis yang sesuai dengan hati kita, maka kita akan enjoy dalam menghadapi gempuran resiko dan hambatan yang ada.

Sehingga kita benar benar menjalani nya, tak peduli hambatan sebesar gunung di gunung, atau sebesar karang di lautan, aku akan tetap ku daki dan ku seberangi, begitu ceritanya.

Ibarat sebuah lagu, kalau sudah cinta lautan dan gunung akan tetap kudaki katanya, he.he.he…Intermezo tapi benar lho.

Itulah sekilas info tentang 7 Faktor Yang Menyebabkan Bisnis Anda Gagal ini, semoga bermanfaat dan berguna, tentu ini artikel jauh dari sempurna, dan saya siap menerima segala bentuk kritikan yang bersifat konstruktif, bukan kritikan yang bersifat Destruktif.

Terima kasih atas kunjungan nya dan salam sukses selalu….

Baca artikel lain nya : 7 Tips Sukses Ala Islami Yang Wajib Anda Ketahui

Tips Sukses Bisnis Dengan Jurus Laba – Laba Yang Wajib Anda Lakukan

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *