7 Tips Cara Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis Online Yang Harus Dilakukan

7 Tips Cara Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis Online Yang Harus Dilakukan

Lihat grafik perkembangan usaha di internet yang gerakannya condong naik, dapat di pastikan apabila akhir-akhir ini tingkat persaingan pasar di usaha toko on-line juga tunjukkan penambahan yang begitu cepat.

Banyak cerita atau pengalaman beberapa pelaku usaha yang selanjutnya dapat mencapai keberhasilan sesudah tekuni usaha didunia maya, nyatanya ikut mendorong nyaris tiap-tiap orang baik itu pemula ataupun pelaku usaha yang terlebih dulu sudah tekuni usaha dengan cara konvensional, untuk mulai terjun meningkatkan bisnisnya di ranah digital.

Cara Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis Online
Cara Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis Online

Hadapi keadaan persaingan yang seperti ini, pasti sebagai pebisnis toko on-line Anda tidak dapat cuma berpangku tangan. Untuk mengakali ketatnya persaingan pasar di usaha toko on-line, Anda dapat bikin rencana periode panjang dengan mulai berpindah dari seseorang pengecer (reseller) jadi seseorang penyuplai on-line.

1.  Janganlah cepat puas
Dalam melakukan bisnis, hal yang perlu dijauhi yaitu ‘rasa cepat puas’. Rasa cepat senang bukanlah bermakna tak bersukur. Malah yang cepat senang -lah yang bakal terperosok kedalam jurang bernama kesombongan serta kemalasan. Beberapa orang yang cepat senang (dengan apa yang dicapainya) condong sukai mengkritik serta mengurus usaha orang lain. Dia terasa lebih berhasil daripada pesaing, hingga terasa terhebat serta paling berhasil. Alhasil, rasa malas juga akan tiba menggerogotinya.
Karenanya, jangan sampai anda cepat terasa senang. Dalam melakukan bisnis, anda mesti selalu ‘berlari’ menjauhi kompetitormu. Bila anda cepat senang, jadi anda -lah yang bakal ‘dikejar’ oleh pesaing.

Inovasi tidak ada henti yaitu kunci berhasil dalam melakukan bisnis. Saat kita temukan inovasi baru, fikirkanlah untuk membuat inovasi setelah itu. Hal semacam itu karena inovasi terdahulu pastinya akan DITIRU oleh kompetitormu

2. Penambahan kwalitas Product Toko atau bisnis Online

Kwalitas product yaitu aset utama dalam satu usaha termasuk juga usaha toko on-line. Service yang kurang memuaskan dan kwalitas product yang kurang baik bakal bikin beberapa pelanggan terasa kecewa serta kabur dari toko on-line Anda. Supaya usaha toko on-line tampak menarik, Anda tak perlu lakukan perang harga dihadapan customer lewat cara memberi potongan harga besar-besaran. Langkah yang butuh Anda tentukan hanya tingkatkan kwalitas service dan kwalitas product melebihi apa yang didapatkan dari pesaing. Begitu beberapa calon konsumen akan tiba ke toko on-line Anda serta beberapa pelanggan juga bakal suka serta tetaplah setia dengan toko on-line Anda.

3. Feature Product tidak sama

Bila product yang Anda jual di toko on-line nyaris sama juga dengan yang di tawarkan oleh pesaing, jadi buat feature unggulan menarik yang tidak sama dengan punya pesaing. Begitu, beberapa konsumen semakin lebih tertarik dengan product yang Anda punyai dengan feature unggul walau harga yang Anda menawarkan ada diatas harga product pesaing. Sebagai misalnya yaitu Apple, walau product ini yaitu gadget termahal, tetapi dengan feature unggulan yang dipunyainya bikin beberapa penggemar Apple tetaplah setia serta ingin beli product Apple.

4. Sarana serta Kenyamanan untuk Konsumen

Di zaman modern seperti saat ini, nyaris segalanya dikerjakan oleh seorang dengan cara digital dengan argumen kecepatan dan kenyamanan. Menjamurnya usaha toko on-line yaitu satu diantara tandanya. Dengan memberi sarana serta kenyamanan untuk beberapa calon customer atau konsumen, sudah pasti bakal memberi ketidaksamaan yang begitu bermakna untuk toko on-line Anda. Hal tersebut yang dapat bikin product atau layanan yang Anda menawarkan tampak menarik di mata beberapa customer.

5. Product Unggulan Toko Online

Untuk mencapai satu keberhasilan, sebagai pebisnis yang kuat Anda tak perlu terasa cemas serta cemas hadapi tingkah yang dikerjakan oleh beberapa pesaing yang pelan-pelan mulai menarik hati customer. Lihatlah product apa sajakah yang Anda jual di toko on-line, lalu banding dengan beberapa produk dari beberapa pesaing. Kemudian cermatilah, product apa sajakah yg tidak dipunyai oleh beberapa pesaing. Menjadikan product yg tidak dipunyai oleh pesaing sebagai product unggulan di usaha toko on-line yang Anda punyai.

6. Pelayanan Konsumen

Salah satu faktor penentu keberhasilan dalam bisnis apapun itu namanya, terlebih dalam bisnis online atau toko online, cobalah perbaiki soal pelayanan konsumen. Ada pepatah mengatakan ” Pembeli adalah raja ” itu benar adanya. seorang pembeli ingin mendapatkan pelayanan yang baik dan cepat.

Seperti apakah pelayanan yang harus dilakukan terhadap konsumen ? yaitu seperti melayani dengan ramah dan penuh tanggung jawab, cepat dan tepat. Itulah yang dibutuhkan oleh konsumen.

Apabila hal itu tidak dilakukan oleh seorang pebisnis, maka bukan tidak mungkin calon pembeli yang sudah didepan mata akan berpindah ke lain hati. he..he.. ( kok kayak lagu ). Ibarat kata konsumen yang sudah mendapatkan kepuasan dari si pebisnis itu akan menjadi salah satu marketing kita, karena akan bercerita kepada rekan, keluarga, teman bahkan handai tolannya tentang pelayanan kita.

Dengan begitu cobalah cermati tentang pelayanan yang sudah kita berikan kepada konsumen kita.

7. Harga Murah

Harga murah tetapi kualitas produk yang kita tawarkan jangan yang murahan, jangan asal murah sehingga produk yang dijual juga murah.

Kebiasaan di Indonesia kalau cari produk di Internet atau searching di google ” baju murah, sepatu murah, dan lain lain.

Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam bisnis online, cobalah perhatikan kualitas atau mutu. Jika sudah mendapatkan produk dari suplayer, lalu lihat harga di toko lain. hal ini bisa menjadikan patokan kita dalam menentukan harga, yah minimal seimbang atau juga bisa lebih murah sedikit dengan pesaing kita.

Itulah beberapa tips tentang cara menghadapi persaingan dalam Bisnis Online atau toko online ini, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi pebisnis online, sehingga menjadi pebisnis yang sukses.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

Artikel terkait : Bagaimana Cara Mendapatkan suplayer atau pemasok Untuk Bisnis Online

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *