7 Widget Penting Yang Harus Di Pasang Di Blog Anda

7 widget penting yang harus di pasang di blog Anda

1.  Kotak Pencari

Kotak Pencari berfungsi untuk mencari artikel yang di butuhkan oleh pengunjung, maka dengan itu, Blog Anda wajib memiliki kotak pencari. nah apabila blog Anda berflatform WordPress, maka dengan mudah Anda bisa menambahkan widget yang satu ini, dengan cara melalui menu appearance > widgets. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan kotak pencarian. dan seperti contoh inilah nantinya kotak pencarian, seperti yang di tunjukan oleh tanda panah.

Kotak Pencarian
Kotak Pencarian

2.   Sarana Berlangganan Artikel

Fungsi dari widget berlangganan artikel ini adalah, untuk memberitahukan artikel terbaru kepada pelanggan atau pengunjung blog Anda, setiap kali Anda menulis artikel, sehingga mendorong pengunjung untuk melihat nya.

Dan untuk pengguna WordPress, bisa menambahkan widget ini, dengan cara memasang Widget Blog Subscription, apabila Anda sudah memasang Plugin jetpack terlebih dahulu, cara nya adalah, silahkan login terlebih dahulu ke wordpress Anda, Dasboard > Appereance > Widget > Blog Subscription.

Selain itu juga Anda bisa menambahkan fasilitas berlangganan artikel ini, dengan menggunakan layanan dari google Feedburner.

 

3.   Kategori Artikel

Widget yang satu ini juga tak kalah penting nya dan wajib untuk di pasang pada blog Anda, tujuan nya adalah untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam hal mencari artikel, jika seorangbpengunjung membutuhkan informasi atau artikel tentang sesuatu, misal nya di kategori Internet Marketing, maka si pengunjung akan meng klik kategori tersebut dan juga berdasarkan kategori yang ada di blog.

Bagi Anda pengguna Blogger yang berbasis blogspot, widget kategori artikel ini dapat ditambahkan dengan cara masuk ke tata letak. Setelah itu, Anda tinggal menambahkan widget label.

Apabila blog Anda berbasis WordPress, Anda dapat dengan mudah menambahkan widget kategori artikel ini melalui menu appearance > widgets. Setelah itu, Anda tinggal menambahkan widget categories ke sidebar.

4.   Form Kontak

Formulir kontak ini juga diperlukan di blog Anda, untuk memudahkan pengunjung menghubungi pemilik blog.

Untuk pengguna blog yang berbasis WordPress, Anda dapat menambahkan form kontak dengan memakai plugin Contact Form 7. Sedangkan bagi blog yang berbasis Blogger blogspot, Anda dapat menambahkan  layanan dari situs Kontactr dalam  membuat form kontak di blog Anda.

5.   Popular post

Widget Popular Post ini berguna untuk menampilkan atau menayangkan artikel yang paling sering di baca pengunjung blog Anda.

6.   Recent Post

Widget Recent Post ini berguna untuk menampilkan artikel terbaru blog anda, sehingga pengunjung akan melihat artikel yang masih hangat.

7.   Related Post

Widget ini berguna untuk menampilkan artikel terkait dengan artikel yang sedang di baca oleh pengunjung, dengan adanya widget ini pengunjung akan melihat artikel artikel yang ada kaitan nya dengan artikel tersebut.

Ketiga jenis widget di atas dapat ditambahkan baik di Blogger ataupun WordPress.

Untuk pengguna Wordpres Widget related Post ini bisa di tambahkan dengan memasang plugin WordPress related post, cara nya adalah, Dashboard > Plugin > Add New, cari di kotak pencarian plugin, dengan mengetikan  ‘ WordPress Related Post, setelah muncul > Instal > Aktifkan.

Itulah artikel tentang ke 7 Widget yang paling penting untuk di pasang di blog sobat, untuk meningkatkan performa blog Anda, agar semakin ramai di kunjungi pengunjung.

Mudah – mudahan ada manfaat nya, kurang nya saya mohon maaf yang sebesar – besar nya, sebagai manusia saya menyadari hal itu. Sekian dan terima kasih. Wassalam….

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *