8 KENDALA DALAM MENJALANKAN BISNIS ONLINE SERTA CARA MENGATASINYA

8 KENDALA DALAM MENJALANKAN BISNIS ONLINE SERTA CARA MENGATASINYA

Bisnis Online – Menjamurnya usaha on-line shop di masa globalisasi menyebabkan banyak efek negatif serta positif. Satu diantara efek positif yang dirasa yaitu, usaha on-line shop ini buka peluang untuk siapapun serta dimanapun untuk terjun ke usaha ini. Oleh karenanya, usaha on-line shop saat ini sangat berkembang, terutama di jaman mutakhir seperti saat ini di mana semuanya dapat dibuka dengan gampang serta cepat.

Kendala dalam Menjalankan Bisnis Online
Kendala dalam Menjalankan Bisnis Online

Tetapi, dibalik narasi beberapa keberhasilan pelaku bisnis on-line, terdapat beberapa hal yang butuh di ketahui dalam usaha mutakhir ini. Masalah, atau permasalahan yang umum menempa pelaku bisnis on-line shop, tidak ayal bikin beberapa on-line shop berhenti ditempat, bahkan juga memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Karenanya, beberapa calon atau bahkan juga beberapa pelaku bisnis yang telah mengawali usaha online-nya butuh tahu sebagian masalah umum yang sering dihadapi beberapa pelaku bisnis on-line shop.

1.  Banyak Yang Melakukan Penipuan

Usaha on-line shop nyatanya bukan sekedar jadi kesempatan untuk beberapa pelaku bisnis, namun jadi kesempatan untuk beberapa penjahat yang coba memakai tren ini untuk lakukan penipuan. Beragam masalah penipuan on-line shop banyak dikabarkan di TV, koran, bahkan juga beberapa pemakai media sosial sendiri.

Umumnya beberapa pemakai account sosial media yang pernah jadi korban bakal mengunggah pengalaman mereka yang ditipu oleh on-line shop palsu, dengan harapan akan tidak ada sebagai korban selanjutnya. Sebagian masalah yang berlangsung yaitu saat customer telah mentransfer duit ke rekening yang berkaitan, tetapi barang tidak kunjung di kirim. Bahkan juga ada yang kirim barang, tetapi isi paketnya nyatanya sampah.

Untuk menangani permasalahan ini, yang butuh dikerjakan yaitu, mencantumkan nomer telephone yang dapat dihubungi. Terkecuali nomer telephone, bisa tercantum juga alamat bila ada, atau pin BBM, serta account sosial media yang lain. Bukan sekedar itu, bisa tercantum juga testimoni beberapa konsumen yang sudah terima barang serta terasa senang dengan service yang di terima.

Sebisa-bisanya menghubungi customer yang berkaitan dengan cara berkala untuk mem-follow up penerimaan barang apakah telah tiba atau belum, dsb. Hal semacam ini dikerjakan dengan maksud supaya beberapa customer terasa aman serta yakin kalau barangnya bakal hingga ke tangan kurun waktu yang ditetapkan.
2. Akses internet

Prasyarat paling utama dalam mengawali usaha on-line yaitu ketersediaan akses internet. Dapat disebut koneksi internet yaitu nyawa dari on-line shop sendiri. Pasti tanpa ada akses internet, usaha tidak bisa digerakkan bukanlah. Oleh karenanya, permasalahan bakal muncul jika pelaku bisnis tiba- tiba kehilangan koneksi internet.

Hal semacam ini bisa berlangsung jika iuran internet belum dibayar, atau terputus mendadak. Sebab yang lain mungkin saat pelaku bisnis melancong ke luar kota yang nyatanya tanda internetnya buruk. Untuk menangani permasalahan ini, upayakan membayar pulsa internet pas saat, supaya nanti tak kerepotan.

Tentunya cost internet mesti dimasukkan sebagai biaya pengeluaran paling utama saat berencana usaha ini. Serta jika tengah melancong ke luar daerah, upayakan supaya menunjuk orang yang diakui untuk menangani semuanya masalah usaha sesaat. Atau langkah yang lain, memprogram supaya semua bisa tetaplah terselesaikan meskipun ada ditempat yang koneksi internetnya kurang bagus.

Sayapun pernah mengalaminya hal semacam itu, karena saya tinggal di daerah hal semacam itu sudah pernah saya alami. Begini ceritanya : Pertama kali saya maen internet dengan menggunakan modem yang berinisial m2, pertama yah lumayan lah, dengan membeli paket data sekitar kurang lebih 99 ribu perbulan saya sudah bisa menjalankan bisnis online.

Ditengah perjalanan modem itu rusak dan saya mau servis tetapi tidak bisa terpaksa saya beli modem baru. Maklum saya asal beli saja, ternyata setelah saya coba tampilan modem itu cuman jaringan 2G, sehingga sangat lemot sekali.

Terus saya coba cari informasi ke saudara saya yang ada di depok katanya pake modem yang 4G. Dan saya beli dengan kisaran harga 350 ribuan. Merek modem nya mirip dengan pelari juara Olimpiade asal Amerika. Yang ujungnya namanya “lt”

Setelah dicoba ternyata memang benar beda sekali dengan modem yang lama, waktu saya upload gambarpun memang seperti pesawat terbang, kencang sekali….dan Alhamdulillah sampai sekarang sudah lancar.
3. Buta on-line shop

Permasalahan lain yang dihadapi nyatanya bukan sekedar dari sang pelaku bisnis sendiri tetapi dari beberapa customer juga. Warga Negara Indonesia belum seutuhnya dapat menjalankan internet dengan pas, terutama warga yang ada di daerah lain diluar Jakarta. Beberapa orang yang belum punya kebiasaan memakai layanan on-line shop untuk penuhi keperluan keseharian.

Sebagai perbandingan, di negara maju ada yang memakai layanan on-line untuk beli keperluan rumah tangga, seperti beberapa bahan makanan, dsb. Tetapi, kadang-kadang di Indonesia, masihlah dapat didapati orang yang malas belanja lewat on-line lantaran kurang tahu dengan systemnya. Hal semacam ini dapat tampak dari pertanyaan yang kerap dilontarkan customer.

Ada yang sering ajukan pertanyaan mengenai bahan, langkah beli, dan sebagainya, walau sebenarnya penuturannya tercantum di gambar serta panduan. Bagimana langkah mengatasinya? Yakni dengan bikin system pembayaran yang gampang serta mempunyai banyak alternatif. Umpamanya, buka rekening di sebagian bank yang seumpamanya orang banyak punyai, hingga mempermudah bertransaksi.

Serta jika ada yang ajukan pertanyaan, meskipun penuturannya telah tercantum, upayakan untuk tetaplah ramah menjawab, lantaran bagaimanapun customer yaitu raja.

4. Ketentuan pemerintah

Terkecuali dari customer, masalah juga datang dari atas, yaitu dari pihak pemerintah. Lihat demikian ramainya perkembangan usaha on-line, telah harusnya pemerintah bikin sebagian kebijakan basic serta terang mengenai perdagangan internet.

Hal semacam ini butuh dikerjakan lantaran untuk menanggung ketenangan orang-orang dalam memakai on-line shop. Bila didapat keterangan yang kuat mengenai prasyarat sah on-line shop, pastinya orang-orang bakal jadi lebih terasa aman untuk memakai layanan on-line.

Tersebut sebagian masalah umum yang umum dihadapi beberapa pelaku bisnis on-line. Pastinya tak kebanyakan orang alami masalah yang sama. Bila mempunyai masalah lain, upayakan tetaplah berupaya menacari jalan keluarnya serta tidak mudah menyerah. Ada pepatah menyampaikan kalau masalah yaitu batu tanjakan menuju keberhasilan. Oleh karena itu janganlah menyerah serta janganlah putus harapan!

5. Persaingan yang Semakin Banyak

Efek positif dari on-line shop, yakni banyak orang yang coba usaha ini, nyatanya dapat juga beralih jadi masalah. Makin banyak on-line shop yang ada, pasti makin mempersempit pasar tujuan. Ketatnya persaingan bisa jadi masalah besar untuk beberapa pelaku bisnis on-line shop, terutama beberapa pelaku bisnis yang kurang serius menjalaninya.

Jalan keluar yang bisa dikerjakan, diantaranya yaitu, berkompetisi lewat harga, jika product yang di jual nyatanya mempunyai persamaan segmen dengan sebagian on-line shop yang lain. Contoh biasanya bila product yang di jual yaitu pakaian, tas, atau sepatu. Jadi dapat dikerjakan langkah dengan menempatkan harga yang sedikit lebih rendah, atau harga agak tinggi dengan kwalitas yang jauh tambah baik.

Langkah yang lain yaitu mencari product yang unik serta tidak sama dari pada yang lain. Upayakan pilih atau bikin barang yang unik, tetapi tren serta memikat pasar. Paling akhir, memainkan kiat pemasaran yan pas tujuan untuk menarik ketertarikan pasar.

Cara-cara kiat yang menarik bisa dikerjakan, seperti berikan potongan harga, atau hadiah untuk yang pesan kian lebih 2 buah, atau lakukan penjualan besar- besaran dengan mengunggah barang di beberapa sosial media yang dipunyai serta rajin mengupdate barang yang di jual. Cara-cara itu bisa dikerjakan untuk memenangkan persaingan dengan on-line shop yang lain.

Artikel Terkait : 7 Tips Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Online
6. Bingung Mencari Produsen/supplier

Permasalahan penyuplai yaitu permasalahan yang bisa berlangsung dimuka mengawali usaha on-line shop, atau mungkin saja berlangsung di dalam perjalanan usaha ini. Permasalahan umum yang umum dihadapi yaitu saat reseller atau pelaku bisnis on-line shop kesusahan temukan partner penyuplai barang yang pas hingga aktivitas penjualan terhalang lantaran barangnya tak ada.

Atau mungkin saja yang berlangsung yaitu saat reseller serta supplier mempunyai permasalahan yang pada akhirnya mengakibatkan supplier tak meneruskan kerja sama untuk menyalurkan barang. Sebagai pelaku bisnis, pastinya hal semacam ini paling dijauhi bukan? Oleh karena itu upayakan mencari partner yang pas dalam mengawali usaha ini. Mungkin mencari produsen dari banyak tempat, hingga product yang bakal di jual juga jadi bermacam jenisnya.

Jika sudah temukan produsen yang pas, baiknya sama-sama melindungi jalinan serta keyakinan keduanya. Melakukan tindakan profesional, lantaran siapa juga yang menginginkan berhasil, harus hukumnya melakukan tindakan profesional. Bila bikin kesepakatan hubungan kerja, upayakan mengulas isi kesepakatan dengan cermat serta adil, supaya tak berlangsung kesalah-pahaman. Melindungi jalinan dengan beragam pihak terutama rekanan jadi kunci keberhasilan melakukan bisnis.

Artikel Lainya : Bagaimana Cara Mencari Produsen Atau Suplayer Untuk Bisnis Online

7. Kurang Pengetahuan / Keahlian

Minimnya.kurang tersedianya pengetahuan mengenai usaha on-line. Beberapa orang yg ikutan menggerakkan usaha affiliate atau buka toko on-line, tetapi dia tak tahu apa sajakah yg mesti dikerjakan untuk mendukung keberhasilan bisnisnya. Hingga usaha on-line yg digerakkan, akhirnya juga tak maksimal.

Yaitu Keahlian atau kemampuan nya tentang internet dan bisnis online.

Artikel terkait : 7 Keahlian Yang harus Dikuasai Oleh Seorang Pebisnis Online Serta Cara Mengatasinya

 

8. Kurang Fokus

Faktor ini yakni kurang fokus pada bisnis online yang dijalankan, akan membuat bisnisnya jalan di tempat alias gagal. Karena di bisnis online ini banyak sekali macamnya, sehingga seseorang yang menjalankan bisnis online hanya karena ikutan teman, atau melihat dari keberhasilan orang, maka di tengah perjalanan akanmengalami yang namanya masalah. sehingga tidak akan mencari solusinya tetapi akan fokus pada masalahnya.

Solusinya adalah cobalah pilih bisnis online yang sesuai dengan minat dan bakatnya atau Passionnya, sehingga seseorang yang menjalankan bisnis online berdasarkan passionnya ini, dia akan enjoy menjalankannya walaupun ditengah perjalanan rintangan datang menghadangnya. karena akan merasa enjoy.

Artikel terkait : Macam – Macam Peluang Bisnis Online

Demikianlah artikel tentang 8 kendala dalam menjalankan bisnis online ini serta cara mengatasinya, semoga bermanfaat untuk sobat semuanya dan bisa dijadikan bahan evaluasi untuk menjalankan bisnis onlinenya semakin lancar.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Aminnn…..

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *