8 Strategi Sukses Membuka Usaha Warung Sembako

usaha warung sembako
usaha warung sembako

Siapa yang tak kenal dengan warung sembako, usaha yang satu ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, asalkan tahu cara nya. lihat lah di setiap kampung, atau jalan raya pasti ada yang nama nya warung sembako. Betapa tidak karena warung ini merupakan kebutuhan sehari – hari setiap orang. Coba bayangkan setiap waktu, bahkan menit setiap orang pasti membutuhkan yang namanya, beras, telor, mie instan, rokok, dan lain sebagai nya. Inilah peluang usaha dengan modal yang tidak terlalu besar, tetapi mempunyai potensi yang besar.

Untuk itu, tidak ada salah nya Anda mencoba usaha yang satu ini, untuk di jadika usaha utama atau usaha sampingan Anda. Dan untuk memulai nya Anda harus tahu tentang faktor apa – apa saja yang harus di perhatiakan, agar rencana Anda berjalan dengan baik dan menguntungkan.

Hal Apa Saja yang harus di persiapkan sebelum memulai Usaha Warung Sembako ?

1.     Mau bermain di Level mana

Usaha warung sembako ini, banyak ragam nya dan tingkatan nya, mulai dari tingkat Distributor, Agen, Sub Agen, dan pengecer. Anda mau memilih di level mana. Tiap – tiap tingkatan level mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing, mulai dari tingkat permodalan, sumber daya, hingga persaingan. Misal nya Anda bermain sebagai Agen, maka Anda harus siap dengan modal yang lumayan besar, untuk keperluan atau biaya belanja barang, dan biaya operasional, serta tempat yang lumayan luas. Karena Agen ini akan melayani pembeli dari pengecer, dan ini memerlukan pelayanan tingkat tinggi.

Tips nya adalah coba amati Agen yang sudah lama berjalan, mulai dari penataan barang, cara melayani, cara mengambil laba, dan cara mempersiapkan sumber daya manusia nya. Tetapi secara umum untuk sukses di warung sembako ini adalah, tentang cara melayani dengan penuh ramah dan baik, serta harga yang bersaing dengan Agen lain, juga tak kalah penting tempat usaha yang strategis, ini menunjang kesuksesan usaha Anda.

2.     Pilih lokasi Usaha Yang Starategis

Untuk memilih usaha yang strstegis, Anda bisa mencari nya, seperti di perempatan jalan, di simpangan jalan, di pasar, dekat minimarket, dekat Pom bensin, dekat sekolahan, dekat rumah sakit, dan lain sebagainya. Tempat – tempat seperti inilah yang sangat di rekomendasikan untuk di jadikan lokasi usaha.

3.     Siapkan Sumber Daya Manusia / Tenaga Kerja

Dalam mempersiapkan SDM atau Tenaga kerja, Anda harus memilih tenaga kerja yang berkualitas. Seperti apa tenaga Kerja yang berkualitas ini ? Yaitu yang memiliki  syarat, yaitu punya pengalaman kerja di bidang yang sama, jujur, bisa baca tulis, bisa menghitung dan bertanggung jawab. kadang ini menjadi kendala di dalam memilih tenaga kerja seperti ini, dan sangat jarang di temukan, akan tetapi bukan menjadi halangan untuk Anda, jika belum menemukan nya, sambil berjalan sambil mencari tenaga kerja seperti itu.

Tenaga kerja juga harus meliputi cara melayani dengan baik, punya etika, sabar, sopan. Ini juga penting untuk di perhatikan.

4.     Mencari Suplayer

Di dalam mencari suplayer, Anda bisa nongkrong atau belanja di Agen, biasa nya di Agen ada yang sedang bongkar barang, coba tanyakan ke sopir mobil atau kenek nya mobil yang sedang bongkar barang tersebut, dan minta nomor telepon yang bisa di hubungi. Dan biasa nya suplayer ini hanya dari satu atau beberapa produk saja, cara mensiasati nya, untuk di awal buka usaha, belanja saja di Agen terdekat, tetapi jangan telalu banyak, supaya warung kita terlihat komplit, sambil kita menemukan suplayer dari produk yang lain nya.

5.     Menentukan Harga atau Laba tingkat Agen

Menentukan harga tingkat Agen, biasanya tidak terlalu besar, sebab kita bermain secara grosiran, jadi walaupun mengambil untung sedikit, akan tetapi yang belanja adalah para pengecer, biasa nya belanja dalam jumlah yang banyak, maka keuntungan akan besar pula. Ingat jangan mengambil untung yang melebihi agen lain, sebab pelanggan akan memilih agen yang harga nya lebih murah, biar pun perbedaan harga nya cuman 200,- rupiah, itu juga akan mempengaruhi pelanggan untuk belanja ke yang lebih murah. Ini pengalaman saya sebagai penjual sembako. jadi minimal sama lah dengan Agen yang lain nya.

6.     Barang Dagangan Harus Komplit

Usahakan barang dagangan nya se komplit mungkin, supaya semua yang mereka butuhkan tersedia, dan supaya tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. dan pelanggan tidak lari ke Agen lain. Misal nya mulai dari beras, telor, gas, pulsa voucer, jajanan anak, dan lain sebagai nya. Jika warung Anda terlihat komplit, maka potensi mendapatkan keuntungan akan di raih. Tips nya adalah barang yang cepat laku nya harus beli dalam jumlah yang banyak, untuk keperluan stok, dan barang yang lambat, belilah lebih sedikit, karena untuk menghindari kerugian dan kadaluwarsa, jika barang nya itu termasuk barang yang di konsumsi.

7.     Disiplin Mengelola keuangan

Atur lah keuangan Anda, buatlah laporan pemasukan setiap hari dan bikin pembukuan nhya supaya, tahu, omzet dan laba yang di dapat baik per hari, per bulan, bahkan per tahun. Di dalam mengatur keuangan usaha Anda, atur lah uang untuk biaya operasional, biaya belanja, biaya kebutuhan rumah tangga, dan biaya cadangan. Anda harus pandai membagi ke dalam bentuk prosentase, untuk masing – masing keperluan, jangan sampai uang yang masuk lebih kecil daripada uang yang ke luar. Ini akan menjadi akibat buruk bagi perkembangan Usaha Anda.

8.     Buat Rencana Pengembangan Usaha

Apabila usaha Anda sudah berjalan dengan baik dan lancar, pikirkan tentang rencana pengembangan nya dengan membuka di cabang di tempat lain, untuk lebih mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Jiwa wiraswasta yang sukses selalu memikirkan bagaimana membuat jaringan atau cabangnya, tetapi ingat, hal ini dilakukan setelah usaha yang pertama benar – benar sudah lancar. Sebuah usaha bisa di katakan lancar, apabila usaha itu sudah berjalan minimal 3 tahun. Tiga tahun sebuah usaha sudah teruji dan dari berbagai masalah, serta akan tahu cara untuk mengatakan masalah. Karena setiap usaha apa pun dan siapa pun pasti akan mengalami hal yang sama, yaitu ujian, seperti, persaingan, masalah utang, masalah SDM, dan lain sebagai nya.

Lihatlah perusahaan – perusahaan besar, seperti Indomart, Alfamart, MC Donald, Kentucky, Giant, dan lain sebagai nya. Mereka punya cabang di mana – mana. Sehingga apabila cabang nya sudah banyak, maka Mereka yang punya usaha tersebut sudah tidak repot – repot lagi, bekerja karena sistem nya sudah berjalan dengan baik. Inilah enak nya, jika kita sudah punya usaha yang tersistem.

Mungkin hanya itulah yang bisa saya sampaikan kurang dan lebih nya saya mohon maaf yang sebesar – besar nya. Mudah – mudahan ada manfaat nya.

Sekian dan terima kasih. Wassalam….

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *