8 Tips Sukses Bisnis Ala Robert Kiyosaki Dan Donal J. Trump Yang Wajib Anda Terapkan

Tips Sukses Robert Kiyosaki Dan Donal J. Trump
Tips Sukses Robert Kiyosaki Dan Donal J. Trump

8 Tips Sukses Bisnis Ala Robert Kiyosaki Dan Donal J. Trump Yang Wajib Anda Terapkan

Bagi Anda Yang sedang atau merencanakan sebuah usaha, tentu Anda memiliki visi untuk di capai, namun terkadang banyak di antara kita tidak menyadari, bahwa untuk menuju ke tujuan tersebut, harus lah memiliki apa yang di nama kan dengan keahlian [ ilmu nya ]. Jadi dalam ber bisnis untuk sukses itu tidak hanya mengandalkan modal dan bisa jual saja, akan tetapi banyak faktor atau banyak hal yang mesti di pahami seorang pebisnis itu.

Nah untuk Anda mungkin faktor – faktor apakah yang harus di miliki itu, di sini saya akan coba berikan 8 Tip Sukses Ala Robert Kiyosaki Dan Donald J. Trump Yang Wajib Anda Terapkan Di Dalam Bisnis tersebut.

Seperti kita kenal bahwa, Robert Kiyosaki Dan Donal J. Trump adalah dua tokoh bisnis terkemuka di dunia dengan Buku nya yang berjudul ” Midas Touch ” yang artinya adalah ” sentuhan Emas ” Mungkin artinya adalah apa pun yang kita kerjakan atau jalankan harus menjadi uang, dengan menerapkan kelima tips tersebut.

Dengan memiliki ke 8 tips tersebut, di harapkan kita mampu menjadi pebisnis bertangan dingin, artinya bukan bukan bisnis nya yang bagus tetapi bagaimana cara Anda mengelola bisnis tersebut.

Ke 8 tips tersebut bisa Anda terapkan di berbagai bidang bisnis, seperti misal nya, bisnis Online, dan juga bisnis offline atau konvensional.
Inilah ke 8 faktor tersebut :1:    Kekuatan Karakter

Banyak pebisnis pemula atau mereka yang baru mencoba menjalankan bisnis mengabaikan ini. Kebanyakan mereka bertanya berkaitan bisnis apa yang menguntungkan atau cocok, atau bagaimana menjalankan bisnis, dan berbagai masalah teknis termasuk bagaimana mencari modal.

Padahal, seperti ditekankan bahwa kekuatan karakter atau mental adalah fondasi bisnis. Sukses tidaknya sebuah bisnis, ditentukan oleh orangnya, apakah dia memiliki karakter yang kuat atau tidak (cengeng).

Ciri atau Tipe orang yang perfeksionis yang mengharapkan semua kegiatan jalan mulus dan tidak mau menghadapi kegagalan, kesulitan, kelemahan, dan kesalahan adalah salah satu ciri orang yang karakternya lemah. Dia cepat menyerah jika tidak sesuai yang dia harapkan.

Ciri orang yang memiliki kekuatan karakter adalah jika gagal mereka bangkit, jika salah mereka memperbaiki nya, jika punya kelemahan dia cari solusi nya, dan yang penting adalah terus melangkah, tidak mudah menyerah, tidak suka mengeluh, tidak cengeng. Terus berpacu dengan waktu melihat ke depan menatap visi nya.

Karena sebenar nya tidak ada kegagalan di dunia ini, yang ada adalah jika Anda berhenti menjalani nya. Dan temukan solusi dari setiap kegagalan tersebut. Karena kegagalan adalah pintu gerbang menuju sukses, karena di setiap kegagalan Anda dapat menemukan cara untuk mengatasi kegagalan tersebut. Jadi Inti nya gagal itu adalah ilmu.

Jadi Tips nya adalah miliki karakter positif dalam menjalankan bisnis atau usaha tersebut.

2:   FOKUS

Salah satu hambatan terbesar dalam menjalankan bisnis adalah FOKUS. Apa itu FOKUS ?

FOKUS artinya menjalankan satu bidang usaha atau bisnis tertentu. Jadi fokus lah di satu bidang usaha, jangan mudah tergiur dengan usaha yang di jalankan oleh orang lain, karena orang lain untung nya besar, atau bisnis orang terlihat enak dan santai menjalankan nya.

Istilahnya rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Padahal, bukan bisnis apa yang paling penting, tetapi siapa yang menjalankannya. Apakah yang memiliki karakter kuat atau tidak?

Kekuatan karakter sangat berkaitan dengan fokus. Hal ini berkaitan saat seorang pebisnis menemui kesulitan, apakah dia akan fokus pada bisnis itu atau cepat menyerah mencari bisnis yang “mudah”. Apakah di bisnis baru dia akan bertahan dan fokus? Belum tentu. Malah, kembali ke nol lagi.

Tanpa fokus, hampir pasti mustahil untuk berhasil dalam hal apa pun. Jadi, Anda harus memiliki kekuatan tekad untuk fokus pada satu bidang bisnis dahulu.

Lalu Bagaimana Denagan Robert Kiyosaki dan Donald J. Trump punya bisnis banyak! Tapi Bisa sukses.

Fokus yang di maksud adalah bukan nya tidak boleh memiliki bisnis banyak, akan tetapi jika di awal – awal buka bisnis fokuslah dahulu pada satu bidang, hingga benar – benar berhasil dan mempunyai pondasi yang kuat hingga sistem nya sudah terbangun dengan baik. Setelah itu Anda boleh melirik usaha yang lain nya dengan menerapkan pengalaman Anda dengan bisnis pertama.

3:   Brand [ Merk ]

Brand adalah Identitas suatu barang yang akan kita jual ke konsumen dan sangat penting karena Brand ini bisa memberikan efek positif pada suatu bisnis atau produk Anda. Jika kita lihat contoh di televisi – televisi orang begitu banyak memperkenalkan produk dengan brand [ merk ]

Ada istilah ” tak kenal maka tak sayang ” Jadi bagaimana orang bisa tahu suatu usaha yang kita jalankan jika tidak memiliki brand. Bahkan orang rela membayar iklan jutaan hingga puluhan juta untuk sekedar promosi brand atau memperkenalkan suatu merk.

Ini kita alami sendiri, kalau kita pergi ke toko mau beli produk elektronik misal nya, kira – kira yang di ingat adalah Merk nya dahulu. Merk apa yang kualitas nya bagus, sehingga dengan mudah kita membeli produk tersebut.

Baik Robert Kiyosaki maupun Donald J. Trump, keduanya pernah bangkrut, tetapi mereka bisa bangkit lagi, salah satunya karena kekuatan merk mereka. Siapa yang tidak kenal merk Trump di USA? Orang sudah percaya dengan kualitas dan kemampuannya, maka dengan mudah membangun bisnis lagi.

Persaingan semakin ketat, pilihan produk akan semakin banyak. Jika Anda tidak memiliki merk yang kuat, Anda bisa kalah dalam persaingan yang lebih luas.

Seorang konsultan pemasaran mengatakan ” jika kita memang membutuhkan uang tunai dengan cepat, tidak apa-apa fokus menjual. Tapi, manfaatkan aktivitas menjual sambil membangun merk. Selalu cantumkan merk Anda dalam alat promosi jualan Anda ” Selalu!

4:   Hubungan atau Relasi

Membangun relasi atau hubungan dengan orang lain sangat menentukan bagi siapa saja yang akan menjadi seorang pebisnis. Biar bagaimana pun kita hidup di dunia ini sudah pasti membutuhkan orang lain, baik itu dalam lingkungan keluarga, lingkungan bisnis, lingkungan pemerintahan dan lain sebagai nya.

Cara membangun relasi atau hubungan, Anda bisa pelajari atau baca buku yang berjudul “ How To Win Friends And Influence People ” Karangan Dale Carnegie. Bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain.

Buku tersebut berisikan prinsip – prinsip dasar dalam menjalin hubungan dan membangun hubungan dengan orang lain, yang saya rasa sangat bagus diterapkan dalam berbisnis.

Jadi intinya kita harus mampu menjalin dan membangun relasi untuk kemajuan bisnis Anda. Dan untuk menjalin baik relasi tersebut Anda harus mempunyai jiwa ramah, sabar, pemberi, tidak pendendam, dan lain sebagai nya. Karena bagaimana orang lain suka jika anda mempunyai sifat – sifat yang tadi.

Ibarat kata relasi ini adalah referensi atau chanel usaha Anda, baik sebagai konsumen atau sebagai relasi bisnis Anda.

5:   Berbagi

Apa Yang Bisa Kita Bagi Untuk Orang Lain ?

Berbagi adalah memberikan sesuatu kepada orang lain yang mempunyai nilai manfaat. Berbagi bisa di lakukan dengan memberikan materi, membagi ilmu, berbagi informasi, dan lain sebagai nya. Bukan kah Agama kita mengajarkan kepada kita, bahwa dengan berbagi kita akan menjadi kaya dan berkah, dan akan di ganti oleh Allah dengan rezeki yang berlipat ganda. Nah rezeki yang di maksud di sini bukan hanya materi saja, rezeki ini mempunyai pengertian yang sangat luas, bisa berupa sehat itu adalah rezeki, karena dengan sehat kita bisa bekerja dan berusaha.

Sebagai contoh bukti nyata yang sukses dengan berbagi adalah sebuah perusahaan besar seperti google, yahoo, facebook, twitter, dan lain sebagai nya. Apa yang mereka bagi ? Adalah sarana untuk saling berkomunikasi lewat facebook secara gratis, google memberikan fasilitas pencarian dengan garatis, yahoo memberikan sarana untuk email atau surat elektronik, yang ke semua itu bisa memberikan manfaat untuk orang banyak. Nah selanjut nya dari mana mereka mendapatkan uang nya ? yaitu dari iklan berbayar seperti facebook ads, google ads dan lain sebagai nya.

Nah jika Anda tidak bisa seperti mereka dan kebetulan Anda hanya punya ilmu matematika, anda bisa berbagi kepada anak – anak sekolah yang membutuhkan bimbingan matematika tersebut secara gratis. Lalu bagaimana cara nya menghasilkan uang nya dari memberikan ilmu matematika tersebut, nah Anda bisa buka jajanan anak sekolah di rumah, apabila ada orang atau anak sekolah yang belajar matematika kepada Anda , maka mereka akan melihat  di rumah anda ada jajanan, maka disitu lah peluang nya. Ini sebagai contoh saja..

6:   Inovatif

Berinovasi wajib Anda lakukan supaya memiliki keunggulan dari produk lain, karena orang zaman sekarang orang akan cepat bosan dengan produk yang lama. Inovasi bisa Anda lakukan dari segi harga, kemasan, serta  cara – memasarkannya.

Sementara banyak orang yang mengabaikan hal ini. Mereka menganggap remeh hal ini. Mereka beranggapan yang penting punya produk dan terus menjualnya dengan gencar.

Untuk bisa tahu bahwa suatu produk memiliki keunggulan adalah , cobalah Anda jadi konsumen, misal nya Anda mau beli barang elektronik di toko. Jika Anda membeli barang elektronik ke suatu toko, kenapa Anda tidak ke toko sebelah nya. Nah di situ Anda akan menemukan keunggulan toko yang Anda kunjungi tersebut, baik dari pelayanan nya yang ramah, harga nya yang agak murah di bandingkan dengan toko sebelah, barang nya yang banyak pilihan atau komplit dan lain sebagai nya.

Jika Anda sudah menemukan alasan tersebut, coba anda terapkan dalam bisnis Anda, jika tidak maka Anda akan kehilangan pelanggan. Jangan abaikan hal ini !

7:   Ilmu atau Teori

Di dalam agama disebutkan adalah  ”Jika kita ingin beramal maka harus memiliki ilmu nya dahulu ” Amal itu setelah ada ilmunya. Boleh langsung bertindak tetapi harus sambil mengetahui ilmunya. Artinya, tindakan dan ilmu harus ada keduanya, jangan salah satu saja.Ada kutipan menarik dari Robert T. Kiyosaki, “Memiliki pengetahuan itu mungkin terkesan seperti hal remeh bagi kebanyakan orang. Kendati demikian, memiliki kekuatan ini adalah hal besar bagi saya.”

Cara Untuk memiliki Ilmu banyak sekali, seperti misal nya, dari buku, televisi, kursus, sekolah, bimbingan belajar, pelatihan – pelatihan, dan lain sebagai nya. Bahkan banyak Kursus – kursus di bidang bisnis yang bisa Anda ikuti, atau juga bisa dari pengalaman kerja.

8:   Memperhatikan Hal Detail

hal apa saja yang harus mendapatkan perhatian, jangan sampai hal yang kecil ini menjadi cikal bakal nya kebangkrutan usaha Anda.

Memperhatikan hal detail tidak ada hubungan dengan berpikir besar. Bagaimana pikiran besar Anda, visi besar, tujuan yang hebat, tentu akan memunculkan hal-hal detail yang harus diperhatikan.

Hal – Hal Detail itu diantara nya adalah Pelayanan, harga, cepat tanggap, dan mudah.

Pelayanan yang ramah, konsumen akan betah belanja di toko Anda.

Harga yang murah, konsumen akan datang lagi ke toko Anda.

Cepat, Pelayanan yang cepat dan serius pengunjung akan merasa di layani dengan baik,

Mudah, memudahkan konsumen dalam berbelanja apalagi dengan adanya layanan antar sampai rumah ini akan memiliki nilai lebih dari Anda.

Ada pepatah mengatakan ” Pembeli Adalah Raja ” Jadi layani lah raja Anda, dan jangan bikin kecewa.

Anda pemilik bisnis retail? Pernahkah Anda memperhatikan wajah para pelayan Anda, apakah mereka selalu senyum? Starbuck menjadi kedai kopi ternama gara-gara pelayannya diwajibkan untuk selalu tersenyum. Senyum, hal kecil yang perlu Anda perhatikan.

Itulah artikel saya tentang 8 Tips Sukses Bisnis Ala Robert Kiyosaki Dan Donal J. Trump.semoga bisa bermanfaat Untuk Anda semua. Dan terima kasih atas kunjungan nya dan salam sukses selalu….

Baca Artikel Lain nya : 7 Cara Sukses Bisnis Ala Islam Yang Wajib Anda Ketahui

9 Mental Yang Harus Di Miliki Seorang Pengusaha Sukses

Wassalam…

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *