8 TRIK MENULIS ARTIKEL BLOG SUPAYA DI SUKAI PENGUNJUNG

tipsMenulis artikel adalah pekerjaan seorang blogger, supaya blog atau website nya banyak artikel yang berguna bagi pengunjung. Sebenat nya banyak sekali tife artikel yang bisa di tulis oleh seorang bloger, seperti misal nya artikel saya mengenai bloging, artikel kesehatan, artikel informasi bisnis, artikel informasi temapat wisata, sejarah, buku, dan lain sebagai nya. Dan pekerjaan menulis artikel ini sangatlah menguras tenaga, sehingga konten yang di tuliskan terkadan asal – asalan, sehingga tidak bermanfaat bagi pengunjung blog, dan akibat nya banyak pengunjung yang malas untuk berkunjung kembali. Nah di sini saya akan coba memberikan 8 trik untuk menulis artikel supaya di sukai pengunjung blog.

Dan berikut 8 trik menulis artikel tersebut, adalah :

1.     Berikan artikel yang ber manfaat

Dengan artikel yang bermanfaat dan informatif, bukan tidak mungkin pengunjung kita akan betah bahkan akan kembali lagi ke blog kita, karena apa yang mereka butuhkan sudah ada di blog kita, misal nya artikel tentang ” cara membersihkan mobil mewah ” Nah di situ kita cari informasi tentang cara tersebut lalu tuangkan ke dalam tulisan di blog kita. Dan cara untuk mencari tahu informasi tersebut, adalah :

1.      Datang ke tempat pencucian mobil dan tanyakan tentang ” cara membersihkan mobil mewah tersebut

2.     Cari di internet

google1

Untuk mencari sumber artikel di internet sangat lah mudah, yaitu di pencarian google dengan cara mengetikan kata kunci tesebut, di kotak pencarian, lihat tanda panah warna kuning, misalanya ” cara membersihkan mobil mewah’ dan setelah mengetikan tesebut maka akan muncul gambar seperti di bawah ini

google2nah lihat tanda berwarna kuning itu semua adalah artikel tentang cara membersihkan mobil tersebut, dan bisa pilih mana yang sobat sukai. Baca artikel tersebut sampai selesai, sampai memahami semua materi artikel tersebut, lalu tuangkan ke dalam artikel Sobat. Tapi ingat jangan sesekali men copy paste artikel orang lain tersebut, melainkan merubah gaya bahasa sesuai dengan gaya bahasa sobat, tentunya pasti berbeda gaya bahasa masing – masing orang.

2.     Gaya bahasa yang mudah di pahami

Gaya bahasa yang mudah di pahami pengunjung, akan menyebabkan pengunjung betah berlama – lama membaca artikel blog sobat. Gaya bahasa yang mudah di pahami adalah gaya bahasa yang tidak banyak mengandung kata – kata asing, misalnya untuk menulis ” penghasilan ” maka di tulis ” income “. Dengan menyesuaikan gaya bahasa tersebut, maka bisa menjangkau semua lapisan masyarakat tesebut.

3.     Berikan Gambar

Untuk memberikan gambar pada artikel sangat mudah sekali, lihat cara nya di artikel saya : cara menambah gambar di artikel blog / web wordpress’.

Tujuan nya supaya menarik pengunjung bisa berlama – lama, jadi artikel kita tidak kelihatan monoton dan membosankan.

4.     Tambah Video

Tambahkan video ke artikel yang kita buat, supaya artikel kita kelihatan nya sangat berfariasi, supaya pengunjung bisa terkesan dengan video yang kita tuang kan, apalagi video yang sangat bermanfaat dan di butuhkan oleh pengunjug, misal nya video tutorial, video tips dan trik ber bisnis, video pelajaran sekolah, video lucu juga bisa, dan lain sebagai nya yang penting berhubungan dengan tema artikel yang kita buat. Jangan berbeda, misal nya artikel nya tentang bloging dan video nya yang lucu, maka itu saya kira nggak nyambung, dan pengunjung pun akan menjadi tidak betah melihat blog kita.

5.      Sapa pembaca

Menyapa pembaca sangat lah penting, itu artinya menandakan ke akraban antara pengunjung dengan yang punya blog. Sapaan bisa berupa kata – kata ” Sobat, Agan, Mas, Akang, dan sebagai nya. itu akan membangkitkan perasaan si pengunjung merasa ada yang mengakui dari yang punya blog tersebut. Dan di harapkan pengunjung akan kembali datang mengunjungi nya.

6.     Berikan  motivasi dan inspirasi

Dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat baik untuk keperluan bisnis maupun untuk tentang memberikan semangat dan inspirasi juga sangat di anjurkan di dalam artikel, supaya bisa bermanfaat bagi pengunjung, yang mungkin selama ini, kurang gairah dengan kehidupan nya, sehingga misal nya kita bisa memberi nya suatu perkataan yang bisa membangkitkan gairah  orang tersebut. Misal nya selama ini ada orang yang kurang bersemangat dalam bisnis nya, kita bisa berikan tips nya, misalkan ” cara sukses berbisnis online yang bisa menghasilkan ratusan juta rupiah” atau ” cara mendulang uang di Internet “, dan lain sebagai nya. Berikan tips nya di dalam artikel tersebut dengan mengatakan ‘ tidak ada bisnis yang sukses secara instan, tetapi bagi yang hari ini mengalami kegagalan dalam berbisnis, maka saya katakan’ Selamat karena Anda akan menemukan cara untuk mengatasi kegagalan tersebut’. Nah di harapkan dengan kata – kata tersebut pengunjung yang tadi nya merasa gagal, sehingga bangkit kembali hasrat nya untuk kembali ke dunia bisnis.

Atau dengan kata kata bijak, bahwa sesuatu yang di perjuangkan dengan sungguh – sungguh akan menghasilkan apa yang di inginkan.

7.      Berikan yang gratis

Memberikan sesuatu kepada orang lain dan jangan pernah berpikir, bahwa yang kita berikan akan habis, itu tidak akan terjadi pada Sobat. lalu apa  yang bisa kita berikan kepada orang lain, misal nya software garti, e-book gratis, themes gratis, video tutorial gratis, lagu gartis. Itu akan memberikan efek yang sangat luar biasa menurut saya.

Coba tengok saja yang telah memberikan fasilitas gratis seperti, facebook, twitter, google, yahoo, dan lain sebagai nya, dan lihat berapa penghasilan mereka dari perusahaan tersebut, milyaran bukan ?. nah begitu juga blog yang kita kelola dan kebetulan kita bisa membuat e-book, maka tidak ada salah nya kita berikan kepada orang lain, toh yang nama nya ilmu itu tidak akan habis kalau kita bagikan , tetapi justeru akan semakin berkembang seperti buah yang ada di pohon.

Nah saya kebetulan tidak punya hal yang seperti di atas tadi, tetapi ada sedikit ilmu yang di tuangkan ke dalam blog ini, seperti cara membuat blog, cara membuat akun facebook, dan lain – lain.

8.     Jangan ada kata – kata yang tidak pantas

Kata – kata di artikel adalah cerminan karakter dari si penulis, jadi hati hati dengan penulisan kata artikel tersebut, sehingga pengunjung bukan nya betah, tetapi malah sebalik nya pengunjung akan lari, apabla menemukan kata – kata yang tidak pantas, seperti kata – kata jorok, kata – kata menghuna, kata – kata profokatif, kata – kata kasar, dan lain sebagai nya.

Nah itulah mungkin tips dan trik dari saya, mudah – mudahan ada manfaat nya untuk sobat bloger sekalian, salam sukses dan sampai jumpa lagi. Terima kasih atas segala perhatian nya. Wassalam….

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *