9 Mental Yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha Sukses

Mental Pengusaha Sukses
Mental Pengusaha Sukses

9 Mental Yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha Sukses

1.   Siap Keluar Modal

Bisnis adalah suatu bentuk kegiatan ekonomi atau niaga yang di lakukan orang baik secara berkelompok maupun perorangan, untuk mendapatkan keuntungan sebagai akibat atau efek dari kegiatan tersebut. Di dalam bisnis modal adalah sebagai sarana untuk menjalankan kegiatan tersebut. Hingga ada pepatah kuno mengatakan bahwa ” Modal adalah sebagai bentuk pengorbanan seseorang menuju kesuksesan ” Dan ” Pengorbanan Yang Besar akan menghasilkan sebuah karya yang besar pula ”

Melihat atau menyimak pepatah tadi di atas, saya bisa menafsirkan begini, bahwa ‘ orang yang mengeluarkan modal yang besar tentu akan mendapatkan hasil atau income yang besar pula. Memang hal itu bisa juga benar walaupun tidak sepenuh nya benar, karena tentu banyak faktor yang lain yang juga ikut berperan dalam menentukan segala sesuatu itu sukses. Akan tetapi kalau kita ambil contoh sebuah usaha yang level nya tinggi, misal nya sebagai Produsen sebuah produk jika kita bandingkan dengan Distribuor, mana yang akan mendapatkan untung yang lebih banyak. Jawaban nya tentu adalah Produsen, jika di bandingkan dengan Distributor.

Dan menurut saya seorang produsen sudah pasti memerlukan modal yang sangat besar di bandingkan dengan seorang Distributor. Produsen harus mengeluarkan biaya, mulai dari biaya beli tempat, biaya produksi, biaya investasi, biaya tenaga kerja dan masih banyak biaya lain nya. Sedangkan seorang produsen hanya memerlukan biaya yang relatif kecil, misal nya biaya transportasi, biaya marketing, biaya sewa tempat, dan tidak memerlukan biaya investasi yang besar.

Nah bagi Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses, jangan lah ragu untuk mengeluarkan modal untuk kelancaran bisnis nya, asalkan usaha tersebut sudah Anda analisa secara terukur. Untuk meng analisa sebuah usaha yang akan di jalankan adalah dengan cara, apakah usaha tersebut sesuai dengan passion Anda, apakah usaha itu punya prospek yang bagus, apa resiko nya atau kendala nya, dan lain sebagai nya. Sehingga modal yang di keluarkan tidak sia – sia.

2.   Siap Gagal

Sejak lahir kita sudah di hadapkan kepada dua realita yang saling bertolak belakang, tetapi mempunyai peran sebagai sebuah proses yang mempunyai saling ketergantungan antara satu realita dengan realita yang berbeda tadi. Sehingga mempunyai saling membutuhkan antara satu dengan satu hal yang lain nya. Misal nya apa ? Ada Langit pasti ada bumi, ada laki – laki pasti ada perempuan, ada gagal pasti ada sukses, ada air pasti ada api. Bisa di bayangkan jika salah satu hal tadi tidak ada, apakah proses kehidupan ini akan berjalan ? Tentu tidak bukan ? Nah begitu di dalam menjalankan sebuah kegiatan apa pun itu nama nya, apa itu bisnis, berkeluarga, berjalan, bepergian, dan lain sebagai nya. Pasti ada yang namanya resiko, dalam bisnis resiko nya adalah bangkrut, alias gagal.

Namun di dalam kegagalan tersebut ada sebuah pesan moral atau hikmah yang bisa di ambil pelajaran, untuk tahu faktor – faktor yang membuat bisnis itu gagal. bahkan ada seorang pengusaha sukses yang mengatakan ” Selamat Anda gagal ” Lho kok gagal di katakan selamat, karena menurut pengusaha tadi ” Gagal adalah pintu gerbang kesuksesan, kecuali berhenti bisnis ”

Kalau kita telaah benar juga yah, karena dari kegagalan itu kita jadi tahu tentang cara untuk memperbaiki kesalahan – kesalahan apa yang sudah di lakukan atau yang kurang untuk di lakukan. Sebagai contoh : Jika kita mempunyai sebuah sepeda motor, lalu motor itu rusak, lalu kita servis ke bengkel atau kita yang utak atik itu sepeda motor, nah pelajaran apa yang bisa kita ambil dari contoh tadi. Jawaban nya adalah, kita akan tahu hal – hal yang menjadi penyebab rusak nya sepeda motor tadi. dan akan sedikit tahu tentang cara memperbaiki nya.

Jadi intinya seorang pengusaha harus siap dengan dan jangan takut dengan kata ” GAGAL ” itu. Asalkan jangan berhenti saja, jika berhenti dan berputus asa itu lain lagi ceri tanya.

3.   Pantang Menyerah

4.   Berinovasi

5.   Siap Bersaing

6.   Istiqomah / Konsisten

7.   Senang Berbagi

8.   Berpikir Posistif [ Positif Thinking ]

9.   Mempunyai Visi Yang Jelas

Baca Juga artikel lain nya :

Itulah artikel tentang 9 Mental Yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha Sukses ini, semoga bermanfaat, kurang nya saya mohon maaf karena saya pu belum menjadi pengusaha. Ide ini di dapat dari berbagai pelatihan dan juga sedikit pengalaman yang telah saya rasakan.
Terima kasih atas kunjungan nya dan salam sukses selalu untuk semua nya. Amin….
SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *