Analisa Modal Dan Keuntungan Menjalankan Usaha Katering

Usaha Katering

Bisnis katering ini selalu banyak konsumen nya, karena yang nama nya manusia pasti membutuhkan yang nama nya makan. Dan usaha katering ini sangat mudah menjalankan nya, apalagi bagi Anda yang hobi nya masak atau punya ke ahlian tentang masak. Usaha catering ini termasuk salah satu peluang usaha rumahan dan peluang usaha yang bisa di jalankan oleh karyawan dan Mahasisiwa.

Peluang Usaha Katering Rumahan
Peluang Usaha Katering Rumahan

Nah sasaran untuk memasarkan usaha katering ini adalah, karyawan, pegawai negeri, pekerja kantoran, orang hajatan, atau event – event tertentu seperti reuni, temu klien dan lain sebagai nya. Selain itu acara ulang tahun, seminar, wisuda, workshop dan lain sebagai nya.

Namun bisnis katering ini setidak nya harus punya yang nama nya pegawai atau karyawan,jika ingin menambah kuantitas dan kualitas usaha katering ini. Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam menjalankan usaha Catering ini adalah, dengan menyediakan tempat, kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil untuk keperluan pengantaran Catering ini. dan yang lebih utama adalah dengan mencari pelanggan atau konsumen. serta menyediakan peralatan masak yang komplit.

Sasaran Konsumen

Seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa sasaran konsumen usaha Catering ini, banyak sekali, seperti karyawan, pegawai kantoran, pegawai negeri, mahasiswa dan lain sebagai nya. Selain itu yang akan mengadakan pesta perkawinan, acara ulang tahun, reuni, wisuda, dan lain sebagai nya. Jadi konsumen ini tidak terlalu sulit yang penting cara mencari fartner nya saja untuk keperluan pemasaran.

Dengan berfartner atau bermitra, kita akan mudah mendelegasikan usaha yang kita jalankan ini, asalkan kita bisa memegang komitmen yang jelas dan menjaga kualitas catering tersebut.

Bagaimana Cara Memulai nya ?

Hal pertama yang harus di lakukan adalah mencari pegawai / karyawan, dan hal ini adalah merupakan salah satu unsur sukses tidak nya bisnis yang akan di jalankan ke depan. Gunakan cara dengan menyseleksi nya, terutama untuk bagian masak tentu kita bisa mencari nya yang lulusan SMK jurusan tata boga. Kalau untuk bagian pengiriman tentu yang sudah mahir membawa kendaraan yang sudah punya Surat Izin Mengemudi [ SIM ].

Setelah kita mempunyai beberapa karyawan atau pegawai yang diiniginkan sesuai kriteria kita, langkah selanjutnya adalah membeli beberapa peralatan masak, seperti kompor, wajan, sendok garpu, besek atau pembungkus nasi yang terbuat dari stirofoam, dan lain lain. Sekarang bisnis ini bisa dimulai, dengan mencoba memasak jangan terlalu banyak, karena konsumen nya belum begitu banyak, Nanti kalau konsummen sudah banyak maka, kuantitas masakan harus di tambah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau konsumen.

Setelah semua nya siap, langkah selanjut nya adalah mencari konsumen. Saran saya untuk pertama kali mencari konsumen kita dari lingkungan terdekat dahulu. bawalah sampel Catering yang akan kita jual, dan suruh mereka menyantap ya secara gratis, nanti kalau memang masakan nya enak, dan harga nya bersaing maka, bukan tidak mungkin akan menjadi pelanggan kita.

Langkah selanjut nya dalam hal berpromosi bisa di lakukan dengan menyebar brosur dan kartu nama, ke karyawan misal nya, ke pegawai kantoran ke mahasisiwa.

Saran saya cari lah fartner bisnis untuk di ajak kerjasama bisnis dengan pembagian fee yang lumayan. Saya rasa pasti mereka mau. Apalagi di kantor ya banyak rekan nya yang mungkin membutuhkan untuk santap siang ini. Dan memang catering ini kalau untuk kalangan pegawai atau karyawan pasti hanya untuk makan siang saja, kalau sore hari mereka mungkin bisa makan di rumah saja.

Hambatan Bisnis Catering

Peluang Usaha Katering Rumahan
Peluang Usaha Katering Rumahan

Hambatan jenis usaha ini adalah banyak nya bisnis serupa, sehingga persaingan nya pun cukup berat. Dan kita yang baru mulai harus bisa dan jeli untuk bisa bersaing dengan yang sudah lama terjun di usaha Catering ini. Untuk bisa bersaing dengan usaha yang sudah lama adalah Anda bisa membuat masakan yang enak dan variatif dan unik, sehingga bisa bersaing dengan usaha yang sudah jalan.

Diharapkan dengan maskan yang variatif tadi, konsumen merasa ada sesuatu yang beda dari yang lain. Atau anda bisa berikan diskon khusus gratis 1 x jika konsumen sudah menjadi pelanggan selama sebulan, kan asyik tuh…

Kunci Sukses Bisnis Catering

Apabila makanan kita enak dan murah, tentu kita bisa bersaing dengan yang sudah lama, dan cukup enjoy dalam menjalankan bisnis ini. Juga kebersihan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan di bisnis ini, baik kebersihan peralatan maupun kebersihan lain nya.

lakukan promosi dari berbagai media baik media elektronik, cetak maupun media internet dan media sosial, yang sudah tentu media internet dan sosial media ini, sudah tak di ragukan lagi ke efektifan nya untuk keperlyuan promosi usaha atau jual produk. Karena dengan promosi melalui internet dan media sosial ini, kita bisa menjangkau pasaran yang jauh sekali pun.

Peluang Usaha Katering Rumahan
Peluang Usaha Katering Rumahan

Dengan media Internet Anda bisa bikin blog atau website, baik yang gratisan maupun blog berbayar. Misalnya nama blognya www.cateringmurah.com.

Dengan Media sosial, kita bisa memanfaatkan media sosial tersebut, seperti misal nya facebook, twitter, intstagram, dan lain lain.

Artikel terkait : Cara Membuat Blog Gratisan Di Blogspot Dengan Mudah

                             Cara Efektif Promosi Dengan Media Internet Dengan Mudah

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Catering

1.  INVESTASI AWAL

Pembelian peralatan masak [ piring, sendok, garpu, dll ]                                Rp. 5.000.000,-

2.  BIAYA OPERASIONAL

Gaji karyawan 4 orang x 2.500.000,-                                                                    Rp. 10.000.000,-

Bahan baku, transfortasi, listrik, gas dll                                                                Rp 10.000.000,-

TOTAL                                                                                                                          =============

Rp. 25.000.000,-

3. OMZET PER BULAN DI PERKIRAKAN  

Jika dalam sehari bisa melayanni 100 porsi, maka 100 x Rp 5.000,- = Rp. 500.000,-

Jadi dalam sebulan laba nya adalah Rp 500.000,- x 24 hari = Rp. 12.000.000,-

Analisa BEP atau balik modal adalah 4 s/d 5 bulan.

Itulah ulasa mengenai Analisa Usaha katering ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin menjalankan usaha ini.

Terima kasih atas kunjungan nya dan salam sukses selalu….

Baca Artikel terkait :

Cara Mengembangkan Usaha Yang Sudah Ada

Peluang Usaha Yang Bisa Di Jalankan Oleh Mahasiswa Dan Karyawan

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *