Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Loundry Yang Patut Anda Ketahui

Usaha Loundry

Peluang Usaha Loundry
Peluang Usaha Loundry

Loundry adalah kegiatan yang di lakukan setiap hari, baik oleh ibu – ibu rumah tangga, anak – anak dan para wanita. Namun adakala nya kita malas untung melakukan nya, padahal ini merupakan salah satu kewajiban yang harus di penuhi. jika terjadi hal yang demikian maka solusi untuk bisa mencuci pakaian adalah memakai jasa Loundry [ jasa cuci ].

Potensi Peluang usaha loundry ini cukup potensial, apalagi bila di jalankan di kota – kota besar, seperti kota Jakarta yang tingkat pendatang nya banyak, usaha ini punya potensi yang bagus dan memang sangat di butuhkan, apalagi jika di lingkungan sekitar, banyak mahasiswa, atau karyawan, yang tidak begitu banyak waktu di rumah, sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian nya.

Usaha ini juga termasuk salah satu usaha yang tidak begitu rumit. karena bisa di kerjakan di ruangan yang tidak luas dan sambil mengerjakan pekerjaan lain.

Di sinilah letak peluang nya, dan apabila anda memutuskan untuk menjalankan usaha yang satu ini, sebaik nya anda mengetahui analisa modal dan keuntungan usaha Loundry ini, supaya bisa berjalan dengan baik.

Bagaimana cara memulai usaha loundry ?

Langkah pertama untuk memulai usaha loundry ini, adalah dengan cara menyediakan tempat yang lumayan besar, kira – kira 4 x 4 m. setelah itu mulailah dengan promosi baik secara konvensional maupun secara online di berbagai media sosial. Promosi juga bisa di lakukan dengan cara menyebarkan brosur dan pamplet.

Anda bisa menjalankan usaha di rumah anda sendiri, atau bisa menyewa temat untuk usaha ini. Apabila di rumah, bisa memakai ruangan kosong yang tidak terpakai.

Selain berpromosi dengan cara di atas juga anda bisa berpromosi dengan memaki jasa teman anda dan juga konsumen yang pernah memakai jasa kita. cara nya adalah minta tolong atau adakan kerja sama dengan teman anda untuk mempromosikan usaha kita, kepada teman nya yang lain, dan apabila terjadi pembelian atas reperensi teman kita karena teman kita akan mendapatkan imbalan sesuai yang di sepakati di awal.

Kunci Sukses usaha ini

Peluang Usaha Loundry
Peluang Usaha Loundry

Sama hal nya dengan usaha jasa lain nya usaha Loundry ini yang paling utama adalah dalam hal pelayanan, atau service yang baik dan memuaskan pelanggan. Karena jika pelanggan merasa puas dengan pelayanan anda maka, akan menjadi pelanggan tetap.

Selain cara di atas, kita juga bisa adakan diskon untuk jumlah di atas 10 kg misal nya, ini akan menjadi menarik konsumen.

Atau juga kita bisa bekerja sama dengan perusahaan, rumah sakit, dan kantor – kantor pemerintahan untuk menawarkan jasa Loundry yang kita kelola.

Selain itu juga anda bisa adakan pelayanan antar jemput, ini akan menjadi nilai lebih dari jasa kita yang akan mempunyai efek yang bagus di mata konsumen.

Peluang Usaha Loundry
Peluang Usaha Loundry

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Loundry

BIAYA INVESTASI

Beli 2 buah mesin Cuci                                                                         Rp. 10.000.000,-

Setrika listrik                                                                                        Rp. 200.000,-

Keranjang Dan Rak                                                                               Rp. 600.000,-

Hanger 1000 buah                                                                                 Rp. 900.000,-

============

TOTAL                           Rp. 11.700.000,-

BIAYA OPERASIONAL

Bayar karyawan 2 orang                                                                        Rp. 3.000.000,-

Deterjen, pewangi, dan plastik                                                               Rp. 600.000,-

Biaya Listrik                                                                                             Rp. 300.000,-

Air                                                                                                               Rp. 200.000,-

=============

TOTAL                            Rp. 4.100.000,-

PENDAPATAN PER BULAN

Perkiraan  35 kg per hari x Rp. 8000,- = Rp. 280.000,-

Maka per bulan Rp. 280.000,- x 30 hari = Rp. 8.400.000,-

Keuntunggan per bulan di kurangi biaya operasional [ Rp 8.400.000,- –  Rp 4.100.000,- = Rp. 4.300.000,- ]

Perkiraan balik Modal [ BEP ] adalah 4 bulan.

Itulah sekilas mengenai analisa modal dan keuntungan usaha Loundry ini, semoga bermanfaat dan peluang usaha Loundry ini bisa dijadikan pilihan bisnis anda untuk di jadikan usaha utama, atau usaha sampingan keluarga.

Terima kasih atas kunjungan nya dan salam sukses. Aminn…

Artikel lain nya : 8 Cara Menciptakan Peluang Bisnis Secara Mudah

Peluang Usaha terbaru Di Tahun 2016 Untuk Karyawan dan Mahasiswa

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *