ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA PERSEWAAN LAPANGAN OLAH RAGA

ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA PERSEWAAN LAPANGAN OLAH RAGA

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Persewaan Lapangan Olahraga
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Persewaan Lapangan Olahraga

Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh orang baik secara kelompok maupun perorangan untuk mendapatkan rasa bugar pada tubuh. Dimana pengertian lain nya adalah olah dan raga. Olah berati gerak dan raga adalah tubuh. Jadi Olahraga adalah menggerakan tubuh untuk mendapatkan rasa bugar pada tubuh.
Jika kita melihat dari hari kehari kegiatan ini, semakin banyak peminatnya seiring dengan semakin banyaknya orang menyadari bahwa kegiatan olahraga adalah ibaratkan suatu kebutuhan, dan tidak di barengi dengan pasilitas yang memadai maka mau tak mau, orang akan mencari tempat untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut.
Nah jika kita jeli melihat sebuah peluang usaha untuk menyediakan pasilitas olahraga, baik olahraga indoor [ dalam ruangan], maupun outdoor [ diluar ruangan] untuk memenuhi kebutuhan akan fasilitas tersebut, maka ini adalah saatnya untuk Anda. Apalagi jika kita punya tanah yang lumayan luas, yang tidak terpakai, maka ini bisa dijadikan sebuah fasilitas olahraga untuk disewakan kepada konsumen. Lapangan olah raga yang bisa kita sewakan adalah jenis olahraga, tenis, badminton, sepakbola, Futsal, sepak takraw, lapangan bola Voley, dan lain – lain.
Apabila kita punya tanah yang luas dan uang yang besar, maka kita bisa bangun lapangan olahraga yang komplit, tetapi jika keadaan uangnya minim atau modalnya kurang, maka kita bisa bangun lapangan olahraga 1 jenis saja. Apakah lapangan sepak bola, lapangan bola Voley, lapangan Futsal atau yang lainnya.
dalam menjalankan bisnis ini dalam pengelolaannya tidak terlalu rumit, bahkan pegawai yang di perlukan cukup dua atau tiga orang saja. Sehingga ini merupakan peluang usaha rumahan, peluang usaha yang bisa dijalankan oleh karyawan, peluang usaha tahun 2016, dan peluang usaha dengan modal minim.

Konsumen Usaha Persewaan Lapangan Olahraga
Saya kira kalau melihat konsumen olahraga ini, tidaklah sesulit yang di bayangkan. Misalnya jika kita buat lapangan Badminton, maka konsumennya adalah yang hoby main Badminton.
Biasanya orang yang hoby main Badminton ini, adalah mereka yang punya kegiatan sebagai pekerja, makanya tak heran jika di hari libur konsumen ini banyak yang antri, bahkan sampai malampun mereka masih ramai.
BAGAIMANA CARA MEMULAI USAHA PERSEWAAN LAPANGAN OLAHRAGA ?
Pertama yang harus tersedia adalah tanah yang luas dan tidak terpakai, ya jika kita mau membangun sebuah lapangan Badminton, maka kira – kira tanah berukuran 10m x 15m.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Persewaan Lapangan Olahraga
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Persewaan Lapangan Olahraga

Dengan ukuran sebesar itu sudah cukuplah untuk satu lapangan dan tempat Istirahat. Setelah memperhitungkan ukuran dan sebagainya, langkah selanjutnya adalah membangunnya dengan cara mengecor nya dengan Semen dan Pasir, jika ingin lebih kuat maka bisa di tambah besi beton sebagai penyangga.
Jika semuanya sudah beres, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikannya lapangan Badminton tersebut, dengan cara membuat pamplet dan juga menyebar Brosur – brosur ke masyarakat. Atau bisa juga dengan cara membuka persewaan ini dengan mengadakan turnamen Badminton. saya rasa dengan ini masyarakat akan datang ketempat kita.
HAMBATAN USAHA PERSEWAAN LAPANGAN OLAHRAGA
Tidak banyak hambatan dalam menjalankan usaha ini, kecuali perawatan lapangan dan penggemar Badminton yang terbatas. Tetapi itu bukan kendala yang besar, karena jumlah lapangan Badminton di tiap kota semakin sedikit.
KUNCI SUKSES USAHA PERSEWAAN LAPANGAN OLAHRAGA
Jika ingin sukses usaha persewaan lapangan olahraga ini adalah, kita harus memperhatikan hal – hal seperti harga sewa lapangan, keramahan kita, ketersediaan pasilitas, dan tempat yang nyaman. jika ke empat hal tersebut terpenuhi, seperti misalnya harga tidak terlalu mahal, ramah pada konsumen dengan menggunakan tehnik 3S, yaitu senyum sapa, dan santun.
Ketiga adalah ketersediaan fasilitas, lampu penerang lapangan, seperti ruang ganti, WC, Kamar mandi, dan lain sebagainya.
Dan yang ke empat adalah Tempat yang nyaman adalah idaman semua konsumen. Jika keempat hal tersebut terpenuhi, maka usaha yang kita jalankan berjalan dengan baik dan sukses. Apalagi usaha ini bisa di satukan dengan usaha lainya, seperti kios kopi, rokok, cemilan, minuman dingin dan lain sebagainya, tentu akan menambah sumber penghasilan kita.
ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN SERTA BEP USAHA PERSEWAAN LAPANGAN OLAHRAGA
INVESTASI AWAL
Membangun Lapangan                                          Rp.30.000.000,0
Peralatan Olahraga                                                 Rp.5.000.000,0
TOTAL                                                                       =============
Rp.35.000.000,0
BIAYA OPERASIONAL
Gaji Pegawai 1 orang                                              Rp.1.500.000,0
Seatle Kok                                                                 Rp.200.000,0
Biaya lain lain                                                          Rp.100.000,0
TOTAL                                                                      ============
Rp.1.800.000,0
ANALISA PENDAPATAN PERBULAN
Jika dalam sebulan dapat meraih Omzet Rp.6.000.000,-, maka labanya adalah sebesar 80% x Rp.6.000.000,0 = Rp.4.800.000,0
ANALISA BEP [BALIK MODAL]
Jika melihat laba perbulan sebesar Rp.4.800.000,0, maka BEP 10 bulan
itulah ulasan mengenai Analisa modal usaha dan keuntungan usaha persewaan lapangan Olahraga ini, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjadikan ini sebagai peluang usaha keluarga.
Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Aminnn

Artikel lainnya :

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Persewaan Kost

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Rental Mobil

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *