ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA PRODUKSI TAHU

ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA PRODUKSI TAHU

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Tahu
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Tahu

Tahu telah jadi masakan yang begitu familier banyak didapati di warung-warung sekelas warteg sampai restoran papan atas. Terkecuali sebagai menu masakan lauk pauk, tahu sudah di proses jadi beragam bermacam product makanan khas seperti ; tahu bakso, siomay, tahu goreng, tahu gejrot, gado-gado serta bermacam makanan ringan seperti keripik tahu dan sebagainya. Hal semacam ini memberikan kalau tahu mempunyai market share yang luas.

Tahu adalah product makanan memiliki bahan baku kedelai yang telah di kenal mulai sejak lama di Indonesia. Tidak sama dengan tempe yang disebut makanan asli Indonesia, tahu adalah product makanan asal China. Seperti product tempe, tahu banyak juga disukai oleh orang-orang Indonesia lantaran mempunyai cita rasa yang nikmat, bergizi tinggi serta harga nya juga terjangkau. Di Indonesia, tahu telah jadi makanan yang begitu familier dikonsumsi oleh masyaratkat kelas bawah ataupun kelas atas.

Tips Sukses Usaha Produksi tahu
Untuk tingkatkan ketahanan tahu, biasanya beberapa pengrajin tahu mencampurkan bahan pengawet. Tetapi, untuk mengawetkan tahu baiknya dikerjakan dengan beberapa bahan yang aman tak menyebabkan penyakit atau kematian pada customer. Pemakaian beberapa bahan beresiko seperti formalin mesti dijauhi. Tahu yang sudah di rendam dengan formalin teksturnya jadi kompak serta keras serta kandungan airnya lebih sedikit. Tahu yang mempunyai kwalitas baik yaitu mempunyai warna cerah serta bersih, tak keras, tak berbau, memakai pewarna alami seperti kunyit. Pengawetan tahu yang aman serta murah bisa dikerjakan dengan memakai bahan kalium sorbat. Tahu yang di rendam dalam larutan air mendidih yang digabung kalium sorbat 0, 3%, mempunyai usia taruh satu minggu dalam suhu kamar. Langkah lain yang biasanya dipakai oleh beberapa pengrajin tahu yaitu dengan merendam dalam larutan kunyit yang sudah disaring serta ditambahkan air jeruk nipis yang dipanaskan sampai mendidih. Langkah tersebut bisa mengawetkan tahu sepanjang 3 hari.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Tahu
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Tahu

Industri tahu biasanya adalah industri taraf rumahan dengan jumlah tenaga kerja sedikit lebih kurang 2-6 orang serta investasi yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Tehnologi sistem pada industri tahu simpel serta gampang dipelajari hingga industri tahu bisa digerakkan oleh siapapun. Industri tahu juga tak membutuhkan tempat produksi yang luas serta bisa digerakkan di ruang perkampungan ataupun perkotaan seandainya limbahnya bisa teratasi dengan baik serta tak mengganggu lingkungan. Industri tahu membuahkan limbah ampas tahu serta limbah cair tak beresiko, tetapi bila pengelolaannya tak baik dibuang demikian saja ke lingkungan bisa mengganggu kenyamanan lingkungan.

HAMBATAN USAHA PRODUKSI TAHU
Tahu adalah product makanan yang gampang rusak lantaran mempunyai kandungan air serta protein tinggi adalah media tumbuh yang mungkin untuk mikroorganisme pembusuk. Product tahu mempunyai usia taruh yang singkat 2-3 hari, hal semacam ini jadi aspek masalah untuk meraih pasar yang lebih luas. Biasanya beberapa pengrajin tahu berproduksi dalam taraf home industri dengan kemampuan produksi sesuai sama kekuatan pasarkan hasil produksinya.

BAGAIMANA CARA MEMULAI PRODUKSI TAHU
Sistem produksi tahu relatif gampang serta simpel dan tak memerlukan investasi yang tinggi. Pada umumnya sistem produksi tahu nyaris sama, cuma saja ada yang memakai bahan kimia untuk penggumpal serta ada yang alami. Prinsip basic pembuatan tahu yaitu ; sortasi, perendaman, penggilingan serta inginceran, perebusan, penyaringan, penggumpalan, pencetakan, pengirisan, pengemasan.
BAHAN

 Kayu pengaduk
 Cetakan Terbuat dari papan kayu
 Keranjang

 Ember besar
 Tampah (nyiru)
 Tungku perebusan dari semen yang dilapis stainless
 Mesin gilingan
 Kedelai 50 kg /hari
 Air
 Kain Saring

BAGAIMANA CARA MEMRODUKSINYA

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Tahu
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Tahu

Sesudah alat serta bahan disediakan, jadi sistem produksi bisa dikerjakan. Beberapa langkah sistem produksi tahu yaitu seperti berikut :
1. DISOTIR
Penyortiran kedelai dikerjakan untuk menyingkirkan kotoran-kotoran seperti batuan-batuan kecil, daun-daun atau batang tanaman yang terbawa pada kedelai, atau kedelai yang cacat, hingga cuma kedelai yang mempunyai kwalitas bagus saja yang dipakai untuk sistem pembuatan tahu.
2. DIRENDAM
Sesudah diperoleh kedelai disortasi, lalu di rendam dengan memakai air bersih sepanjang lebih kurang 8 jam. Ketika perendaman hindaran terserang oleh bahan kimia seperti sabun, air yang memiliki kandungan kaporit, terserang garam, atau minyak.
3. DICUCI
Sesudah di rendam, kedelai yang telah mengembang serta lunak lalu dicuci bersih dengan memakai air sumur, baiknya dicuci pada air yang mengalir supaya lendirnya terbawa hingga kedelai lebih bersih. Pencucian mempunyai tujuan untuk menyingkirkan lendir serta karakter asam. 4. Penggilingan.
Kedelai yang sudah dicuci lalu digiling dengan memakai mesin serta sembari ditambahkan air sedikit untuk sedikit sampai dihasilkan bubur kedelai yang berwarna putih. Bubur kedelai ini siap untuk di rebus. Dengan memakai ember, bubur kedelai itu dituangkan kedalam bak perebusan.
5. DIREBUS
Perebusan dikerjakan dengan memakai bak terbuat dari semen yang di dalamnya dilapis bahan stainless dengan diameter 1 m serta tinggi lebih kurang 1, 2 m. Bak perebusan memakai bahan bakar kayu, sekam, atau beberapa bekas gergajian. Pemakaikan bahan bakar itu lebih efesien serta lebih cepat dibanding dengan memakai gas. Perebusan dikerjakan sepanjang lebih kurang 1 jam, sepanjang perebusan kerjakan pengadukan terus-terusan.
6. DISARING
Sesudah mendidih, larutan bubur kedelai itu disaring dengan memakai kain kasa yang begitu halus, hasil endapannya ditampung dalam satu bak semen yang sisi dalamnya dilapis bahan stainless. Kerjakan pemerasan atau pengepresan hingga sari kedelai bisa terpisahkan dengan maksimal, lalu pisahkan ampasnya. Sari kedelai yang sudah tertampung lalu berikan air, larutkan 3 ml asam cuka untuk 1 liter sari kedelai, sedikit untuk sedikit sembari diaduk perlahan. Asam cuka kandungan 70 -90% berperan menolong dalam penggumpalan sari kedelai.
7. DICETAK
Sesudah sari kedelai alami ingindapan serta menggumpal, langkah setelah itu yaitu lakukan pencetakan. Pencetakan bisa dikerjakan dengan memakai cetakan yang terbuat dari kayu memiliki ukuran luasnya 40 x 40 cm2 tingginya lebih kurang 10 cm seperti pada gambar berikut ini, pada setiap segi cetakan di buat lubang untuk pengeluaran air. Sediakan papan cetakan kosong serta sisi atas dilapis kain halus serta tidak tebal. Lalu, sari kedelai dituangkan ke cetakan yang telah dilapis kain tidak tebal itu, susun cetakan 2-5 unit, lalu sisi atas nya ditutup dengan papan kayu, cetakan teratas diberi pemberat dengan memakai ember yang di isi air.
8. DIPOTONG – POTONG
Sesudah sari kedelai dipres lebih kurang 15 menit, hingga kandungan airnya rendah jadi dihasilkan tahu berbentuk lembaran sesuai sama ukuran cetakannya. Tahu yang masih tetap dalam lembaran itu pindahkan berbarengan papan cetakannya serta susun dengan rapi dalam ruangan pemotongan. Pemotongan mesti dikerjakan selekasnya, hingga tahu tak jadi lembek serta basi. Tahu yang masihlah lembaran, berwarna putih itu dipotong-potong dengan memakai pisau stainlees yang tajam.
9. DIKUKUS
Tahu yang sudah dipotong-potong lalu dikukus dengan memakai panci. Bila kita menginginkan tahu berwarna kuning, jadi bisa dikerjakan perebusan tahu yang telah dipotong-potong dengan memberikan bahan kunyit yang ditumbuk. Tahu itu bakal berwarna kuning serta mempunyai cita rasa khas lebih nikmat. Diluar itu, tahu potongan yang masihlah mentah itu dapat juga digoreng dengan ditambahkan bumbu, lalu di rendam di air.
10. DIKEMAS
Tahu yang sudah dikukus lebih kurang 15-20 menit lalu dikemas dengan memakai plastik yang ditambah air supaya tahu bisa bertahan lebih kurang 3-4 hari. Bila kita menginginkan pasarkan product tahu ke supermarket dengan segmen pasar menengah ke atas, jadi product kita mesti mempunyai penampilan yang menarik terkecuali cita rasa-rasanya enak.

ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA PRODUKSI TAHU DAN BEP PERBULAN

BIAYA INVESTASI

Beli kedelai 1300kg x Rp.6000,-                                         Rp.7.800.000,-

Beli Asam Cuka @Rp.12.500 x 20 liter                              Rp. 250.000,-

Bahan Bakar Kayu                                                                  Rp.350.000,-

Sarana Air                                                                                 Rp.100.000,-

Sarana Listrik                                                                           Rp.100.000,-

TOTAL                                                                                     ==========

Rp.8.600.000,-

BIAYA OPERASIONAL

Gaji Karyawan 3 orang @ Rp.1.000.000,-                         Rp.3.000.000,-

Sewa Tempat                                                                            Rp.2.000.000,-

Biaya Tak terduga                                                                    Rp.250.000,-

TOTAL                                                                                       ===========

Rp.5.250.000,-

PENDAPATAN PERBULAN

Jika perhari bisa menjual 3250 x Rp.5.000,- maka pendapatan atau omzetnya adalah Rp.16.250.000,-, maka labanya adalah 40% x Rp.16.250.000,- = Rp.6.500.000,-

PERKIRAAN BEP [ BALIK MODAL]

Jika melihat hasil yang di peroleh perbulan adalah Rp.6.500.000,- maka BEP adalah 4 bulan.

Itulah uraian mengenai analisa modal dan keuntngan usaha produksi tahu ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi wirausahawan bidang produksi tahu.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Aminnn…

Artikel lainnya :

Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Produksi Tempe

Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Produksi Keripik Singkong Aneka Rasa

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *