Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produsen Pakaian Anak

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Pakaian Anak

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Pakaian Anak
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Pakaian Anak

Memilih segmentasi pasaran yang tepat bisa menjadi cara yang jitu dalam merebut pasaran. Diantaranya adalah pasar anak – anak antara umur 1 s/d umur 15 tahun. Anak – anak seumuran ini bisa konsumtif dalam memilih pakaiannya, apalagi jika orang tua nya sianak tersebut juga sangat menyangi anak nya. Dan ingin anaknya tampil beda dan modis sesuai dengan trendy yang berkembang paling baru.
Untuk menjalankan bisnis ini kita diharuskan memiliki beberapa orang pegawai atau karyawan minimal 4 orang karyawan untuk di awal buka. Mereka bertugas menangani serta membuat pakaian jadi, misalnya 2 orang untuk bagian menjahit, 1 orang bagian finishing dan 1 orang bagian pengiriman dan gudang. Untuk bagian Adminstrasi bisa di lakukan oleh kita sendiri atau juga bisa oleh isteri kita, jika kita statusnya sebagai karyawan perusahaan.

Sasaran Konsumen
Seperti yang sudah di kemukakan diatas untuk masalah pangsa pasar pakaian anak ini adalah anak – anak yang berumur antara usia 1 hingga usia 15 tahun. Jika kita amati perkembangan penduduk yang pesat saat ini, bukan tidak mungkin bisnis atau usaha produksi pakaian anak ini, bisa diandalkan. Sehingga bisa menjadi pilhan bisnis utama dalam keluarga. Dan potensi kedepan nya sangat bagus.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Produksi Pakaian Anak Ini ?
Yang pertama yang harus di siapkan oleh kita adalah tempat, maka carilah tempat yang cukup berukuran 4 x 4 m saja sudah bisa menjalankan bisnis ini. Adapun tempat akan lebih bagus punya kita sendiri, ini untuk menghemat biaya yang di keluarkan.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Pakaian Anak
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Pakaian Anak

Tetapi jika kita tidak mempunyai tempat sendiri, maka terpaksa sewa punya orang lain. untuk tempat usaha produksi pakaian ini, tidak perlu strategis, tidak seperti toko, atau warung, karena unuk pemasarannya bisa di lakukan dengan cara menggunakan seorang marketing, baik marketing offline maupun marketing online [ Internet Marketing ].
Setelah tempat tersedia, maka selanjutnya adalah mencari karyawan, dengan cara menseleksi nya agar bisa menjaga kualitas jahitan nya bagus. Setelah itu kita tinggal membeli bahan jahitan atau kain agar bisa segera bisa di mulai usaha ini. Sebagai gambaran, berikut adalah contoh harga yang di berikan oleh produsen anak lain. Untuk pakaian anak berbahan katun harganya adalah berkisar 250 ribu – 300 ribu per lusin, segmen nya adalah anak yang berumur 1 hingga 5 tahun. Dan untuk anak yang berumur 5 tahun ke atas kisaran harganya adalah berkisar antara 300 ribu – 350 ribu per lusin.
Selanjutnya akan naik 20 ribu untuk tingkatan umur di atasnya.

Artikel Lainya : 14 Tempat Strategis Untuk Usaha Yang Patut Anda Coba

Hambatan Usaha Produksi Pakaian Anak
Jika kita sebagai karyawan, maka kita akan susah secara maksimal mengontrol usaha ini, terutama dalam penjualan dan pemasaran, sehingga kita bisa memerintahkan kepada isteri kita
Dan sebaiknya kita menggaji karyawan dengan sistem borongan, jangan sisitem gaji, karena jika kita terapkan sistem gaji, maka di khawatirkan kerjanya karyawan kita semaunya. Akan tetapi
jika kita bisa mengontrolnya secara penuh karyawan kita, bisa saja kita beri gaji bulanan. Hal ini di perlukan untuk menghindari kerja karyawan yang asal kerja saja.
Dengan sistem bororngan maka hasil produksi pun bisa lebih banyak jika di abndingkan sisitem gaji bulanan.
Jika menerapkan sistem borongan juga, kita berikan juga uang semangat misalnya, jika hasilnya sesuai target kita dalam sebulan, maka kita berikan insentif bulanan yang besarannya sesuai kesepakatan diawal.

Kunci Sukses Bisnis Produsen Pakaian Anak
Kunci sukses di bisnis ini adalah terletak pada, kualitas pakaian, model, harga dan pemasaran [ promosi ].
Untuk bisa tahu kualitas pakaian yang di hasilkan kita bisa menggunakan pegawai bagian QC [ Quality Control ], dimana seorang QC ini, bertugas sebagai pengontrol hasil jahitan. Dengan begitu jahitan yang tidak bagus tidak bisa lolos dari QC tadi.
Nah yang kedua tips sukses usaha ini adalah Model, jika kita punya uang lebih kita bisa memakai jasa seorang desainer, tetapi ini bayarannya mahal sekali untuk ukuran kita yang baru membuka usaha ini. Tetapi ada cara lain yang bisa kita terapkan dalam hal mencari model, yaitu dengan cara lihat di televisi, atau juga tokoh kartun, atau tokoh sinetron yang lagi trendy saat ini. Misalnya tokoh kartun saat ini terkenal adalah Spongbob, si upin ipin, cinderela, model mayangsari, model Cinderela, dan lain sebagainya. Atau bisa juga mencari nya di Intternet, menanyakan ke Mbah Google, di situ banyak sekali model – model pakaian anak yang lagi booming.
Yang ketiga adalah harga, di awal – awal membuka usaha ini, kita tidak perlu mematok untung terlalu tinggi, hal ini untuk bisa masuk kepasar yang sudah lama dimasuki oleh orang lain, tetapi jika kita sudah punya pasr sendiri, maka boleh kita mengambil untung yang besar, asalkan sesuai dengan pasaran orang lain. Pada umum nya kita bisa mengambil untung antara 20% hingga 35% dari biaya produksi.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Pakaian Anak
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Produksi Pakaian Anak

Untuk masalah pemasaran, ini juga kita bisa merekrut bagian pemasaran, baik pemasar offline maupun pemasar online. Tetapi jika kita tidak bekerja pekerjaan ini bisa di lakukan sendiri, akan tetapi jika kita sebagai karyawan juga
bisa memasarkan kepada rekan kerja kita di kantor atau di tempat kerja.
Untuk sistem pemasaran nya kita bisa pakai beberapa cara, diantaranya :
1. Jual langsung ke konsumen
2. Bisa Di jual ke toko grosir misalnya ke pasar Tanah Abang
3. Bisa tawarkan ke toko pakaian, baik sistem konsinyasi atau sistem beli putus
4. Bisa ikut bazar atau pameran
5. Di jual melalui Media Internet
6. Sistem Keagenan
7. Sistem Member
8. Bisa Mencari Distributor
Nah itulah beberapa cara yang bisa di pakai untuk memasarkan pakaian anak ini. Untuk mengantisipasi lonjakan pesanan, misalnya di hari – hari raya tertentu, biasanya pakaian ini menjadi banyak pesanan nya, maka kiyta bisa merekrut pegawai kontrak, atau borongan. Agar jumlah produksi semakin meningkat dari hari
biasanya.

Artikel Lainnya : Cara Jitu Promosi Melalui Internet Secara Mudah

Analisa Modal Dan BEP Usaha Produksi Pakaian Anak
INVESTASI AWAL
Pembelian Mesin Jahit                                                     Rp. 20.000.000,-
Beli Bahan                                                                           Rp. 20.000.000,-
TOTAL                                                                                ================
RP. 40.000.000,-
BIAYA OPERASIONAL
gaji 4 orang karyawan                                                       Rp. 10.000.000,-
Listrik Dan Telepon                                                           Rp. 500.000,-
Transport dan Biaya Pemasaran                                     Rp. 2.000.000,-
TOTAL                                                                                 ================
Rp. 12.500.000,-

Omzet Per Bulan
Jika dalam sebulan kita mendapatkan Omzet Rp. 70.000.000,-
Maka labanya adalah, misalkan 20% hingga 30% maka Rp. 50.000.000,- x 20% = Rp. 14.000.000,-
Jadi di perkirakan BEP 4 – 5 bulan saja.
Itulah gambaran mengenai Analisa Modal Dan Keuntungan peluang usaha produksi pakaian anak ini, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi pengusaha pakaian anak.
Terima kasih atas kunjungan nya dan salam sukses selalu. Aminnn…

Artikel lainnya :

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Air Minum Isi Ulang

Analisa Modal Dan keuntungan Usaha Potong Rambut

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *