ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA RENTAL PLAY STATION

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha RENTAL PLAY STATION

analisa modal dan keuntungan usaha rental play station
analisa modal dan keuntungan usaha rental play station

Permanian Game memang tak pernah ada habisnya, hampir dari semua kalangan menyukainya. Tetapi yang paling banyak adalah dari kalangan anak – anak muda atau remaja. Apalagi ditunjang dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan Teknologi, ini, kian hari kian beragam dan semakin canggih.
hal inilah yang mendasari bahwa peluang usaha jasa penyewaan atau Rental Play Station ini seolah tak ada habisnya di telan zaman.
Para pencandu game tak sedikit mereka berani membeli voucer game hingga ratusan ribu rupiah demi sebuah per
maianan game yang di minatinya. Nah bagi Anda yang ingin membuka usaha Jasa Rental Play Station ini, di bawah ii saya akan bahas mengenai Analisa Modal Dan Keuntungan serta BEP usaha Sewa Play Station ini. Mulai dari cara memulai, hambatan kunci sukses hingga analisa BEP dan permodalannya.
Usaha ini bisa menggunakan karyawan atau pegawai jika kita punya pekerjaan utama, yah..cukuplah kira – kira 2 orang pegawai saja.
Yuk kita mulai pembahasannya….!
Konsumen Rental Play Station
Sebagaimana tadi diatas di jelaskan, bahwa sasaran konsumen game ini tidaklah sulit, karena semua kalangan banyak yang menyukainya. Apalagi anak – anak, sekolah dari tingkata SD, hingga SLTA ini lah yang gemar bermain game ini. Serta para Mahasiswa yang hoby main game juga bisa bahkan banyak yang hoby.
Bagaimana Cara Memulai Usaha Jasa Rental Play Station ?

analisa modal dan keuntungan usaha rental play station
analisa modal dan keuntungan usaha rental play station

Sebaiknya kita mempersiapkan tempat yang strategis dan minimal berukuran 4 x 3m [ asumsi 4 Play Station dan Televisinya. Tidak lupa juga stock kaset PS yang kira – kira banyak di gemari pelanggan. Untuk bebrapa macam permainan, diperlukan kaset yang berlipat jumlahnya, agar ketika pengguna lain menggunakan kaset tersebut pelanggan lain juga tetap bisa menggunakannya permainan yang sama.
Hambatan Usaha Rental Play Sation
Semakin lama bisnis ini semakin banyak pesaing, sehingga akan menjadi hambatan usaha rental PS ini. Jika kita tidak bisa menyiasatinya, maka bukan tidak mungkin bisnis ini akan mengalami kebangkrutan.
Hambatan lain yang bisa menghambat bisnis ini adalah masalah lokasi atau tempat yang tidak mendukung, seperti tempatnya di perkampungan warga. Karena tidak semua orang tua yang suka akan keberadaan tempat PS ini, karena dengan alasan akan mengganggu belajar si anak. Apalagi apabila si penyewa atau si pemilik PS ini tidak menerapkan jadwal main nya secara benar. Misalnya buka pada waktu jam sekolah atau anak – anak mengaji.
Hal lain yang bisa menjadi hambatan di bisnis ini adalah bahwa bisnis PS ini semakin maju dan berkembang, jika kita tidak mengikuti perkembangannya maka akan ketinggalan dengan orang lain yang lebih canggih.

Kunci Sukses Usaha Rental Play Station

Setiap pengunjung membutuhkan tempat yang nyaman jika sedang bermain PS, apabila kita bisa memberikan rasa nyaman tersebut maka pelanggan akan terus berdatangan ke tempat kita.
Kenyamanan itu bisa diatasi dengan cara menggunakan peralatan PS yang terbaru, kaset PS yang lengkap, tempat yang luas, apalagi jika pasang AC, Televisi yang cukup lebar dan juga keramahan si penyewa. Yang tidak boleh kita lupakan juga adalah promosi kepada calon konsumen sesering mungkin, dengan cara memberikan potongan hargakepada konsumen, terutama untuk menyewa PS selama satu hari atau lebih oleh pelanggan. Ini akan mencakup pelanggan yang lebih luas. Atau mungkin juga kita bisa menyiasatinya bonus sewa 5 jam di berikan bonus satu jam gratis.
Usaha ini bisa juga di padukan dengan usaha lainnya seperti dengan warung kopi, rokok, mie, pulsa, air mineral, gorengan atau camilan. Sehingga kita punya sumber pendapatan lainnya. Untuk sewa PS per Jam biasanya antara Rp.3.000,- sampai 5 ribu perjam. Dan untuk sewa per hari bisa mencapai Rp.10.000,- hingga Rp.30.000,-

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Rental Play Station
INVESTASI AWAL
Beli Televisi 4 buah                                          Rp.4.000.000,-
Beli Play Station 4 Buah                                  Rp.7.000.000,-
Stok Kaset Permaianan                               Rp.1.000.000,-
Kipas Angin                                                       Rp.300.000,-
Karpet                                                                 Rp.200.000,-
TOTAL                                                               ===========
Rp.12.500.000,-
BIAYA OPERASIONAL
Gaji Pegawai 2 orang                                       Rp.1.000.000,-
Listrik, Transfortasi                                         Rp.300.000,-
Stok Kaset                                                          Rp.200.000,-
TOTAL                                                                ===========
Rp.1.500.000,-
Omzet perbulan dan BEP
Jika dalam sehari omzetnya mencapai Rp.300.000,- maka dalam sebulan adalah Rp.9.000.000,-
Maka laba dari omzet Rp.9.000.000,-x 50% adalah Rp.4.500.000,- di potong biaya Operasional Rp.1.500.000,- adalah Rp.3.000.000,-
Maka di perkirakan BEP 4 bulan.
Itulah uraian mengenai Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Rental Play Station ini, semoga bisa bermanfaat untuk para sahabat semuanya.
Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Aminnn…

Artikel lainnya :

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Rental Mobil

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Rental Taman Bacaan

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *