ANALISA MODAL, KEUNTUNGAN, DAN BALIK MODAL USAHA PERSEWAAN KARAOKE KELUARGA

ANALISA MODAL, KEUNTUNGAN, DAN BALIK MODAL USAHA PERSEWAAN KARAOKE KELUARGA

Bagi yang punya hoby menyanyi tapi tidak sempat tersalurkan baik melalui ajang pencarian bakat atau juga melalui kursus – kursus musik dan lain lain. Maka akan mencari tempat nyanyi untuk menyalurkan hobynya itu di tempat KaRaoke, walaupun tidak menghasilkan uang ari menyanyi itu, tetapi mereka akan merasa lega jika hobynya itu sudah tersalurkan di tempat Karaoke Keluarga.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Karaoke Keluarga
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Karaoke Keluarga

Bisnis ini sangat menjanjikan, apalagi pengelolaannya pun sangat mudah dan hanya memerlukan karyawan yang tidak banyak, sehingga bisa di kerjakan tanpa meninggalkan pekerjaan tetap kita.tetap kita.
Meski bisnis ini selalu ramai pada malam hari, tetapi bisa buka pada siang hari. Kita bisa buka pada siang hari asalkan tempatnya kita sewa di Mall, Swalayan, Supemarket, yang selalu ramai di kunjungi orang, baik siang maupun malam hari, apalagi jika weekend dan hari libur.

KONSUMEN
Sasaran pasar konsumen usaha Karaoke Keluarga ini adalah mereka yang punya Hoby menyenyi, baik keluarga di segala usia, baik anak – anak hingga orang tua, bahkan kakek nenek juga bisa menjadi konsumen. atau mereka yang kebetulan melihat ada tempat Karaoke juga bisa menjadi konsumen kita. Yang tujuannya seperti yang saya sebutkan diatas sebagai penyalur hoby da juga sebagai ajang rekreasi keluarga di saat liburan.
Jadi tak perlu cemas mengenai konsumen, apalagi jika di tunjang dengan promosi yang gencar di lakukan tentu ini akan menambah pengunjung akan semakin banyak.

BAGAIMANA CARA MEMULAI USAHA PERSEWAAN KARAOKE KELUARGA
Langkah pertama yang harus di lakukan dalah mencari tempat yang strategis, supaya banyak orang yang melihat tempat Karaoke kita, tentu pilosifinya ” Jika semakin banyak orang yang melihat , maka semakin banyak juga calon konsumen kita. Tntu tempat yang saya rekomendasikan adalah seperti yang saya sebut diatas tadi seperti, Mall, Swalayan, Supermarket, dan lain lain.
Setelah tempat tersedia maka langkah selanjutnya adalah membeli peralatan berupa peredam suara, CD, TV, Microphone, Sofa, Sound System dan lain – lain. Jangan lupa juga peralatan lainya, seperti ruangan penerima tamu, supaya jika sedang antri, mereka bisa duduk santai di kursi antrian dengan nyaman. Juga ruangan penerima
pendaftaran untuk membayar sewa Karaoke.
Setelah semua tersedia kita bisa segera memulai bisnis ini dengan melakukan promosi baik secara konvensional maupun promosi melalui media internet dan Media sosial yang memnga terbukti keampuhannya dalam hal promosi usaha kita.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Karaoke Keluarga
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Karaoke Keluarga

KIta juga bisa mengadakan acara lomba karaoke untuk meningkatkan konsumen kita dengan iming – iming hadiah yang menarik tentunya. Biasanya biaya sewa per bilik adalah Rp.50.000,- hingga Rp. 100.000,0 per jamnya. Ini belum termasuk jika ada konsumen yang merekam suaranya ke dalam CD untuk di bawa pulang, dan tentu jika hal ini terjadi akan menambah kepuasan pelanggan kita. dan akan kembali lagi ke tempat karaoke kita.

HAMBATAN USAHA PERSEWAAN KARAOKE KELUARGA

USAHA INI MEMBUTUHKAN BIAYA yang besar, sehingga kita harus siap dari permodalannya. Dan BEP nya pun cukup lama. Kalau dalam persaingan di bisnis ini hampir jarang orang yang memainkan bisnis ini, jadi hampir bisa punya potensi yang bagus kedepannya.

KUNCI SUKSES USAHA PERSEWAAN KARAOKE KELUARGA
Kunci sukses usaha ini terletak pada 4 hal, yaitu pelayanan yang ramah, harga yang murah, sarana yang memuaskan, dan juga promosi yang dilakukan. Keempeat hal tersebut tentu harus dilakukan agar usaha ini semakin maju dan berkembang.
Pelayanan ini mengenai penyambutan calon konsumen yang ramah, murah senyum [eskipun kita di rumah punya utang] tetapi cobalah kita tetap mampu untuk tersenyum kepada pelanggan kita. ” Ibarat pepatah mengatakan ” Pembeli adalah Raja “ jadi kita harus menyambut mereka bak seorang Raja.
Harga Murah, tentu jangan yang murahan tetapi harus di sesuaikan dengan karaoke di tempat lain, supaya pelanggan bisa tertarik. kalau bisa di awal buka kita berikan harga promo, dan harga di sedikit di bawah harga karaoke orang lain. ini harus dilakukan agar untuk menarik pelanggan lain untuk datang ke tempat kita. Jika sudah banyak pelanggan maka kita berhak menyesuaikan harga dengan harga karaoke orang lain.
Sarana ini berkaitan dengan sarana yang akan di pergunakan oleh konsumen, baik sarana utama ataupun saran pendukung lainnya, makanya kita arus memperhatikan kualitas alat karaoke agar tetap terjaga, walaupun sebenarnya ini berhubungan dengan harga, semakin tinggi harga peralatan karaoke maka semakin baik kualitas alat tersebut. dengan cara merawatnya secara berkala.
Dan yang ke empat adalah Promosi, hal yang satu ini tidak boleh dilupakan, dan dimanapun di dunia yang namanya usaha membutuhkan promosi yang gencar di lakukan, baik promosi secara konvensional maupun secara online melalui media Internet.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Karaoke Keluarga
Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Karaoke Keluarga

Selain keempat hal tersebut usaha ini juga kita bisa menjual yang lainnya seperti, snack [makanan ringan], soft drink, gorengan, kacang garing dan cemilan lainnya.
Untuk sambil santai di dalam bersama keluarga. Sehingga ini akan menambah penghasilan selain dari jasa sewa karaoke.
Lumayan kan…
ANALISA MODAL, PENDAPATAN DAN BALIK MODAL [BEP] USAHA KARAOKE KELURAGA
INVESTASI AWAL
Beli Sound System, TV, DVD/VCD, Microphone                            Rp.50.000.000,0
Peredam suara, Meja Dan Kursi                                                         Rp.30.000.000,0
Renovasi Ruangan                                                                                 Rp.20.000.000,0
TOTAL                                                                                                     ============
Rp.100.000.000,0
BIAYA OPERASIONAL
Gaji Pegawai 2 orang @ Rp. 1.000.000,0                                        Rp.2.000.000,0
Listrik,                                                                                                      Rp.800.000,0
Snack, Minuman, Cemilan lain                                                           Rp.1.000.000,0
TOTAL                                                                                                     ============
Rp.3.800.000,0
PENDAPATAN PERBULAN
Jika dalam sebulan menghasilkan Omzet sebesar Rp.15.000.000,0
Laba perbulan [ Omzet – biaya Oerasional ] Rp.15.000.000,0 – Rp.3.800.000,0 = Rp.11.200.000,0
ANALISA BALIK MODAL [BEP]
Jika melihat asumsi pendapatan perbulan labanya Rp.11.200.000,0
Maka diperkirakan BEP nya adalah 10 bulan.

Itulah ulasan mengenai analisa modal dan keuntungan usaha persewaan Karaoke keluarga ini , semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mnejadi pengusaha
karaoke keluraga.
Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukse sselalu. Aminnn…

Artikel Lain :

6 Daftar Peluang Usaha Bidang Komputer Yang Layak Anda Coba

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Persewaan Game Center

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *