ANDA INGIN SUKSES HARUS MERUBAH POLA PIKIR

pola pikir
pola pikir

Pola pikir atau Mindset adalah pondasi dari segala sikap dan bisa menjadi modal dalam menjalankan segala aktifitas dengan baik dan berhasil. Baik aktifitas sebagai kepala rumah tangga, sebagai pejabat, sebagai guru atau pembimbing, atau sebagai pebisnis. Mindset ini harus kita miliki sejak kita terjun sebagai pebisnis. Dengan sikap dan pola pikir yang bagus, bukan tidak mungkin kita akan menjalankan segala proses kehidupan ini dan akan mengatasi segala rintangan yang akan menghadang.

Sudah tentu kalau Anda seorang pebisnis pasti mengharapkan, apa yang di namakan dengan ” Kesuksesn “. Dan perlu di pahami ” bahwa kesuksesan tidak di ukur dengan melimpah nya materi akan tetapi kita bisa mengunakan materi untuk menjadi sukses. Dengan kata lain Materi adalah sarana untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Maka di sini saya akan mencoba memberikan gambaran, pola pikir seperti apa yang harus di miliki, di antara nya adalah, sebagai berikut:

1.     Pikirkan dan renungkan bahwa di setiap kegagalan pasti ada kesuksesan.

Di dalam dunia manapun atau sejak dunia ini di ciptakan Tuhan, yang nama nya hidup selalu ada yang namanya dua realita yang berbeda, misal nya nih, ada laki – laki ada perempuan, ada siang ada malam, ada langit ada bumi, dan ada kegagalan dan ada kesuksesan. Semua itu sengaja Tuhan ciptakan, supaya bisa berjalan nya roda kehidupan dengan seimbang [ balance ]. Coba kita renungkan kalau seandai nya Tuhan hanya menciptakan Laki -laki saja, atau menciptakan siang saja, atau hanya menciptakan bumi saja, kira – kira apa yang akan terjadi, bisa kah kita hidup seperti itu ? Tentu jawaban nya adalah tidak….

Nah yang kita bahas adalah kali ini adalah antara ” Kegagalan dan kesuksesan “. Harus di pahami dahulu, untuk apa Tuhan menciptakan Kegagalan ?

Saya pernah dengar dari orang orang sukses, yaitu Bob Sadino, seorang pengusaha nyentrik asal Lampung pernah berkata ” Orang sukses adalah bukan lah orang yang tidak pernah gagal, akan tetapi mereka yang bangkit dari kegagalan tersebut ” Mungkin maksud dari kata ‘ bangkit ” di sini adalah orang yang sanggup mengatasi segala rintangan, bukan sebalik nya yaitu orang yang berhenti akibat dari kegagalan tersebut. Dan menurut saya orang yang pernah gagal akan menemukan cara untuk mengatasi kegagalan tersebut, sehingga bisa di jadikan pedoman dalam langkah selanjutnya dalam menjalankan bisnis tersebut. Itulah cara Tuhan mengajarkan kepada setiap manusia untuk menemukan cara atau ilmu untuk di jadikan bekal oleh kita dalam menjalankan proses segala kehidupan ini.

2.     Pikirkan ” Kalau orang lain bisa sukses, saya pun bisa

Mindset yang ke dua adalah dengan melihat kesuksesan orang lain sebagai pemicu diri sendiri untuk mengikuti jejak mereka yang telah sukses, padahal kita sama – sama manusia yang sudah punya fasilitas lengkap, seperti mereka, misal nya tangan, kaki, mata, dan ilmu, tetapi kenapa orang lain bisa sukses. Yang membedakan antara diri kita dengan orang sukses adalah proses nya untuk menuju kesuksesan tersebut. Coba evaluasi diri kita sendiri, barangkali kita, bangun tidurnya tidak seperti orang sukses, atau cara kerja nya berbeda, misalkan kerja orang sukses mah dari pukul 6 pagi s/d 22.00, sedangkan kita kerja nya cuman dari jam 8 pagi s/d jam 14.00, maka mungkin di sinilah yang membedakan antara orang sukses dengan diri kita.

Dan untuk menjadi sukses seperti orang tersebut, silah kan tiru gaya atau cara mereka melalui proses sama seperti mereka, maka bukan tidak mungkin kita akan sukses seperti mereka. Asal dilakukan dengan penuh disiplin, komitmen, dan konsisten. Bahkan Agama juga mengajarkan lewat ajaran nya ” Man Zadda Wa Zadda ” artinya siapa yang bersungguh – sungguh, maka akan menuai hasil nya.

Ada peri bahasa mengatakan ” siapa yang menanam, maka akan menuai hasil nya ” maka tanam lah mindset itu sebagai acuan untuk meraih kesuksesan tersebut. Dan yang palin penting lagi, jangan melihat kesuksesan orang, tetapi lihatlah atau tirulah proses dari orang tersebut untuk mencapai nya.

Dan juga saya pernah membaca sebuah buku karangan Khalil Gibran seorang penulis Amerika asal Lebanon, di dalam buku nya mengatakan ” kalau anda pikir bisa , maka pasti bisa” jadi saran saya, dalam menjalankan bisnis, harus pikirkan dahulu, bahwa saya pasti bisa.

3.     Pikirkan ” Waktu adalah Uang

Seorang pebisnis, baik itu bisnis online atau pun seorang pebisnis konvensional, harus memiliki mindset seperti itu, yaitu waktu adalah Uang, tujuan nya adalah untuk membentuk pola pikir, seandai nya kita menghambur – hambur kan waktu berarti menghamburkan sejumlah uang, sehingga waktu kita jadi produktif, tidak di pakai untuk hal -hal yang sia – sia. Tentunya ini merupakan salah satu proses untuk menuju kesuksesan Anda.

Banyak orang tak menyadari, betapa dekat nya mereka menuju kesuksesan disaat Orang itu gagal, dan memutuskan untuk berhenti. Kalau Anda gagal, saya ucapkan selamat, karena Anda menemukan jalan menuju Kesuksesan.

Oke sekian dahulu topik dari saya, semoga bermanfaat dan berguna. Wassalamualaikum……God Luck.!!!

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *