BAGAIMANA CARA AGAR USAHA YANG DIJALANKAN BISA SUKSES

BAGAIMANA CARA AGAR USAHA YANG DIJALANKAN BISA SUKSES

Peluang Usaha – Mengulas tentang bagaimana cara agar usaha bisa sukses, tentu yang ada di benak kita adalah bisa meraup untung yang banyak, bisa beli mobil, bisa beli rumah mewah, bisa melakukan apa saja yang bersipat menyenangkan. Tentu Sukses adalah idamman semua orang. Baik sukses dalam rumah tangga, dalam sekolah, dalam usaha dan lain sebagainya.

BAGAIMANA CARA AGAR USAHA YANG DIJALANKAN BISA SUKSES
BAGAIMANA CARA AGAR USAHA YANG DIJALANKAN BISA SUKSES

Dalam usaha sukses adalah ibarat kata tujuan akhir dari sebuah usaha. Mana ada didunia ini orang yang ingin gagal, tentu semua nya ingin merasakan sukses itu. namunak semua orang bisa meraihnya, karena mungkin beberapa faktor yang bisa menghambat kesuksesan itu yang menjadi penghalangnya.
Untuk bisa sukses seseorang dituntut bisa menjalankan usahanya dengan penuh perjuangan, pengornbanan, baik materi maupun non materi, seperti halnya, pemikiran, berpikiran positif,
.
Lalu Apa Ukuran Sukses Itu ?

Apakah orang yang usahanya besar dan bisa meraup untung besar itu sudah bisa dikaatakan sukses ? Menurut saya belum tentu, ?
Tetapi menurut saya bahwa sukses bukanlah diukur oleh seberapa banyak untung yang diperoleh dari usaha tersebut, akan tetapi sukses adalah seberapa besar manfaat dari usaha tersebut untuk
orang lain. Misalnya kita bisa membantu mempekerjakan orang sekitar atau tetangga kita, bisa bersedekah, bisa melakukan kegiatan spiritual keagamaan dengan baik. Dan yang lebih penting kita bisa nyaman menjalankan usaha tersebut dan bisa menerima dengan ikhlas tentang hasil yang kita dapatkan.

Bagaimana Cara Agar Usaha Bisa sukses ?

Berikut ini ada beberapa tips agar usaha bisa sukses :

1. Pondasi Yang Kokoh

Ibarat kita mau membangun sebuah rumah, dalam usahapun kita harus punya yang namanya pondasi. Dalam usaha pondasinya adalah yang ada dalam jiwa pikiran kita. Jiwa yang kuat dan pikiran yang positif yaitu berpikir sukses. Segala sesuatu berawal dari pikiran, apabila kita pikir sukses maka usaha akan sukses, begitu juga sebaliknya
Saya pernah membaca sebuah buku karangan seorang ahli Pilosofi dar Amerika keturunan Afganistan yaitu Khalil Gibran yang mengatakan ” Apabila kita pikir Bisa maka Kita Pasti Bisa ”
Di dalam dunia ini tidak ada hal yang tidak mungkin, yang salah adalah pola pikir kita.
Seharusnya kita bersyukur pada Allah SWT yang telah memberikan segala fasilitas yang ada untuk kita gunakan untuk kesuksesan kita, seperti akal dan pikiran kita.

Selain jiwa dan pikiran kita faktor lain tentang bagaimana cara agar usaha bisa sukses adalah mimpi. Mimpi ini diperlukan untuk punya tujuan yang ingin kita capai dalam menjalankan usaha tersebut. dan mewujudkan mimpi itu dengan usaha yang maksimal.

2. Mencintai Apa Yang Kita Kerjakan

Jika kita sudah mencintai apa yang kita kerjakan atau yang kita usahakan, maka kita juga akan dicintai oleh pekerjaan tersebut. Hukum sebab – akibat akan berlaku dalam hal apapun itu namanya termasuk dalam usaha.
Jadi tipsnya adalah pilihlah usaha berdasar kan kecintaan atan berdasarkan minat hati kita, bukan berdasarkan meniru orang lain, bukan di bujuk orang, bukan karena banyak uang. Hal tersebut belum menjamin seseorang bisa sukses.
Kalau istilah kerennya sih menurut PASSION kita.
Jika kita sudah mencintai pekerjaan, maka rintangan atau halangan apapun akan kita hadapi.

Lalu Apakah dengan sudah Mencintai Pekerjaan, kita akan Sukses ? Belum tentu karena ada banyak faktor lain yang harus dilakuakn selai itu. Ini hanya salah satu faktor saja.

3. Jangan Berpikir Gagal

Banyak sekali orang yang akan memulai pekerjaan atau usaha, akan tetapi mereka hal dipikirkan pertama kali adalah tentang hambatan, rintangan dan cobaan.
Seperti misalnya ” saya mau buka usaha, tetapi saya takut tidak ada yang beli ” atau ” Saya mau buka usaha tetapi saya takut gagal sehingga modal saya habis.
Nah itulah salah satu pikiran yang harus bisa kita rubah ke cara sebaliknya.
Karena yang namanya usaha ataupun pekerjaan apapun didunia ini, sudah pasti ada resikonya, ada hambatanya, ada rintangannya, tetapi jangan takut dengan resiko, karena dibalik resiko akan ada hikmah atau ilmu atau cara untuk mengatasi resiko itu sendiri.
Kata seorang Euntreupreneur Indonesia mengatakan ” Jika kita ingin memulai usaha, jangan pikirkan resiko atau hambatannya, tetapi pikirkan solusinya ”

Dalam Novel ” The Fountainhead, Ayn Rand mengatakan “ Bukan sikap manusia atau makhluk hidup untuk memulai dengan menyerah “
Dan yang lebih penting lagi bahwa untuk menjadi seorang pengusaha sukses adalah mengubah pola pikir negatif menjadi pola pikir yang positif supaya punya kekuatan untuk menghadapi segala resiko yang timbul.
Jadi untuk sukses butuh yang namanya perjuangan mengahadapi resiko tersebut sepanjang kita berpikir kita akan bisa menghadapinya resiko tersebut.

4. Memperluas Jaringan Usaha

Faktor lain yang musti dilakuakan oleh seorang pengusaha agar usahanya sukses adalah memperluas jaringan bisnis atau jaringan usaha nya. Karena kita perlu yang namanya jaringan maka selanjutnya adalah membuat system usaha. Sebagaimana kita lihat di dunia ini, bahwa orang sukses adalah orang yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya hingga ke luar negeri dengan menerapkan suatu system bisnisnya.

Sebagai contoh, apabila kita punya satu warung dengan penghasilan labanya perbulan Rp.5 juta. Maka penghasilan anda tidak akan bertambah hanya segitu saja. akan tetapi jika kita punya 10 warung dengan laba masing masing 5 jt, maka x 10 = 50 juta.
Itulah contohnya. Dan cara untuk memperluas jaringan anda bisa baca tips Bagaimana Cara Memperluas Jaringan Usaha.
Artikel terkait : Bagaimana caranya memperluas jaringan Usaha.

5. Perbanyak Ilmu Bisnis

Kesuksesan tidak ditentukan oleh seberapa tinggi gelar yang disandang, akan tetapi seberapa kuat niat, dan tekad serta kerja keras ditambah dengan memperbanyak ilmu usaha.
Banyak contoh sukses di kita, yang hanya lulusan Sekolah Dasar, bisa menjadi pengusaha mebel, dan lain – lain.
Maka dari itu jika usaha kita jalankan sudah terlaksana, maka jangan lupa perbanyak ilmu tentang usaha nya tersebut.
Usaha tanpa ilmu, akan mustahil berhasil, ilmu tanpa usaha juga adalah hanya mimpi disiang bolong.
Lalu Bagaimana Caranya agar kita bisa menambah ilmu usaha kita ?

Banyak sekali kita dalam hal mencari ilmu antara lain adalah, dengan membaca buku tentang usaha, membaca koran, menonton TV, mencari informasi di di Internet, ikut kursus Usaha, ikut seminar bisnis, ikut Komunitas Bisnis dan lain sebagainya. dan ilmu yang paling berharga adalah pengalaman kita, mungkin kita pernah bekerja di suatu perusahaan, maka kita bisa tiru tips sukses perusahaan tersebut.

Bahkan sebuah peneliitan menunjukan, bahwa banyak pengusaha sukses yang tidak menyelesaikan pendidikan menengahnya. Kebanyakan milyuner memiliki kecerdasan rata – rata. sehingga tidak usah takut dengan orang yang pendidikannya yang lebih tinggi dari anda.

6. Disiplin Pribadi

Karakter lain yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah disiplin dalam menjalankan usahanya membuang kebiasaan buruk ketika kita belum punya usaha. jangan merasa usaha ini dijalankan dengan seenaknya, tetap membutuhkan yang namanya disiplin. baik itu disiplin waktu, disiplin mengatur keuangan usaha, disiplin melayani pelanggan, dan lain sebagainya.
Jika anda merasa jadi bos, maka jangan sekali – sekali berpikiran semaunya, misalnya buka usaha kesiangan, pengeluaran operasional lebih besar daripada pemasukan, melayani konsumen seenaknya dan lain – lain.

Maka apabila hal ini tidak dibiasakan maka kesuksesan akan jauh dari kita.

Artikel lain : Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Usaha

7. Kuasai Pasar

Untuk meningkatkan keuntungan suatu usaha, maka yang harus dilakukan adalah Menguasai pasar. Ini perlu dilakuakan oleh seorang pengusaha. Apalagi jika produk yang kita tawarkan ke konsumen, merupakan produk yang biasa di mata konsumen.
Oleh karena itu dengan segala kerja keras, dan kreatifitas yang sudah dimiliki, hal ini sangat penting dilakukan.
Pilosofinya begini ” Apa yang dibutuhkan oleh konsumen atau pasar ” Dengan kata lain kita harus cermati apa yang dibutuhkan oleh pasar.

8. Berani Berinovasi

Apa sih yang dimaksud dengan Inovasi. Inovasi adalah suatu cara untuk melakukan kreasi baru pada produk yang akan kita jual. Tujuannya adalah agar supaya konsumen tidak merasa bosan dengan produk yang itu – itu saja. Sehingga peluang untuk memenangkan pangsa pasar tidak kalah dengan produk
lain yang semakin berkembang.
Jika hal itu tidak kita lakukan pada produk kita maka hampir dipastikan konsumen akan meninggalkan kita.
Sebagaimana kita tahu sekarang ini zaman serba cepat berubah, kalau kata orang intelek mengatakan ” Up to date ”

Banyak kita lihat di sekeliling kita orang yang melakukan inovasi dengan yang tidak melakukan inovasi. seperti halnya produk sepedA MOTOR, HANDPHONE, pakaian, dan lain – lain.
Contoh ” Pertama kali yang ramai jamanya Handphone adalah merek NOKIA, coba kita lihat sekarang produk Nokia apa lebih populer dengan produk lainnya. Jawabanya adalah ” tidak “. Itu disebabkan Nokia tidak segencar produk lain melakukan INOVASI.
Itulah salah satu contoh yang bisa kita jadikan pelajaran dalam rangka bagaimana cara agar usaha bisa sukses ini.

9. Tempat Yang Strategis

Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian dalam rangka membangun sebuah usaha yang sukses adalah tempat yang strategis. Dimana kita bisa mencari tempat ini di sekeliling kita.
Tips dalam mencari tempat Usaha yang strategis ini anda bisa baca artikel terkait tentang daftar tempat usaha yang strategis untuk kita jadikan tempat usaha.

10. Pelayanan Yang Prima

Hal apa – apa saja yang harus kita lakukan agar usaha yang kita jalankan bisa sukses adalah soal ” Pelayanan “.
Di artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana pelayanan ini harus kita lakukan, karena banyak sekali para pelaku usaha ini tidak tahu dan tidak menyadari, betapa pentingnya sebuah pelayanan.
Ibarat kata pelayanan adalah Rohnya sebuah usaha. Jadi kita harus mengetahui betul apa itu yang dinamakan pelayanan.

Pelayanan ini bisa mencakup beberapa hal, dantaranya : soal keramahan, soal harga, soal service atau pelayanan. Dimana semua konsumen ingin dilayani secara baik dan cepat. Ibarat pepatah mengatakan Konsumen atau pembeli adalah raja, maka lakukan hal itu kepada kepada konsumen jika ingin usaha kita sukses.
11. Sedekah Dan Do’a

Hal lain yang perlu kita lakukan agar usaha kita sukses adalah dengan Sedekah dan Do’a. jadilah tangan diatas daripada tangan dibawah, artinya jadilah menytal pemberi daripada mental penerima. Karena disitu ada nilai rohaniah, sehingga bisa menciptakan kedamaian bagi para pelaku usaha.
Dalam agama Islam bahkan dengan sedekah harta kita tidak akan berkurang, malah Allah SWT akan mengganti degan yang lebih banyak dan berkali lipat. Ini janji ALLAH…
Coba kita perhatikan orang yang sering sedekah, apa harta nya berkurang. Coba bandingkan dengan orang yang melakukan hal yang dilarang baik oleh negara maupun oleh Agama, mereka akan terus mengejar uang dengan cara yang salah, karena merasa miskin dan tidak ada kedamaian dalam jiwanya.
Rejeki bukan hanya berarti banyak uang tetapi mengandung pengertian yang luas, bisa juga sehat. Karena percuma saja banyak uang tetapi sakit – sakitan. Kira kira enak gak, tentu tidak, makanya jika ingin usaha sukses cobalah bersedekah dan berdoa.

Do’a adalah permohonan kita kepada sang pencipta alam, menandakan bahwa kita bukan orang yang sombong karena hakikatnya semua rejeki ini sumbernya adalah dari ALLAH SWT.

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara agar usaha yang kita jalankan bisa sukses ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. dan terima kasih atas kunjungannya semoga kita sukses dan sehat selalu. Amin….

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *