BAGAIMANA CARA MEMBANGUN BISNIS SAMPINGAN ~ BERBISNISINTERNET

Bagaimana Cara membangun Bisnis Sampingan – Jika posisi anda sekarang sebagai kayawan atau pegawai kantoran atau pegawai lainnya. Sudahkah anda pikirkan baha suatu saat pasti akan berhenti menjadi seorang karyawan. Untuk seorang pegawai negeri munkin gak ada masalah, karena ada uang pengsiun yang akan diterima setelah mencapai usia pensiun.

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Sampingan
Bagaimana Cara Membangun Bisnis Sampingan

Namun untuk karyawan swasta tidak bisa seperti seorang pegawai negeri, hanya akan mendapatkan uang pesangon yang besarnya mungkin gak seberapa besar.

Nah saran saya sebaiknya membangun bisnis sampingan harus sudah dilakukan saat bekerja, kenapa ? Sebab jika kita membangun bisnis sampingan setelah resighn atau di PHK. Ada contoh kasus yang bisa diambil sebagai pembelajaran, pernah menimpa teman saya, kira – kira tahun 2012 teman saya ini terkena PHK, dan mendapatkan uang pesangan yang lumayan besar saat itu. lalu dia memutuskan untuk modal usaha. Usaha yang dijalankan adalah jualan celana atau pakaian dengan cara kredit. Singkat cerita usaha sudah berjalan kira – kira 4 bulan lamanya, uang dari setoran tidak bisa terkumpul, banyak kepakai, dan akhirnya dia memutuskan untuk usala lain yaitu, usaha ternakan ikan lele.

Setelah menjalankan usaha lele…dengan biaya yang lumayan untuk membuat kolam, dan benih ikan lele…tersebut, dia tidak mengerti kemana menjual lele tersebut. Sampai akhirnya bangkrut, karena tidak menguasai ilmunya terutama dalam hal pemasaran.

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Sampingan
Bagaimana Cara Membangun Bisnis Sampingan

Nah contoh tersebut jelas bahwa yang namanya bisnis sampingan pun kita harus punya ilmunya. Artinya dia belum siap dari segi ilmu bisnis lele, karena baru mengawali bisnisnya setelah dia di PHK.

Membangun bisnis sampingan adalah sama dengan memangun sebuah bangunan, dimana sebuah bangunan hal yang paling penting adalah pondasi yang kokoh, agar bangunan itu tidak mudah roboh.

Di dalam bisnis pondasi adalah Niat, Mimpi, Pola Pikir dan Action nah ke 4 hal itulah yang diperlukan agar sutu bisnis bisa kita ajalankan tanpa ada kendala dalam menjalaninya.

Mari kita akan uraikan ke empat hal tersebut satu persatu :

1.  Niat / Ide

Niat adalah suatu tujuan yaang ada dalam diri kita masing – masing. Niat ini tidak kelihatan secara fisik, tetapi punya dampak yang luar biasa untuk kemajuan sebuah bisnis. Sama halnya kita mau mengerjakan sholat, jika tidak ada niat maka sholatnya pun tidak sah, karena termasuk dalam rukun sholat.

Misalnya kita ingin membangun bisnis sampingan, niatkan bisnis itu karena Allah, agar lancar dan di ridhoi oleh Allah SWT.

2. Mimpi / Visi

Jika niat sudah ada, langkah selanjutnya dalam membangun bisnis sampingan adalah mimpi, bukan mimpi waktu tidur yah…mimpi disini adalah impian, khayalan, tujuan atau visi. yaitu tujuan yang ingin dicapai setelah menjalankan bisnis tersebut, misalnya ingin meyekolahkan anak keluar negeri, ingin memberangkatkan kedua orang tua berhaji, ingin meyenagkan pasangan hidup, inginmembeli mobil termahal.

Kok menghayal, …eits…ini bukan menghayal, tetapi kita memimpikan tujuan dari bisnis kita. Ini sangat penting karena dengan punya mimpi berarti kita sudah punya tujuan dalam membangun bisnis sampingan.

Coba kita bayangkan jika kita menaiki sebuah kapal tetapi tidak punya tujuan yang jelas, kira – kira nyampainya kemana kapal tersebut…?

Dengan punya mimpi jelas kita punya arah yang jelas sekaligus punya motivasi untuk diri kita agar cepat sampai pada tujuan tersebut, gimana paham kan ?

So, sekarang mimpilah setinggi langit…yang penting jangan menghayal, nanti bisa berabe jadinya, he…he..

3. Perbaiki Pola Pikir

Dalam memangun pondasi yang kuat dalam menjalankan bisnis sampingan diperlukan pola pikir yang positif ( Positif Thinking ). Karenaa saya juga pernah mengalami hal seperti itu, waktu saya mau buka usaha warung, timbul dalam benak saya pertanyaan – pertanyaan seperti ini :

    @ Aduh saya ingin punya usaha, tetapi saya tidak punya modal ?

     @ bagaima yah, jika saya sudah menjalankan usaha, tetapi saya tidak punya keahlian dalam mengelola usaha ?

     @ Bagaimana yah dengan pesaing  usaha saya nanti ?

     @ Kalau usaha saya bangkrut, wah rugi dong saya sudah keluarin modal

     @ Saya tidak punya tempat strategis untuk usaha tersebut

.Itulah beberapa pemikiran saat kita memulai usaha. Nah itulah contoh dari pola pikir yang negatif, yang harus dirubah oleh kita menjadi pola pikir yang positif seperti ini :

@ Saya ingin punya bisnis, dari modal kecil, hitung – hitung sambil belajar bisnis atau usaha

     @ Saya akan menjalankan bisnis sambila menggali ilmunya

     @ Saya akan menghadapi pesaing usaha saya dengan, dan akan tampil beda dengan pesaing saya

     @ Gak apa – apa lah jika usaha bangkrut, saya akan bangkit lagi

     @ Dinia ini luas brow…tempat usaha masih banyak tersebar di mana – mana.

Nah mental positif inilah yang diperlukan agar dalam menjalankan bisnis sampingan berjalan dengan lancar dan sukses mencapai tujuan. Dan ini merupakan modal yang sangat berharga untuk seorang pengusaha atau pebisnis.

4. Action ( Do It ) Laksanakan

tadi kita diatas sudah membahas niat / ide, Mimpi / Visi, Pola pikir tinggal langkah selanjutnya adalah ACTION. mimpi, niat, dan pola pikir saja belum cukup apabila tidak dilaksanakan. Ibarat kata kita ingin menyebrang tetapi kita hanya diam saja. Kira – kira nyampai gak tuh ke tujuan.

Ada seorang pengusaha yang terkenal di kita yaitu Om Bob Sadino pernah mengatakan ” Jika sudah punya ide, mimpi dan pola pikir, untuk membangun bisnis sampingan, laksanakan segera, karena ide tersebut akan hilang begitu saja, jika terlalu lama di simpan. ”

Saya setuju dengan pendapat Om Bob tersebut, karena mimpi yang besar jika tidak dimulai dengan satu langkah kecil adalah Khayalan, betul gak ?

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dijadikan bisnis sampingan ioleh karyawan atau pekerja. Contohnya adalah 200 peluang usaha tau bisnis sampingan dengan modal kecil ini.

Anda ingin sukses berbisnis ? Tolong camkan ini ” Tak ada Usaha atau Bisnis yang gagal, yang ada hanya kita tidak berani menghadapai kegagalan, padahal kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita untuk mengetahui faktor kegagalan tersebut “ Tak ada orag sukses di dunia manapun yang tak pernah gagal tetapi mereka berani menghadapinya dan menjalankannya secara Istiqomah ( Konsisten ).

Itulah poin – poin artikel tentang bagaimana cara mebangun bisnis sampingan yang perlu kita lakukan, agar tujuan dan cita – cita yang ingin dicapai terwujud yaitu usaha yang membawa pada kesuksesan.

Terima kasih telah berkunjung, dan sampai jumpa lagi salam sukses selalu…

Baca Juga : Daftar Peluang Bisnis Yang Bisa Dijalankan Oleh Ibu Rumah Tangga

 

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *