Bagaimana Cara Membangun Bisnis Waralaba

Cara Membangun Bisnis Waralaba – Waralaba atau Franchise adalah suatu system bisnis yang dijalankan oleh suaatu badan usaha atau juga komunitas bisnis dengan tujuan untuk memberikan hak jual kepada seorang terwaralaba atau pelaku usaha. Dimana seorang terwaralaba di wajibkan untuk mengikuti SOP yang di tetapkan pewaralaba.

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Waralaba
Bagaimana Cara Membangun Bisnis Waralaba

System Bisnis waralaba ini sudah banyak terdapat di Indonesia, karena memang bisnis ini awalnya adalah dari luar negeri, seperti yang kita kenal dengan KFC, Dunkin Donat, dan lain – lain. Sedangkan di Indonesia banyak bermunculan system bisnis ini, seperti misalnya, Indomaret, Alfamaret, Giant, dan lain sebagainya.

Dengan menganut system bisnis waralaba, kita harus tahu cara membangun bisnis waralaba ini, karena memang suatu bisnis manapun sudah tentu memiliki kekuranagan dan kelebihan nya masing – masing. Dan untuk membangun bisnis waralaba ini juga tak semudah membalikan telapak tangan, karena butuh proses dan kerja keras.

Namun bagi anda yang ingin membangun bisnis waralaba, ketahuilah tips – tips dibawah ini, :

1.  Tentukan Bisnis Anda

Menentukan pilihan bisnis adalah langkah pertama yang harus dilakukan, karena pemilihan bisnis yang tepat merupakan salah satu faktor penting sukses tidaknya suatu bisnis, apalagi dalam bisnis waralaba yang akan kita bangun harus benar – benar tepat. Pilihlah bisnis sesui passion dan minat serta bakat ang anda miliki, karena dengan memilih bisnis yang sesuai passion akan melahirkan kecintaan kita pada bisnis yang kita geluti.

Bukankah Steve Jobs pernah mengatakan ” bahwa kesuksesan terjadi karena kita mencintai apa yang kita kerjakan.”

Memilih bisnis yang sesuai dengan passion ibarat kita mencintai seseorang kita bakal punya spirit of love, begitupun dalam bisnis, sehingga kita akan meperjuangkan apa yang menjadi tujuan bisnis termasuk bisnis waralaba yang kita bangun. Yang akibatnya kita tidak mudah goyah meski diterjang gelombang, karena yang namanya bisnis apapun itu namanya pasti akan ada badai atau resiko yang bakal menghadang.

2.  Siapkan Modal Usaha

Langkah selanjutnya mempersiapkan modal bisnis waralaba anda. Karena mungkin diawala – awal kita memerlukan modal yang lumayan besar, baik untuk promosi, membeli peralatan, pendistribusian, beli perangkat kantor, dan lain – lain. Atau jika kita tidak mempunyai modal, kita bisa mencari rekan bisnis, atau mencari investor, atau pinjaman ke Bank. Berbagai cara bisa kita lakukan untuk mencari modal bisnis waralaba yang akan dijalankan.

Artikel Lainnya : 7 Cara mendapatkan Modal Usaha

3.  Tentukan System bisnisnya

Membangun Bisnis Waralaba membutuhkan system bisnis, dimana system bisnis ini sangat diperlukan, agar tercipta suatu bisnis yang saling menguntungkan baik untuk terwaralaba terlebih lagi untuk pewaralaba itu sendiri.

System bisnis Waralaba tersebut meliputi :

   @. Besaran investasi yang diberikan kepada terwaralaba

   @. Pilihan Paket waralaba Yang akan ditawarkan

   @. Kebijakan atau besaran fee

   @. Syarat Dan Kebijakan Terwaralaba

   @. Bimbingan Manajemen Usaha

   @. Dan lain – lain.

4.  Bikin Merek Bisnis

Jika anda memutuskan untuk membangun bisnis waralaba, langkah selanjutnya setelah menemukan bisnis sesuai passion adalah menentukan merek ( Brand ) Bisnis. Tujuannya adalah agar bisnis yang kita tawarkan bisa populer sehingga gampang dikenal di masyarakat. Ada istilah ” tak kenal maka tak sayang ” begitupun dalam bisnis agar disayang banyak orang ciptakan merek bisnis nya.

Sebagi contoh kita dengar nama bisnis KFC, Dunkin Donat, Indomaret, Alfamaret, dal lain – lain. yang sudah membumi di perbisnisan di Indonesia.

5.  Memilih Lokasi Bisnis

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam membangun bisnis waralaba adalah memilih lokasi usaha. dalam hal ini lokasi usaha waralaba sebenarnya tidak terlalu urgen, karena yang lebih penting itu adalah masalah promosinya. Tetapi akan lebih baik agar merek bisnis kita mudah dan banyak di kenal luas, pilihlah lokasi jalan raya yang banyak dilalui orang atau kendaraan. Buatlah pamplet besar, misalnya ” Peluang Bisnis Waralaba, Modal kecil Untungnya besar “ misalnya.

Atau lokasi yang bagus untuk menjalankan usaha atau bisnis waralaba adalah perumahan, karena biasanya perumahan – perumahan ini ramai dan cepat berkembang.

6.  Siapkan SDM

Apa yang disebut dengan SDM ? SDM adalah kepanjangan dari Sumber Daya Manusia. SDM yang berkualitas dan memiliki kinerja yang bagus untuk menjalankan bisnis waralaba yang akan kita jalankan adalah merupakan aset yang paling berharga. Agar usaha atau bisnis waralaba kita bisa mencapai sasarana atau visi usaha yang sudah kita tentukan.

Nah bagaimana cara mendapatkan SDM yang berkualitas itu ? banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas, salah satu contohnya adalah melalui penjaringan dan test.

Tetapi yang lebih penting lagi selain SDM yang berkualitas tadi adalah mulailah dari diri kita sendiri, apakah kita termasuk karyawan yang jujur, rajin, bertanggung jawab, punya kapabilitas ( kemampuan ), dan disiplin. Jika hal tadi tidak kita miliki, maka jangan harap karyawan atau SDM akan seperti itu.

Yang terpenting jangan hanya bisa mengajari, tetapi tidak bisa memberikan contoh yang baik kepada karyawan kita.

Karyawan atau SDM diperlukan untuk usaha atau bisnis waralaba ini untuk, pembukuan, pendistribusian, gudang, dan lain – lain.

7.  Lakukan Promosi

Agar bisnis waralaba yang kita jalankan berkembang selain tadi menciptakan merek dan memilih lokasi usaha, hal lainnya adalah melakukan promosi. Promosi ini juga hal yang penting dilakukan untuk memperkenalkan usaha kita.

Cara promosi ini bisa kita lakukan dengan dua cara, yaitu cara konvensional dan cara online. Cara promosi secara konvensional adalah dengan cara membuat brosur – brosur yang akan di sebar di beberapa tempat. Atau anda bisa pasang iklan di koran – koran atau majalah.

Cara promosi secara online yaitu promosi di internet secara online. Sebagaimana kita tahu bahwa dunia online saat ini berkembang begitu pesat, salah satunya adalah media sosial yang sering kita gunakan untuk curhatan atau berbagi tips itu bisa kita gunakan untuk berpromosi bisnis waralaba kita. Namun untuk promosi di Internet ini ada cara yang gratis dan ada juga yang berbayar. Silahkan sobat pilih atau pilih ke dua cara tersebut agar bisnis waralaba semakin cepat berkembang.

Artikel terkait : Bagaimana Cara Promosi Di Internet

8.  Lakukan Evaluasi

Jika usaha atau bisnis waralaba anda sudah berjalan, maka hal lain yang tak kalah pentingnya adalah melakukan evaluasi sejauh mana bisnis ini berjalan, temukan metode lain agar usaha tersebut lebih maju. Mintalah pendapat karyawan atau orang lain, atau terwaralaba untuk saling berbagi pengalaman dan bisa diterapkan di bisnis waralaba ini.

Apa – apa saja kekurangan dan kelebihannya setelah usaha ini berjalan. Tampung, uji, musyawarahkan dan terapkan ke dalam bisnis anda.

Semoga artikel mengenai bagaimana cara membangun bisnis waralaba bermanfaat untuk kita dan mungkin artikel ini jauh dari kata sempurna, namun setidaknya kita punya gambaran mengenai langkah – langkah yang harus kita lakukan. Agar tercipta bisnis yang bukan hanya mengejar keuntungan semata, akan tetapi lebih dari itu punya manfaat untuk orang lain dalam mendapatkan usaha dengan cara yang mudah. Denagn begitu usaha kita akan mempunya nilai lebih dari sekedar usaha atau bisnis.

Dan mudah – mudahan sukses selalu, terima kasih…

Artikel Terakit : 81 Daftar Peluang Usaha waralaba Modal Kecil Untung melimpah

 

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *