BAGAIMANA CARA MEMULAI USAHA TOKO YANG SUKSES

BAGAIMANA CARA MEMULAI USAHA TOKO YANG SUKSES

Peluang Usaha – Berbicara tentang bagaimana cara memulai usaha toko ini, memang sangatlah penting untuk kita ketahui. Hal – hal apa saja yang harus kita siapkan sebelum memutuskan memulai usaha toko ini, kita ambil contoh dalam memulai usaha toko kelontong yang sering kita jumpai di masyarakat kita sehari – hari.

Cara Memulai Usaha Toko
Cara Memulai Usaha Toko

Memang dipandang perlu tahapan – tahapan apa saja sih yang harus kita siapkan agar usaha toko kelontong ini bisa berjalan dengan baik dan juga sukses untuk kedepannya. Karena yang namanya usaha butuh juga yang namanya ilmu untuk diterapkan dalam usaha toko kelontong ini.

Baiklah hal – hal apa saja yang harus kita lakukan dalam bagaimana cara memulai usaha toko ini, ini dia uraiannya sebagai berikut :

 

1. Mencari Tempat Yang Strategis

Memastikan tempat yang pas. Keberhasilan usaha toko kelontong tidak dapat terlepas dari aspek tempat bahkan juga dapat disebut aspek yang paling utama support modal yang besar kurang demikian bermakna bila tanpa ada di dukung tempat yang strategis. Tempat yang strategis mempunyai ciri diantaranya ada di jalur jalan yang besar, kepadatan masyarakat dilokasi itu, gampang dijangkau, dekat dengan pusat keramaian, masuk jalur distribusi dari distributor, dekat dengan agen/grosir. Bila tempat tinggal anda sekarang ini ada dilokasi yang strategis anda dapat mengawali usaha toko kelontong ini dari tempat tinggal anda. Keunggulan dari langkah tersebut anda tak perlu keluarkan duit sewa toko anda cukup melakukan renovasi tempat tinggal anda. Bagaimana bila di sekitar tempat tinggal saya telah banyak toko kelontong? Bila kompetitornya telah banyak terlebih sama-sama berdekatan serta mereka bermodal besar baiknya anda tak memaksakan diri untuk tetaplah buka usaha ini lantaran menurut saya toko anda nantinya bakal susah berkembang. Jalan keluar paling baik bila memanglah sekian kondisinya anda dapat mencari tempat lain umpamanya dengan menyewa ruko/tempat tinggal.

2. Mempersiapkan perlengkapan toko kelontong.

Sesudah temukan tempat yang pas langkah setelah itu yakni mempersiapkan perlengkapan toko kelontong salah satunya etalase, timbangan, rack, galon, tabung gas elpiji, tempat beras, kalkulator, mesin pendingin dan sebagainya. Untuk memperolehnya saya rasa anda akan tidak menjumpai kesusahan spesial untuk beli galon atau tabung gas elpiji dapat anda peroleh diagen supaya harga nya tak kemahalan. Bila semua telah siap susunlah posisi etalase, rack atau mesin pendingin (Bila ada) supaya tampak menarik. Janganlah lupa siapkan juga kayu panjang/pipa untuk memajang barang lewat cara digantung. Sediakan juga spanduk yang memasukkan nama toko anda terkecuali berperan sebagai media promosi spanduk juga berperan menghambat cahaya matahari supaya tak segera tentang barang toko kelontong.

3. Berbelanja barang toko kelontong.

Tahap selanjutnya yakni isi toko kelontong anda dengan barang dagangan. Langkah ini memerlukan kejelian berarti anda mesti dapat memastikan beberapa barang apa sajakah yang bakal dibeli di agen meskipun nampaknya gampang tetapi bila anda salah tentukan beberapa dapat menghadirkan kerugian Baca juga : 8 Barang Toko Kelontong yang Tahan Lama. Untuk step awal memperbanyak dengan barang barang yang tahan lama serta mempunyai brand yang kuat. Buat daftar berbelanja hal semacam ini ditujukan untuk efesiensi saat hingga tidak butuh bolak balik ke agen bahkan juga anda dapat minta diantar bila belanjaannya banyak. Meskipun sesungguhnya untuk memperoleh barang bukan sekedar dari agen umpamanya dari distribuotor segera atau sales canvas tetapi langkah yang paling gampang yaitu ke agen, Pastikan agen yang besar hingga anda dapat memperoleh harga yang termurah.

4. Mulai Menjalankan Usaha Toko Kelontong

Dalam menjalankan usaha toko kelontong ini, ada beberapa hal yang harus dipahami oleh kita, bahwa ada 4 hal yang harus dijalankan. Yaitu, mengenai pelayanan, harga, ketersediaan atau kelengkapan barang dan juga penataan barang dagangan. Ke 4 hal ini sangat penting dalam usaha yang kita jalankan, karena merupakan kunci sukses tidaknya suatu usaha.

Pelayanan – Pelayanan yang ramah dan cepat  akan membuat senang para pembeli, jika sebaliknya jangan diharapkan toko kelontong ini akan ramai pengunjung.

Harga – Harga yang relatif murah akan membuat para pembeli memilihnya, walaupun perbedaanya cuman 300 rupiah. Hal ini juga saya rasakan ketika saya menjalankan usaha dan belanja untuk usaha saya.

Kelengkapan barang – Barang yang komplit akan menjadi pemenang dalam menjalankan usaha ini, karena para pembeli tidak repot – repot mencari ke tempat yang jauh.

Penataan Barang – Barang yang ditata secara rapi, akan menraik pengunjung, karena pengunjung akan melihat ketersediaan barang yang mereka cari.

5. Mengelola Dan Mengatur Keuangan

Keuangan usaha toko ini perlu pengelolaan yang cermat. Jika tidak maka seperti peribahasa mengatakan ” Besar pasak daripada tiang ” Artinya : Pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Hal ini kaan menjadi bumerang untuk kemajuan toko yang kita kelola.

Saya rasa cukup dahulu sekian artikel mengenai Bagaimana Cara memulai usaha Toko ini, semoga bisa bermanfaat buat anda yang kan menjalankan usaha ini, baik untuk usaha sampingan atau usaha utama keluarga anda.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Aminnn…

SANGGARBisnisOnline.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *