BAGAIMANA CARA MENGATASI KENAKALAN REMAJA

BAGAIMANA CARA MENGATASI KENAKALAN REMAJA

 

Informasi – Salah satu permasalahan hidup manusia adalah masalah kenakalan remaja. Para orang tua khawatir anaknya terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif. Sewaktu di sekolah SMA, penulis pernah membuat makalah yang berjudul ” Cara Mengatasi Kenakalan Remaja ” ini dan mendapatkan apresiasi yang bagus dari guru pembimbing pada waktu itu.

Bagaimana cara mengatasi Kenakalan Remaja
Bagaimana cara mengatasi Kenakalan Remaja

Dan kali ini saya akan berikan beberapa tips jitu cara mengatasi masalah kenakalan remaja ini. Yang mudah – mudahan bermanfaat bagi sahabat pembaca semuanya.
Tetapi saya hanya sebatas memberikan caranya saja, masalah hasil kita serahkan kepada yang maha kuasa alam yaitu Allah SWT. Karena kira sebagai manusia hanya
bisa berusaha dan berupaya sepenuh hasilnya kita serahkan saja kepada yang kuasa.
Sebelum berlanjut kepada cara mengatasi masalah kenakalan remaja, sebelumnya saya akan klasifikasikan beberapa masalah kenakalan remaja yang terjadi di masyarakat kita.

Berikut 4 bentuk masalah kenakalan remaja :

1. Masalah Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas sering kita jumpai di sekitar kita, yaitu sekelompok remaja yang hidupnya tanpa ada batasan hukum, baik hukum negara, hukum agama, anti sosial, etika atau norma, adat istiadat dan lain lain. remaja ini bahkan banyak melakukan perbuatan yang melawan kaidah – kaidah tadi, seperti geng motor, seks bebas, anak punk, bahkan hidupnya pun mereka hidup di jalanan.

2. Masalah Narkoba

Masalah remaja yang kedua adalah masalah Narkoba (NARKOTIKA). Kalau kita melihat berita di berbagai sumber berita, masalah narkoba ini sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, kita melihat bukti nyata, di negara tercinta ini, menurut salah satu sumber sudah merenggut setidaknya 50 orang meninggal akibat meng konsumsi narkoba.
Tentu kita sangat prihatin dengan kejadian seperti ini, bukan hanya saya sebagai orang tua, tetapi ini sudah menjadi kekhawatiran Nasional. Sebagai upaya untuk mencegah anak kita terjerumus ke lembah hitam tersebut, kita harus serius memperhatikan dan berusaha semaksimal mungkin. Selain kita berharap kepada pemerintah untuk tindakan pencegahan dan penegakan hukumnya.

3. Masalah Kriminal

Masalah lain selain Narkoba, masalah remaja yang lebih extrim adalah masalah kriminal, seperti melakukan pencurian, melakukan pembunuhan, begal motor, mencopet, dan lain – lain.

4. Masalah lainnya

Selain masalah – masalah tadi diatas tentu masih banyak kalau secara rinci kita uraikan, yang perlu untuk di cegah.

Bagaimana Cara Mencegah Kenakalan Remaja

Nah sekarang penulis akan memberikan tips tentang cara mencegah kenakalan remaja ini. Berikut cara pencegahannya :
1. Memberikan ilmu pendidikan yang baik, baik ilmu agama ataupun ilmu pengetahuan
2. Jangan beri ruang waktu untuk melakukan kenakalan remaja, seperti ikut les ( privat ), adakan kegiatan musik, olahraga, membaca dan lain sebagainya.
3. Memberikan perhatian pada anak, jangan biarkan anak – anak kita hidup tanpa ada perhatian dari orang tuanya. Sehingga jika kita membiarkannya, maka si anak tidak akan tahu mana yang boleh dilakukan dan mana yang dilarang.
4. Berikan sangsi positif kepada anak, jika ketahuan si anak melakukan perbuatan yang dilarang, seperti di susruh membaca selama 2 jam, susruh menulis, di suruh ikut kursus keterampilan dan lain – lain.
5. Berikan kata – kata yang bisa meningkatkan gairah (motivasi) belajar si anak.
6. Ajak anak – anak liburan keluarga. Ini akan bermanfaat, karena si anak akan merasa senang dan punya keluarga yang harmonis.
7. Jangan bertengkar di depan anak – anak. Selesaikan masaklah keluarga dengan kepala dingin tanpa, emosi yang akan dilihat anak – anak.
8. Jangan menggurui anak tanpa melakukannya. Maksudnya, hanya bisa memberikan larangan tetapi kita sendiri tidak melakukan.
9. Berikan pemahaman, bahwa segala tindakan yang negatif itu ada konsekuensinya yang harus di pertangung jawabkan.
10. Ajak berdiskusi apabila sianak punya masalah dengan temanya, dengan pelajaran sekolah, dengan saudaranya, pecahkan masalah itu dengan baik. Musyawarah untuk mencari kata solusinya.
11. Ikuti cara berpikir anak, bukan dengan cara berpikir kita. Karena pola pikir anak dana pola pikir orang tua akan berbeda.
12. Ciptakan keluarga yang harmonis, sehingga sianak akan merasa nyaman berada dirumah. Jika didalam keluarga merasa tidak nyaman
maka sianak akan mencari kenyamanan di luar. hal ini akan sangat berbahaya.
13. Berikan kata – kata mutiara yang menyentuh hati sianak, misalnya “sepandai – pandai tupai melompat, suatu saat akan jatuh juga ” atau hidup ini adalah perjuangan, jika tidak berjuang dalam hidup maka nantinya
akan susah. Atau juga “pendidikan adalah pemutus mata rantai kemiskinan, maka dari itu kamu harus bersungguh – sungguh dalam belajar, agar nanti hidupmu tidak susah, dan lain sebagainya.

Itulah yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi kenakalan remaja ini, semoga bermanfaat agi para pembaca semuanya. Dan semoga kita di berikan anak yang sholeh dan Sholehahah. amin…
Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu..

Artikel terkait : Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Sosial Masyarakat Secara Efektif

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *