BAGAIMANA CARA MENGELOLA KEUANGAN USAHA AGAR SUKSES

BAGAIMANA CARA MENGELOLA KEUANGAN USAHA AGAR SUKSES

Peluang Usaha – Bikin catatan yang komplit tentang keuangan, baik itu kontan flow (duit masuk/keluar), catatan omzet harian, mingguan serta bulanan, catatan pembelian usaha anda. Tak peduli seberapa kecil usaha yang sudah anda mulai, persiapkanlah pencatatannya dengan baik, supaya bila satu hari kelak usaha itu jadi besar, anda telah terbiasa….

Sesungguhnya, terkecuali untuk argumen diatas, pencatatan keuangan begitu dibutuhkan untuk mengukur kemampuan serta tujuan anda apakah telah terwujud atau belum. Banyak usaha kecil yang bangkrut walau sebenarnya punya potensi jadi besar, cuma lantaran permasalahan pencatatan keuangan usaha ini.

Satu diantara kekurangan UMKM serta usaha kecil menengah semacam yaitu masalah manajeman keuangan. Ya, masalah mengatur keuangan usaha ini jadi permasalahan yang begitu rumit untuk entrepreneur pemula serta yang memiliki UMKM.

Sulitkah lakukan pencatatan serta mengatur keuangan usaha? Dapat ya, dapat tak. Namun semuanya mesti diawali, walau lewat cara paling simpel meskipun.

Berikut ini ada 6 tips jitu dalam mengelola keuangan usaha anda :
A.  Pisahkan Duit Usaha serta Duit Pribadi

Ini di nomer urut pertama lantaran ini begitu utama. Umumnya biang kerok kebangkrutan usaha kecil lantaran tak lakukan pembelahan keuangan ini. Tak terang mana uang untuk usaha, mana uang untuk kepentingan pribadi. Tercampur baur tidak karuan. PISAHKAN! sekali lagi PISAHKAN!

Ambil upah dari hasil keuntungan usaha anda sendiri untuk kepentingan pribadi. Bila belum dapat upah besar, ya kecil juga tidak apa-apa, asal terdaftar. Jikalau belum dapat juga, ya menunda kesenangan, kencangkan ikat pinggang untuk kerjakan usaha anda tanpa ada digaji!

Sering kali pelaku usaha kecil tak memisahkan keuangan pribadinya dengan keuangan usaha. Argumennya lantaran toch usahanya masihlah kecil, jadi belum kompleks. Namun ini yaitu kekeliruan fatal. Jadi buat dua account yang terpisah, bila Anda butuh suntikan dana ambillah dengan prosentasi spesifik dari modal. Lantaran saat Anda beli keperluan pribadi Anda dengan duit usaha, Jadi tanpa ada sadar duit usaha Anda bakal tergerus serta habis.
B.  Gunakan pihak ke-3 atau Manfaatkanlah Software

Sofware ini berfungsi untuk mengatur keuangan usaha anda dengan mudah tanpa ribet.

Di market sangat banyak software manajemen keuangan simpel untuk usaha kecil di jual. Harga nya juga bermacam sesuai sama keperluan. Ini lebih menghemat saat serta pekerjaan anda daripada menggaji seseorang akuntan. Atau bila tak dapat pula, kerjakan pencatatan simpel di buku yang terpisah atau anda dapat memakai excell.

C.  Pakai karyawan

Dengan menggunakan karyawan kita bisa mengatur keuangan uasaha untuk menolong lakukan pencatatan keuangan usaha kecil anda. Berinvestasilah di SDM. Atau jikapun itu belum sangat mungkin, manfaatkanlah software untuk mengelola keuangan anda.
Oke, Apa sajakah sih yang butuh dibukukan dalam mengelola keuangan usaha kecil dengan cara simpel?

Sesungguhnya begitu sederhana serta gampang kok asal kita ingin mengerjakannya. Hal yang butuh anda sediakan sekurang-kurangnya buat 6 buku account atau buku rekening atau bhs mudahnya buku catatan terpisah yang mencatat masing-masing transaksinya. Apa sajakah itu?
1. Buku Arus Kas atau buku kas

Catatan keluar masuk duit dengan cara riil. Berisi cuma catatan duit keluar serta masuk saja. Dari pos manapun. Ini yang pertama. Sederhananya, itu lho seperti buat buku kas di mesjid-mesjid atau di RT/RW kita itu. Duit keluar…uang masuk…lalu saldo. SIMPEL!
2. Buku Persediaan Barang

Catatan untuk tiap-tiap bertambahnya barang masuk lantaran pembelian ke suplier yang kita kerjakan serta menyusutnya barang lantaran laris terjual. Ini dapat begitu SIMPEL!
3. Buku Pembelian serta Penjualan

Catatan duit keluar lantaran pembelian barang yang kita kerjakan. Nilai rupiahnya. Tulis nilai rupiahnya tiap-tiap kita lakukan pembelian barang ke suplier. Tulis juga duit masuk lantaran penjualan. Buku ini dapat pula jadi ringkasan dari buku kas, namun spesial pembelian serta penjualan saja. Kumpulkan data dari buku kas harian, masukan ke buku ini. Dengan buku ini, kita dapat memonitor berapakah besar pembelian serta berapakah besar penjualan (omzet), serta selisihnya segera jadi laba kotor sebelumnya dikurangi bebrapa cost.
4. Buku Hutang Piutang

Bila ini sih umumnya telah miliki. ya tulislah hutang pelanggan serta piutang anda ke pihak supplier.
5. Buku Cost serta pendapatan lain terkecuali dari penjualan barang/layanan kita

Catatan bebrapa cost serta pendapatan lain mesti dihimpun dalam satu account/buku sendiri. Ini utama untuk memperoleh data laba bersih. bebrapa cost itu seperti listrik, telephone, pengemis dll. Sedang pendapatan lain itu umpamanya jual kardus sisa, parkir dll.

6.  Buku Catatan pengeluaran dan Pendapatan

Tulislah pengeluaran atau biaya produksi, biaya operasional, biaya transfort dan lain lain, sedangkan biaya pemasukan didapat dari hasil penjualan suatu usaha, Ini penting sekali untuk mengetahui seberapa besar laba yang diperoleh setiap bulannya. Sehingga apabila terjadi sesuatu bisa diketahui penyebabnya.

Nah itulah artikel tentang bagaimana cara mengelola keuangan usaha ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *