Cara Efektif Menjaga Agar Jantung Sehat Dan Terhindar Dari Penyakit Jantung

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Jantung ?

Pengertian penyakit jantung yaitu satu keadaan yang mengakibatkan Jantung tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Ada Cara efektif  menjaga agar jantung sehat dan bisa terhindar dari yang namanya penyakit jantung secara alami. Beberapa hal itu diantaranya Otot jantung yang lemah (kelainan bawaan mulai sejak lahir) serta atau ada celah pada serambi kanan serta serambi kiri, oleh lantaran tak sempurnanya pembentukan susunan yang memisahkan pada ke-2 serambi waktu pasien masihlah didalam kandungan. Hal semacam ini mengakibatkan darah bersih serta darah kotor tercampur.

Penyakit jantung bisa menyerang siapapun, tak tahu itu orangtua, anak kecil, pria ataupun wanita. Dari semuanya kelompok manusia bisa terkena penyakit jantung. Biasanya penyakit jantung muncul lantaran gaya hidup yang kurang sehat hingga menyebabkan munculnya penyakit ini, diluar itu ada pula sebagian penyakit yang bisa beresiko pada kesehatan jantung juga. Termasuk mereka yang berada di golongan ekonomi menengah kebawah dan orang yang berusia dewasa muda.

Cara Mencegah Penyakit Jantung
Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit Jantung koroner [ PJK ], adalah penyakit yang terjadi apabila ada penyempitan pembuluh darah koroner oleh bahan berlemak seperti lilin yang di sebut dengan plak. Proses pembentukan plak dari kolesterol [ atheorosclerosis ] yang menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit dan kaku. Proses ini terjadi sejak bayi dan berlanjut sampai manusia beranjak dewasa.

Kemungkinan hal ini bisa terjadi apabila Anda :

1.  Perokok

2.  Menderita Tekanan Darah Tinggi

3.  Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi

4.  Tidak Aktif Berolah Raga

5. Menderita Kencing Manis

6.  Mengalami Kegemukan

7.  Memiliki anggota keluarga yang mengalami PJK, memiliki resiko lebih tinggi, apabila mempunyai riwayat keluarga yang mengalami PJK, seperti saudara laki – laki mengalami PJK diusia < 55 tahun, atau saudara perempuan mengalami PJK diusia < 65 tahun.

Gejala Timbul Nya Penyakit Jantung Koroner [ PJK ]

1.  Kondisi Tubuh Lemah

2.  Susah Tidur [ insomia ]

3. Batuk

4. Penurunan Berat Badan

5.  Mengalami Pembengkakan

6.  Sakit Di Organ Tubuh

7.  Pusing Kepala.

Bagaimana Caranya Mencegah Penyakit Jantung ?

Cara Mencegah Penyakit Jantung
Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit Jantung dapat di cegah dengan cara membuat perubahan menuju gaya hidup sehat, menjaga pola makan, menjaga pola pikir dan menjaga pola hidup sehat.

A. Menjaga gaya Hidup Sehat

Menjaga gaya hidup sehat adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung. Seperti dari segi kebersihan lingkungan, kebersihan makanan, kebersihan rumah, dan menjaga kebersihan jiwa [ hati ].

B. Menjaga Pola Makan

Memilih makanan yang sehat memang menjadi suatu keharusan dalam upaya untuk mencegah terjadi nya penyakit jantung. sepeerti misal nya, mengurani akanan yang mengandung lemak jenuh dan makanan trans [ serba instant ]. seperti makanan cepat saji, sosis, kentang goreng, donat, keripik, dan gorengan. Mengurangi makanan yang mengandung gula, minuman bersoda, minuman teh kemasan, jus buah kalengan, serta makanan yang terlalu banyak mengandung garam.

Pola makan yang seimbang dengan makanan buah dan sayuran segar akan membantu mencegah penyakit jantung menjadi sehat.

C. Menjaga Pola Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu untuk mencegah penyakit jantung, seperti misal nya rajin berolah raga, berhenti merokok, menghindari stres dan menjauhi narkoba, serta rajin beribadah. Ya intinya bergerak seperti misalnya Aktif Bergerak :
Aktivitas Fisik tidak hanya olah raga [tidak harus mahal dan membutuhkan banyak aksesoris] tetapi juga meliputi aktivitas
seperti yang di sebutkan di bawah ini :
1. Bermanin di luar rumah
2. Lebih memilih naik tangga dibandingkan dengan naik lift
3. Melakukan pekerjaan rumah tangga seperti misalnya, ngepel, nyapu halaman dan di dalam rumah, mencuci pakaian, menggosok
pakaian, dan lain – lain.

D. Menjaga Pola Pikir

Salah satu cara menjaga terjadi nya penyakit jantung adalah menjaga Pola pikir yang sehat seperti misal nya menghindari stres, rajin beribadah, melatih ketenangan, melatih rileks, atau terapkan pola 3S yaitu santai senyum, sukses.

Ya karena hal – hal yang berhubungan dengan jiwa atau ketenangan batin akan mengurangi penyakit jantung, karena menurut saya yang butuh makanan atau asupan bukan hanya tubuh ini, tetapi juga jiwa ini membutuhkan yang namanya asupan berupa hal yang di sebutkan tadi di atas. Atau hal yang bersifat rohani.

Cara Mencegah Penyakit Jantung
Cara Mencegah Penyakit Jantung

Karena menurut seorang ahli, salah satu timbul nya suatu penyakit adalah dari pikiran atau jiwa seseorang. Nah di sinilah banyak orang yang belum menyadari nya atau belum tahu. Karena dengan pikiran seseorang bisa jadi sakit, dengan pikiran seseorang bisa juga sehat tergantung dari pola pikir kita masing – masing.

Sebagai contoh saya sudah pernah mengalami sakit, bahkan beberapa kali. Dan dengan mengubah pola pikir yang keliru, maka saya telah sembuh dari penyakit itu. Di awal – awal memang saya tidak percaya akan hal itu, tetapi saya coba beberapa kali, maka Alhamdulillah penyakit yang saya derita tidak kambuh lagi.

Kesimpulan nya adalah : Untuk mengetahui kondisi jantung Anda, lakukan pengecekan secara rutin ke Dokter untuk memeriksa tekanan darah, kolesterol, gula darah, indeks massa tubuh [ perbandingan berat badan dan tinggi badan, ] dan membuat rencana untuk menerapkan pola – pola di atas tadi di dalam buku harian Anda, sehingga mempunyai jadwal yang tepat. Dan jangan lupa berdoa kepada yang Maha Kuasa agar kita di beri jantung yang sehat supaya bisa berfungsi dengan baik. Aminnnn…

Itulah ulasan tentang cara efektif menjaga agar jantung yang sehat ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua nya. Dan terima kasih atas kunjungan nya dan salam sukses selalu. Aminnn…

Artikel lain nya :

13 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

8 Cara Terbaik Menghilangkan Jerawat Secara Efektif dan Alami

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *