Bagaimana Caranya Menjadi Investor Usaha Yang Sukses

Cara Menjadi Investor Modal Usaha

Cara Menjadi Investor Usaha
Cara Menjadi Investor Usaha

Menjadi Investor Modal suatu usaha ini adalah sebuah bisnis penanaman modal, mirip dengan saham.
Menanamkan modal untuk sebuah usaha yang di kelola oleh orang lain atau perusahaan, baik untuk membangun usaha baru atau untuk keperluan perluasaan usaha yang pendapatan nya sesuai dengan perjanjian di awal. Yang keuntungan nya bisa didapatkan setiap bulan. Tentang bagaimana caranya menjadi investor usaha yang sukses, saya akan berikan beberapa gambaran tentang bagaimana cara memulai, hambatan menjadi investor, hingga tips sukses menjadi investor ini.
.
Bisnis ini tidak butuh pengelolaan kita, karena kita hanya sebagai pemodal dan yang mengelolanya adalah orang lain atau perusahaan, yang tentu sudah ahli dalam bisnisnya tersebut. Jika kita akan menginvestasikan modal tersebut, tentu kita harus jeli, apakah orang yang kita tanamkan modalnya benar – benar sudah ahli dalam bisnisnya. jangan sampai terjadi sesuatu yang diinginkan oleh kita sebagai investor sehingga bisnisnya tidak berjalan sesuai keinginan alias bangkrut, karena kurang ahli dalam pengelolaan uang dan manajemen
bisnisnya. cara yang bisa kita lihat dalam mencari fartener bisnis yang sudah profesional, bisa kita lihat dari Profil perusaaan nya, atau juga memang anda benar yakin, bahwa sipebisnis itu memang ahli dalam bidangnya.
Sasaran Konsumen
Sasaran Konsumen Investor adalah orang atau perusahaan yang membuthkan modal usaha, baik untuk membuka usaha maupun untuk keperluan perluasan jaringan atau buka cabang usaha. Caranya adalah kita menyerahkan sejumlah uang kepada orang atau perusahaan tersebut. Setelah itu kita mengadakan MOU atau perjanjian diatas materai untuk pembagian keuntungan, yang biasanya keuntungan itu berupa persentase, ada yang 30% : 70%, 40% : 60%, 50% : 50%, dan lain sebagainya, dimana misalnya #0% untuk yang mengelola atau perusahaan, 70% untuk investor. itu sih tergantung kesepakatan diawal, jadi tidak mengikat.
Artikel lainnya : Pembagian Keuntungan Berdasarkan Hukum Syariah Agama Islam
Bagaimana Jika Terjadi Resiko Bangkrut ?

Cara Menjadi Investor Usaha
Cara Menjadi Investor Usaha

Jika perusahaan atau orang yang kita investasi usahanya merugi, bahkan bangkrut, maka sebaiknya diawal kita adakan perjanjian secara lebih terperinci, apakah kita masih bisa mendapatkan keuntungan atau tidaknya. Tetapi menurut saya jangankan memberikan keuntungan kepada investor, bahkan untuk mengembalikan modal saja tidak bisa maka, caranya adalah kita minta jaminan aset nya yang ada di perusahaan tersebut menjadi milik kita sesuai dengan nilai investasi yang kita tanamkan. Jadi dengan begitu kita bisa menjual aset tersebut untuk menarik modal yang kita tanamakan.
Bagaimana Cara Memulai Usaha Investasi Ini ?
Pertama yang harus dilakukan oleh investor adalah mencari target yang membutuhkan modal usaha. Setelah menemukannya langkah selanjutnya adalah meneliti kemampuan, meneliti resiko usaha, kepercayaan, tanggung jawab serta prosfek kedepan dari usahanya tersebut, kemudian membuat perjanjian pembagian keuntungan yang akan kita peroleh perbulan nya dengan mereka. Pembagiannya sesuai dengan kesepakatan diawal.
Untuk selanjutnya kita juga mempunyai hak untuk memeriksa pembukuan, jika ditemukan sesuatu yang ganjil kita harus bisa bertindak secepatnya dengan meminta uang kembali atau memberi teguran kepada rekan tersebut.
Hambatan Bisnis Investasi
yaitu cukup sulitnya menemukan orang atau perusahaan yang benar – benar bisa dipegang komitmennya, baik dalam pembagian keuntungan, maupun dalam hal profesionalitasnya dalam mengelola sebuah usaha. Tetapi bukan berarti tidak ada orang yang bisa di jadikan fartner bisnis ini. Maka sebaikna sebelum kita menginvestasikan uang itu, kita harus benar – benar megetahui profil orang atau perusahaan tersebut dengan lengkap. Baik itu tempat tinggalnya, NPWP nya jika perusahaan, Asal nya dari mana, keahliannya, keluarganya dan usahanya secara detail. Hal ini di lakukan untuk antisipasi jika terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan kedepanya. Tidak juga kita lupakan tentang kita harus mengecek pembukuanya, dan kebijakan yang dilakukan oleh rekan kita ini. Bisa juga kita memberikan saran atau masukan yang berharga dalam upaya memperbaiki usaha yang dilakukannya.

Cara Menjadi Investor Usaha
Cara Menjadi Investor Usaha

Baca Artikel lainnya : Bagaimana Cara Mencari Fartner [ Rekan ] Bisnis Yang Bisa Diandalkan
Analisa BEP atau Balik Modal
Dalam Bisnis Investasi ini, kita cukup sulit memprediksinya. Semuanya mempunyai beberapa hal yang berpengaruh dan tergantung bisnis apa yang dijalankannya.

Itulah ulasan mengenai Bagaimana Cara Menjadi Investor Usaha yang sukses ini, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi investor.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Aminnn…

Artikel lainnya :

7 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Modal Usaha

Bagaimana Cara Menciptakan Uang Bekerja Untuk Kita

 

SANGGARBisnisOnline.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *