CARA DAFTAR BPJS SECARA OFFLINE DAN ONLINE TAHUN 2017

BAGAIMANA CARA DAFTAR BPJS SECARA OFFLINE DAN ONLINE TAHUN 2017

Cara Daftar BPJS – Kesehatan memanglah suatu hal yang begitu utama serta tidak dapat disepelekan. Bagaimana tak, kehidupan yang makin jauh dari sehat serta harga obat serta penyembuhan yang makin lama makin mahal bikin kesehatan jadi satu aset yang begitu bernilai dalam kehidupan ini. Indonesia sebagai negara yang mempunyai standard kesehatan yang masih tetap jauh bila dibanding dengan negara-negara maju selalu bergerak melakukan perbaikan system serta sarana kesehatannya. Satu diantara usaha serta usaha pemeritah Indonesia untuk melakukan perbaikan kesehatan di Indonesia yaitu dengan mengadakan BPJS Kesehatan.

CARA DAFTAR BPJS SECARA OFFLINE DAN ONLINE TAHUN 2017
CARA DAFTAR BPJS SECARA OFFLINE DAN ONLINE TAHUN 2017

BPJS Kesehatan atau Tubuh Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sendiri dengan cara resmi didirikan pada 1 Januari 2014 sebelumnya setelah bernama Askes (Asuransi kesehatan). BPJS Kesehatan didirikan oleh pemerintah berbarengan dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai penyedia service jaminan sosial untuk semua rakyat Indonesia. Program BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan diselenggarakan dengan diinginkan dapat mengakomodasi keperluan orang-orang bakal jaminan sosial berkaitan kesehatan serta ketenagakerjaan. Sayangnya walau terlihat mempunyai tujuan baik, sayangnya program-program ini kurang optimal karena sosialisasi yang dikerjakan begitu kurang. Akhirnya, di lapangan juga ada banyak orang-orang kita yang tidak paham langkah mendaftar BPJS kesehatan.

CARA DAFTAR BPJS SECARA OFFLINE DAN ONLINE TAHUN 2017
CARA DAFTAR BPJS SECARA OFFLINE DAN ONLINE TAHUN 2017

Pada umumnya, langkah mendaftar BPJS kesehatan ini ada 2 pilihan yakni dengan cara off line serta on-line. Semasing cara ini memanglah mempunyai tingkat keringanan serta kesulitannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu sebelumnya daftarkan diri alangkah sebaiknya Anda mamhami semasing cara pendaftaran ini supaya Anda dapat menyesuaikannya dengan kekuatan serta keadaan Anda sekarang ini. Umpamanya sebagai contoh, Anda tak memahami mengenai internet jadi sebaiknya Anda mendaftar dengan cara off line, demikian demikian sebaliknya bila Anda terasa dapat lakukan pendaftaran dengan piranti serta jejaring internet jadi semakin lebih gampang untuk Anda bila mendaftar dengan cara on-line.

Bicara mengenai langkah mendaftar, terkecuali prosedur, dokumen jadi hal utama yang perlu Anda sediakan terlebih dulu.
Prasyarat Dokumen Daftar BPJS Kesehatan Untuk Perseorangan, Mandiri, Karyawan, PNS, Polisi, TNI serta Umum

Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar BPJS

Baik mendaftar dengan cara off line ataupun on-line terdapat banyak dokumen atau berkas umum yang butuh Anda buat persiapan yakni :

1.  Kartu jati diri yang masih tetap berlaku (KTP, SIM, Atau Paspor)
2.  Kartu Keluarga Atau KK paling baru
3.  Buku nikah untuk yang telah menikah
4.  Foto copy buku tabungan Sebagai penanggung biaya
5.  Cocok Photo ukuran 3×4 sejumlah 2 Lembar

Sesudah mempersiapkan dokumen yang Anda butuhkan, langkah setelah itu yaitu mendaftar. Anda bisa mengerjakannya dalam dua langkah.

Langkah Mendaftar BPJS Kesehatan Dengan cara Segera (Off line)

A.  Langkah Daftar BPJS Secara Offline

1.  Sediakan kriteria umum yang diperlukan untuk mendaftar tadi seperti foto copy KK, KTP, photo paling baru 3×4 1 lembar, serta iuran bln. pertama sesuai sama kelas yang Anda kehendaki (25 ribu, 42 ribu, atau 59 ribu).
2.  Datangi kantor BPJS Kesehatan paling dekat dari tempat tinggal Anda. Bila sangat mungkin daftarlah dengan cara kolektif dengan koordinasi dari ketua RT supaya lebih gampang.
3.  Sesampainya di kantor BPJS Kesehatan Anda bakal diberikan form pendaftaran. Isilah dengan jeli serta cermat, jangan pernah Anda lakukan penulisan yang salah dengan dokumen yang Anda punyai. Ini karna kekeliruan dalam pengisian form bisa mengakibatkan permasalahan masa datang.
4.  Sesudah formulir telah Anda isi, Anda bakal di beri virtual akun di mana nanti bakal dapat Anda pakai sebagai media pembayaran ataupun transfer dana klaim waktu diperlukan.
5.  Kerjakan pembayaran di Bank yang sudah ditunjuk.
6. Kembali pada kantor BPJS Kesehatan dengan menyerahkan bukti transfer, lantas tunggulah sampai kartu BPJS Anda usai diciptakan.

B.  Langkah Mendaftar BPJS Kesehatan dengan cara Online

Pertama-tama, untuk konfirmasi pendaftaran Anda mesti menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti Kartu Sinyal Masyarakat (KTP), Kartu Keluarga (KK), kartu NPWP, dan alamat e-mail dan nomor handphone aktif.
Kemudian buka halaman situs www. bpjs-kesehatan. go. id dari browser piranti PC ataupun mobile phones/tablet Anda.
A. Isi data yang sudah disiapkan dengan benar yang meliputi data diri dan pilihan kelas yang di tawarkan, alamat komplit, sarana kesehatan yang meliputi Faskes Tingkat I dan Faskes Gigi dengan pilihan lembaga yang anda tentukan sebagai tempat referensi, dan yang paling akhir spesial untuk Warga Negara Asing (WNA) yang menginginkan memperoleh sarana BPJS.
B. Tentukan cost iuran perbulan Anda di antara kelas III, kelas II sampai kelas I dengan rentang cost dari 25. 500 sampai 59. 500 ribu rupiah perbulannya.
C. Taruh data Anda dan tunggulah e-mail pemberitahuan nomor registrasi di e-mail anda. Sesudah Anda peroleh notifikasinya, print lembar Virtual Akun itu.
D. Kerjakan pembayaran di Bank yang sudah ditunjuk seperti BNI, BRI, dan Mandiri.
E. Sesudah menyerahkan duit dan Nomor Virtual pada Teller Bank kelak Anda bakal memperoleh bukti pembayaran.
F. Saat ini BPJS kesehatan anda telah aktif, silakan cek e-mail Anda karna bakal ada balasan dari BPJS berbentuk G. E-ID Card Tubuh Penyelenggara Jaminan Sosial yang dapat diprint sendiri.
H. Anda dapat juga lakukan print kartu BPJS di kantor cabang BPJS paling dekat. Untuk lakukan ini Anda segera saja ke sisi Print kartu BPJS Kesehatan nya. Cukup memberi semuanya data terlebih dulu, form isiannya, Virtual akun, dan bukti payment.

Terkecuali langkah dokumen dan langkah daftar ada banyak hal yg tidak kalah utama yang perlu Anda cermati dalam mendaftar BPJS Kesehatan dengan cara on-line, seperti :

1. Daftar baiknya pada awal bln. agar Anda tak alami kerugian
2. Faskes info (IGD) tujuannya yaitu cuma melayani kondisi darurat, tak melayani penyembuhan
3. Faskes keteragan (JST) tujuannya yakni sisa hubungan kerja dengan Jamsostek, dapat melayani service BPJS Kesehatan keseluruhan
4. Untuk Pendaftaran BPJS On-line Kartu E-ID dapat diprint sendiri serta hal itu berbentuk valid
5. Pembayaran iuran paling lambat tanggal 10 tiap-tiap bulannya. Bila terlambat jadi Anda bakal dikenai denda sebesar 2%.
6. Tak ada ketidaksamaan dalam service medis di kelas I, kelas II, ataupun kelas III. Type obat, kwalitas obat, perlakuan medis, semua sama rata. Yang membedakan cuma service non-medisnya, seperti kelas ruangan inap.
7. Cost naik kelas kamar rawat inap, umpamanya tercatat kelas 1 (13 juta) menginginkan naik jadi kelas VIP (16juta), jadi keseluruhan cost = harga VIP (16 juta) dikurangi Tarif INA-CBGs (5 juta) (bukanlah harga VIP dikurangi harga kelas 1)

Tentukan Daftar BPJS Yang Sesuai sama Dengan Kenyamanan Anda

Hal yg tidak kalah utama yaitu tentukan langkah daftar BPJS Kesehatan yang sesuai sama kenyamanan Anda. Sebagai perbandingan, untuk Anda yang memprioritaskan efesiensi saat dan minim cost operasional, Anda bisa pilih pendaftaran dengan cara on-line. Tetapi bila Anda membutuhkan info lebih tentang BPJS, begitu dianjurkan Anda mendaftar dengan cara segera, begitu Anda bisa dengan leluasa bertanya pada petugas BPJS tentang info yang Anda perlukan.

Itulah informasi tentang cara daftar BPJS ini, baik secara offline maupun secara online yang perlu kita ketahui. Informasi lebih lengkapnya mengenai BPJS ini silahkan kunjungi website resmi BPJS nya di www.bpjs.com

Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi..

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *