Cara Jitu Mengatasi Pengangguran Dan Dampak yang terjadi Akibat Pengannguran

Cara Jitu Mengatasi Pengangguran Dan Dampak yang terjadi Akibat Pengangguran

Masalah sosial  memang banyak ragamnya dan bahkan akibat adtau dampak yang ditimbulkan dari pengangguran ini sangat mengganngu sebuah tatanan negara yang kita cintai ini. Dan salah satu masalah sosial tersebut adalah masalah pengangguran.

Pada umumnya langkah menangani pengangguran yaitu dengan tingkatkan investasi, tingkatkan kwalitas SDM, transfer tehnologi serta penemuan tehnologi baru, pembenahan piranti hukum dalam bagian ketenagakerjaan, serta lainlain. Dengan cara tehnis kebijakan beberapa usaha ke arah itu bisa ditempuh dengan beragam kebijakan umpamanya :

A. CARA MENGATASI PENGANGGURAN
1. Tingkatkan transmigrasi
Transmigrasi adalah langkah pemerintah meratakan jumlah masyarakat dari pulau yang berpenduduk padat ke pulau yang masihlah tidak sering penduduknya dan memaksimalkan sumber kekayaan alam yang ada.

2. Lakukan deregulasi serta debirokrasi
Deregulasi serta debirokrasi di beberapa bagian industri untuk merangsang munculnya investasi baru. Deregulasi ini berarti pergantian ketentuan ketentuan main pada sebagian bagian spesifik. Deregulasi umumnya ke arah penyederhanaan ketentuan. Debirokrasi berarti pergantian susunan aparat pemerintah yang mengatasi sebagian bagian spesifik. Debirokrasi umumnya ke arah penyederhanaan jumlah pegawai/instansi pemerintah yang mengatasi satu masalah spesifik.

3. Memperluas lapangan kerja
Pelebaran peluang kerja lewat cara membangun industri-industri baru terlebih yang berbentuk padat karya. Karenanya ada masa perdagangan bebas dengan cara regional serta internasional sesungguhnya terbuka lapangan kerja yang makin luas tak saja didalam negeri juga ke luar negeri. Ini bergantung pada kesiapan tenaga kerja untuk berkompetisi dengan cara bebas di pasar tenaga kerja internasional.
4. Membangun pusat-pusat latihan kerja
Pusat-pusat latihan kerja butuh didirikan untuk melakukan kursus tenaga kerja untuk isi formasi yang ada.

5. Tingkatkan perkembangan ekonomi
Pemerintah butuh selalu tingkatkan perkembangan ekonomi hingga bakal memberi kesempatan untuk penciptaan peluang kerja.

6. Mendorong investasi
Pemerintah butuh selalu mendorong masuknya investasi baik dari dalam negeri ataupun luar negeri untuk membuat peluang kerja di Indonesia.

7. Tingkatkan mutu pendidikan
Mendorong majunya pendidikan, dengan pendidikan yang ideal sangat mungkin seorang untuk peroleh peluang kerja yang tambah baik. Saat ini sesuai sama perintah undang-undang, pemerintah diamanatkan untuk membagikan dana APBN sebesar 20% untuk bagian pendidikan nasional.

8. Mengadakan bursa pasar kerja
Bursa tenaga kerja yaitu penyampaian info oleh perusahaan-perusahaan atau pihak-pihak yang memerlukan tenaga kerja pada orang-orang luas. Maksud dari aktivitas ini yaitu supaya berlangsung komunikasi yang baik pada perusahaan serta pencari kerja. Sampai kini banyak info pasar kerja yg tidak dapat tersosialisasikan hingga ke orang-orang, hingga menyebabkan info lowongan kerja cuma dapat dibuka oleh kelompok spesifik.

9. Menggalakkan aktivitas ekonomi informal
Kebijakan yang memihak pada pengembangan bidang informal, lewat cara meningkatkan industri rumah tangga hingga dapat menyerap tenaga kerja. Saat ini sudah ada instansi pemerintah yang spesial mengatasi permasalahan aktivitas ekonomi informal yaitu Departemen Koperasi serta UKM. Diluar itu dalam pengembangan bidang informal dibutuhkan keterpihakan dari Pemda setempat.

10. Tingkatkan ketrampilan tenaga kerja
Pengembangan sumber daya manusia dengan penambahan ketrampilan lewat kursus bersertifikasi internasional. Berdasar pada survey mengenai kwalitas Tenaga Kerja tunjukkan kalau ranking Human Development Index Indonesia di Asia pada th. 2000 ada di peringkat 110. Sesaat negara lain seperti Vietnam ada diperingkat 109, Filipina (77), Thailand (69), Malaysia (59), Brunei Darussalam (32), Singapura (25), Jepang (9). Data ini tunjukkan rendahnya kwalitas sumber daya manusia hingga penambahan ketrampilan mereka jadi begitu butuh dikerjakan.

B. DAMPAK YANG DITIMBULKAN DARI MASALAH PENGANGGURAN

Pengangguran begitu beresiko pada kehidupan perekonomian serta kehidupan sosial orang-orang. Perkembangan ekonomi yang alami penurunan, serta bahkan juga tingkat kesejahteraan orang-orang yang alami penurunan yaitu satu diantara efek pengangguran. Di bawah ini sebagian efek pengangguran pada perekonomian serta kehidupan sosial

.

1. Tingkatkan Cost Sosial
Pengangguran nyatanya menyebabkan meningkatnya cost sosial. Lantaran, pengangguran mengharuskan orang-orang menanggung bebrapa cost seperti cost perawatan pasien yang stres (depresi) lantaran menganggur, cost keamanan serta cost penyembuhan akibat meningkatnya tak kriminalitas yang dikerjakan oleh penganggur, dan cost pemulihan serta renovasi sebagian tempat akibat demonstrasi serta kerusuhan yang dipicu oleh ketidakpuasan serta kecemburuan sosial beberapa penganggur.

2. Turunkan Tingkat Ketrampilan
Dengan menganggur, tingkat ketrampilan sesepramg bakal alami penurunan. Makin lama menganggur, makin alami penurunan juga tingkat ketrampilan seorang.

3. Turunkan Penerimaan Negara
Orang yang menganggur tak mempunyai pendapatan (pendapatan). Itu bermakna makin beberapa orang yang menganggur, bakal makin turun juga penerimaan negara yang didapat dari pajak pendapatan.

4. Turunkan Kesibukan Perekonomian
Pengangguran mengakibatkan turunnya daya beli orang-orang. Daya beli orang-orang yang alami penurunan mengakibatkan turunnya keinginan pada barang serta layanan. Hal semacam ini menyebabkan beberapa entrepreneur serta investor tak bergairah lakukan pelebaran serta pendirian industri baru hingga kesibukan perekonomian jadi turun.

5. Turunkan Perkembangan Ekonomi serta Pendapatan Per Kapita
Orang yg tidak bekerja (menganggur) akan tidak membuahkan barang serta layanan. Itu bermakna makin beberapa orang yang menganggur jadi PDB (Product Domestik Bruto) yang dihasilkan bakal alami penurunan. PDB yang alami penurunan bakal mengakibatkan turunnya perkembangan ekonomi sekalian turunnya pendapatan per kapita.

Itulah uaraian mengenai Cara Mengatasi Masalah Pengangguran ini dan dampaknya, semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya dan salam sukses selalu. Amin…

Artikel lain :

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Sosial Masyarakat Secara Efektif

7 Cara Jitu Mengatasi Masalah Kesehatan

 

 

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *