CARA MEMBINA HUBUNGAN ANTARA ANGGOTA KELUARGA

CARA MEMBINA HUBUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN

OKEY… kita jumpa lagi, fdan kali ini saya akan melanjutkan menulis artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu CARA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH.

YAITU CARA MEMBINA HUBUNGAN KELUARGA DAN LINGkungan. Yaitu keluarga dalam ruang lingkup yang lebih besar, yang tidak hanya hubungan antara ayah, ibu dan anak ( nuclear family ), akan tetapi menyangkut hubungan persaudaraan yang lebih besar ( extended family ), baik hubungan antara anggota keluarga maupun hubungan dengan anggota masyarakat.

Berikut penjelasannya :

1. Hubungan Antara Anggota Keluarga

Karena hubungan persaudaraan yang lebih luas menjadi ciri dari masyarakat kita, hubungan diantara sesama keluarga besar harus terjalindengan baikantara anggota keluarga dari kedua belah pihak. Suami harus baik dengan keluarga istri, begitu juga sebaliknya, istri harus baik dengan keluarga suami.

Hal ini tertera dalam Firman Allah SWT ( Q.S -4 An Nisa ” : 1 ) yang artinya berbunyi :

Dan bertaqwalah kepada ALLAH yang dengan mempergunakan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan peliharalah hubungan silaturahim ”

2. Hubungan Dengan Tetangga Dan Masyarakat

Tetangga merupakan orang yang terdekat, orang orang yang terdekat yang umumnyalah merekalah orang yang pertama tahu dan yang pertama menolong kita , ketika ada terjadi masalah di keluarga kita, baik itu musibah., maupun acara – acara keluRga kita.

Oleh karena itu sangatlah janggal kalau hubungan dengan tetangga tidak mendapat perhatian. Dapat kita bayangkan kalau sebuah keluarga tidak mau hidup rukun dan damai dengan tetangga, kemudian mengalami musibah yang memerlukan pertolongan orang lain, sedangkan hubungan dengan tetangga kurang harmonis.

Dengan cara saling kunjung mengunjungi dan saling berbagi rezeki ini adalah salah satu cara membina hubungan keluarga dengan tetangga dan masyarakat. Yang pada akhirnya akan tercipta hubungan keluarga yang bisa menumbuhkan rasa saling menyayangi dan mengasihi.

Begitu pentingnya hubungan baik dengan semua pihak, karena pada dasarnya ,manusia adalah mahkluk sosial, yang membutuhkan orang lain.

Dimana lingkungan sosial masyarakat adalah mata rantai yang tidak akan bisa diputuskan keberadaannya, tetapi justru harus dipelihara, dalam rangka menciptakan keluarga yang Sakinah.

Sebagai contoh, orang yang membutuhkan rumah, sudah pasti orang itu butuh yang namanya tukang, alat alat bangunan, dan lain lain yang pasti jasa orang lain untuk membangun rumah itu sangat kita butuhkan.

Demikianlah uraian tentang cara mebina keluarga Sakinah dan cara menjalin hubungan keluarga dengan tetangga dan masyarakat ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya .

Salam sukses selalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *