Cara Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri di WordPress

Wordpress
WordPress

Cara Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri di WordPress
Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri adalah salah satu langkah yang bisa kita ambil apabila kita ingin memiliki blog yang sesuai dengan kemauan kita melalui WordPress. WordPress merupakan salah satu wadah yang banyak digunakan oleh para blogger untuk membuat blog ataupun website. WordPress ini memiliki tampilan yang bagus sehingga pantas apabila kita manfaatkan untuk membuat sebuah blog yang professional. Jadi, tidak heran apabila banyak bolgger yang menggunakan platform ini.
Sebagai platform yang sangat memanjakan para penggunanya, maka WordPress merupakan wadah Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri Mudah untuk dipakai oleh semua kalangan. Baik itu yang sudah profesional atau pun mereka yang masih baru belajar di dalam dunia blogging untuk Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri. Selain itu, WordPress juga didukung dengan fitur-fitur yang memanjakan para penggunanya yang dikembangkan untuk semakin meningkatkan kualitas dari blog para pengguna WordPress itu sendiri.
Langkah-Langkah Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri
1.     Siapkan Domain Dan Hosting

Di dalam kita Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri melalui platform WordPress, pertama-tama kita perlu untuk mempersiapkan domain kita sendiri terlebih dahulu. Kita bisa membeli domain yang kita inginkan dari registar penyedia nya, baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Meskipun banyak domain yang disediakan secara gratis, akan lebih baik apabila kita menggunakan domain yang berbayar supaya kita bisa lebih profesional serta kita bisa mengakses secara penuh terhadap domain yang kita miliki.
Untuk membeli Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri, kita hanya dikenakan biaya antara 90 ribu hingga 120 ribu rupiah saja setiap tahunnya. Setelah kita memiliki domain kita sendiri, langkah selanjutnya adalah kita menyewa hosting. Hosting berfungsi untuk menyimpan data-data pada blog kita nantinya, jadi kita harus memilih hosting yang cepat dan baik ketika proses loading. Ada dua jenis hosting yang ada, pertama adalah shared hosted di mana kita akan berbagi hosting dengan pengguna lain dengan Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri Murah. Atau kita bisa memilih dedicated hosted dengan biaya yang lebih mahal namun privasi dari website kita terjaga dengan baik.

2.      Instal Hosting Dan Domain Di WordPress
Setelah kita memiliki hosting, langkah selanjutnya Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri adalah kita perlu untuk menginstal WordPress yang kita miliki ke hosting kita. Kita bisa melakukannya secara manual, atau pun dengan memanfaatkan software Softaculous yang bisa membuat proses instal menjadi lebih cepat serta mudah. Jadi, ketika kita sudah berhasil melakukan instalasi, maka website atau pun blog yang kita miliki sudah siap untuk dipakai dan kita tinggal mengisi dengan konten-konten yang kita inginkan.

3.     Memilih Theme
Untuk semakin membuat website atau blog kita semakin menarik, maka kita perlu untuk mempercantik tampilan dan theme yang ada. Untuk itu, kita bisa melakukan instalasi theme, baik itu yang bisa kita dapatkan secara gratis maupun yang premium dengan harga yang cukup lumayan. Namun, dijamin Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri dengan hal tersebut akan membuat blog kita akan semakin menarik perhatian para netizen.

4.     Instal Plugin

Selain itu, kita juga perlu untuk menginstal plugin dan membuat pengaturan pada blog kita supaya menjadi semakin rapi. Plugin -plugin yang penting untuk di pakai di blog wordpress, adalah :

I.    Seo By Yoast

II.    Wordpence Security

III.     Seo Friendly Image

IV.     Google XML Sitemaps

V.    Akismet

VI.    WP optimize

VII.    WordPress Related Post

5.     Menulis Artikel

Ketika blog sudah jadi, maka langkah selanjut nya adalah menulis artikel ke dalam blog kita supaya blog kita berguna bagi pengunjung, dan di usahakan konten yang ber manfaat dan informatif, supaya bisa menjadi solusi bagi pengunjung. Tujuan nya adalah tentu untuk mennarik pengunjung sebanyak – banyak nya.

Langkah untuk menulis artikel adalah : silahkan login ke wordpress sobat > Klik Dasboard > Post > Add New > silah kan tulis judul artikel dan isi artikel. Setelah selesai menulis artikel Klik Publis, untuk mem publikasikan nya
Kesimpulan Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri
Dengan kita melakukan langkah-langkah Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri diatas, maka blog yang kita inginkan akan menjadi kenyataan dengan memanfaatkan WordPress. Setelah kita selesai dengan langkah-langkah yang ada, yang perlu untuk kita lakukan selanjutnya adalah tinggal mengelola secara konsisten. Jadi, dengan mengikuti langkah-langkah Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Sendiri melalui WordPress diatas, maka kita akan bisa mendapatkan blog sesuai dengan keinginan kita. Itulah tadi gambaran tentang cara membuat blog self hosted di WordPress.

Sekian dahulu dan terima kasih.

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *