CARA MEMBUAT BLOG DENGAN WORDPRESS

Wordpress
WordPress

Untuk membuat Blog dengan platform wordpres, bisa di lakukan dengan 2 cara, yaitu cara gratisan dan cara berbayar dengan memakai domain dan hosting kita. Sebenar nya banyak sih platform yang bisa kita pake untuk membuat blog atau website, diantaranya adalah : wordpress, blogspot, tumblr,webly,jigsy,dan lain sebagainya. Akan tetapi di Indonesia ini umum nya pakai yang wordpress dan blogspot.

Membuat blog itu penting sekali untuk seorang blogger, karena bisa mempunyai kegunaan atau fungsi yang banyak, seperti , blog untuk mencari uang, atau bisnis, blog untuk berbagi tips dan trik bisnis, blog untuk sharing pendapat, blog juga bisa di pakai sebagai media sosial. Dan konten atau isi nya adalah informasi yang berguna bagi semua orang. Makanya penting bagi seorang blog, sebelum membuat blog mempunyai tujuan dari sekedar membuat blog. Yah itu terserah kepada masing – masing individu, mana yang lebih sesuai dengan hati dan pilihan.

Di sini saya akan memberikan cara membuat blog dengan memakai platform wordpress secara gratis, berikut uraian nya :

# cara membuat blog atau web dengan platform wordpress secara gratis,

1.    Pertama, kunjungi ke www.wordpress.com, maka selanjut nya anda akan memasuki halaman seperti di bawah wordpress

2.   selanjut nya klik ” buat situs web ‘ seperti tanda panah, maka Anda akan di bawa kepada gambar seperti di bawah wordpress2 yang selanjut nya Anda akan di minta membuat nama domain Anda, seperti misalkan  www.namaanda.com, terserah mau pakai nama Anda atau tidak terserah mau nya apa. Selanjut nya klik ” buat situs anda dan lanjutkan ” Dan biasa nya setelah Anda menuliskan nama domain, maka wordpress secara otomatis memberi tahu bahwa nama domain apa sudah ada yang pakai atau belum. Tandanya apabila nama blog sudah ada yang pakai, maka ada tulisan ” maaf nama domain ini sudah ada yang pakai, dan apabila nama domain tersebut belum ada yang pakai, maka ada tulisan ” Buat situs dan lanjutkan ” seperti tanda panah yang ke dua di atas.

3.    Setelah klik ” Buat situs dan lanjutkan maka akan di bawa ke halaman seperti di bawah iniwordpress3 dan Anda di minta menuliskan kolom yang tersedia seperti tanda panah. Dan panah atau kolom yang pertama , Anda di minta menuliskan email anda, lalu kolom yang ke dua kita di suruh menuliskan, nama : tulis saja dengan nama kita, dan kolom yang ke tiga kita di suruh menuliskan kode sandi, silahkan isi dengan sandi yang ingin di buat, dan sandi ini biasa nya terdiri dari beberapa hurup dan angka rahasia, karena sandi ini akan di jadikan untuk login lagi, nanti nya. Maka penting sekali untuk di ingat – ingat.

Kalau sudah di isi semuanya, klik tulisa ” Langkah Berikut nya ” di bawah  yang berwarna biru, setelah itu biasanya pihak wordpress akan mengirimkan email konfirmasi, untuk konfirmasi ulang, dan mengecek benar apa tidak nya email tersebut, selanjut nya kita cek di email kita dan konfirmasi. Kalau sudah ada email dari wordpress, klik saja konfirmasi, seperti gambar di bawah emaillalu klik tanda seperti tanda panah ” Aktifte blog, setelah klik tanada tersebut, maka akan di bawa ke halaman dashboard Anda, seperti tampil di bawah inidashboardsetelah sampai di halaman ini, langkah selanjut nya adalah kita bisa mencoba meng akses blog kita dengan cara mengetikan nama blog kita di tabbaru, apabila muncul maka kita, bisa masuk melalui blog tersebut dengan cara login terlebih dahulu, cara login nya adalah kita di suruh memasukan username : biasanya alamat email yang kita buat tadi, dan pasword : adalah pasword yang kita buat tadi diatas, dengan begitu kita akan masuk ke dashboard milik kita , yang selanjut nya kita akan mengatur dan memilih template atau tema, banyak pilihan tema tersedia, silahkan pilih sesuka Anda, setelah memilih tema, kita harus membuat judul, membuat tagline, memasang widget, menambah plugin yang di perlukan, dan lain – lain.

1.   Mengatur blog wordpress

Dalam mengatur blog wordpress, silahkan Anda masuk atau Login dahulu maka, Anda akan di bawa ke Dashboard Anda, di mana Anda bisa melakukan pengaturan blog Anda, seperti menambah plugin, memilih tema, menambah widget, menulis artikel, menambah kategori, menamabah Page atau halaman. Dan halaman ini biasanya berupa : HOME, BOUT US, CONTACT US, SITEMAP, PRIVACY POLICE. Dan untuk kategori misalnya adalah berupa kategori untuk artikel kita, misal nya unutk kategori tentang bisnis, maka artikel kita di tempatkan di kategori tersebut, selanjut nya kategori, Bloging, dan lain sebagai nya.

2.   Menulis artikel

Untuk menulis artikel anda setelah masuk ke Dashboard, klik page, klik add new, maka akan di bawa ke halaman seperti di bawah ini postnah lihat tanda panah , di situ harus di isi judul artikel, misalkan, ” cara membuat artikel ” lalu di kolom yang tanda panah ke dua isikan uraian cara dari membuat artikel tersebut, sebanyak – banyak nya, dan semampunya. Karena lebih banyak akan semakin bagus di mata google. Dan artikel ini harus yang informatif alias yang berguna bagi orang lain, sehingga orang lain tidak akan bosan berkunjung ke web atau blog kita. Setelah mengisi artikel, selanjut nya Klik publis, yang ada di sebelah kanan berwarna biru, maka secar otomatis artikel kita akan tayang di blog kita. Untuk mengecek nya, apa artikel tersebut tayang atau tidak, kita ketikan nama blog kita di tab baru.

Sampai di sini dahulu, artikel dari saya tentang cara membuat blog gratisan dengan memakai platform wordpress, semoga bermanfaat.

Nantikan artikel lain nya seperti : Cara Membuat Blog yang memakai Domain dan Hosting di WordPress

Cara menulis artikel supaya di sukai oleh google

Cara memasang widget untuk produk kita

Nah itulah, artikel yang akan menyusul, samapai jumpa lagi, salam sukses.

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *