CARA MEMULAI USAHA UNIK BETERNAK BURUNG PUYUH YANG MENGUNTUNGKAN

CARA MEMULAI USAHA UNIK BETERNAK BURUNG PUYUH YANG MENGUNTUNGKAN

Untuk mengawali budidaya burung puyuh, terlebih dulu mesti tahu bagaimana ciri-ciriistik dari burung puyuh tersebut. Tersebut info tehnis tentang budidaya burung puyuh yang dapat dicoba untuk mengawali bisnis budidaya yang menjanjikan.

Cara Memulai Usaha Unik Beternak Burung Puyuh
Cara Memulai Usaha Unik Beternak Burung Puyuh

Burung puyuh adalah satu diantara type unggas yang banyak dibudidayakan oleh beberapa peternak. Burung ini diambil lantaran terkecuali gampang untuk diternakkan, juga begitu untungkan.

Burung yang satu ini dapat disenangi lantaran daging serta telurnya yang lezat bergisi, bulunya bisa jadikan beragam jenis kerajinan tangan, serta kotorannya dapat jadikan pupuk organik.

  1. Mempersiapkan Bibit

Sesudah kandang siap, setelah itu yang perlu dikerjakan yaitu menyiapkan bibit. Penentuan bibit mesti sesuai dengan maksud dari budidaya. Contoh bila menginginkan budidaya untuk produksi telur, jadi diambil bibit ketam betina yang sehat. Bila menginginkan budidaya serta di ambil dagingnya jadi diambil bibit jantan atau petelur afkiran. Tetapi bila inginkan telur tetas, jadi diambil burung puyuh betina subur serta pejantan yang siap membuahi betina.

2.  Mempersiapkan Kandang

Untuk mengawali ternak burung puyuh mesti memerhatikan kandang untuk budidaya. Kandang baiknya mempunyai suhu sekitar 20 s/d 25 derajat celcius serta dengan kelembapan 30 s/d 80 %.

Diluar itu kandang harus juga di beri penerangan dengan lampu 25 s/d 40 watt pada siang hari, serta 40 s/d 60 watt ketika malam hari. Kandang untuk budidaya burung puyuh dapat dibagi jadi sebagian type, yaitu kandang untuk induk pembibitan, kandang untuk induk petelur, kandang untuk anak puyuh, kandang untuk puyuh.

3.  Pemeliharaan

Pemeliharaan hewan burung puyuh ini sesungguhnya tak jauh tidak sama dengan pemeliharaan hewan type unggas yang lain. Yang perlu dikerjakan yaitu pemberian pakan secara teratur. Untuk puyuh muda dapat di beri pellet, remah, serta tepung 2 hari sekali. Serta untuk puyuh dewasa dapat di beri ransum satu kali dalam satu hari.

Diluar itu puyuh harus juga dirawat dengan sanitasi, pengontrolan penyakit, serta vaksinasi untuk melindungi keseharan burung puyuh. Jauhkan burung puyuh dari beragam jenis hama serta penyakit yang bisa mengganggu kesehatan burung puyuh.

4.  Panen

Untuk burung puyuh yang di ambil telurnya, dapat dikerjakan sehari-hari sepanjang masa produktif. Diluar itu untuk type telur yang di ambil dagingnya dapat waktu puyuh memiliki ukuran besar. Umumnya puyuh yang di ambil dagingnya yaitu puyu afkiran atau puyuh yang telah tak bertelur.

5.  Analisis Usaha

Investasi budidaya burung puyuh dari mulai perawatan kandang s/d perawatan dapat meraih 10 s/d 12 jutaan. Sedang keuntungan yang didapat untuk puyuh petelur serta afkiran dapat meraih 10 jutaan. Cost dapat berubah-ubah sesuai dengan keadaan serta kondisi lapangan.

Itulah artikel mengenai cara memulai usaha unik beternak burung puyuh ini, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjalankan usaha rumahan ini.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

Artikel terkait :

9 Peluang Usaha Modal Kecil Minim Resiko Maksimal Untungnya

17 Daftar Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untungnya Menggiurkan

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *