CARA MEMULAI USAHA UNIK BETERNAK CACING YANG MENGUNTUNGKAN

CARA MEMULAI USAHA UNIK BETERNAK CACING YANG MENGUNTUNGKAN

Cacing tanah mengandung nilai gizi yang begitu tinggi. Diantaranya, protein 64-76, lemak 7-10 persen, daya 900-4100 kal, dan mineral, air, serta asam amino paling komplit. Pemakaian cacing tanah jadi pakan ternak unggas serta ikan bisa dikerjakan berbentuk fresh ataupun tepung.

Cara Memulai Usaha Unik Beternak Belut
Cara Memulai Usaha Unik Beternak Belut

Langkah budidaya atau ternak cacing tanah tidaklah susah serta tak membutuhkan cost yang begitu tinggi, pastinya untuk anda yang cermat bisa memafaatkan hal semacam ini sebagai Kesempatan usaha sambilan Rumahan yang menjanjikan. Pada tulisan saya terdahulu saya pernah menulis langkah ternak kenari serta kesempatan ini SAYA bakal mengulas mengenai langkah berternak cacing tanah, walau nampaknya menjijikan tetapi bila anda bisa tekuni usaha sambilan ini dengan benar pastinya bakal memberi pemasukan untuk anda.
Cacing tanah adalah bahan pakan alternatif untuk ternak unggas serta ikan.

Inilah cara memulai usaha unik beternak cacing tanah yang bisa dilakukan :

1.  Menyediakan Tempat
Supaya ketersediaan serta keperluan cacing tanah tercukupi, seseorang peternak dapat membudidayakannya sendiri. Langkahnya adalah bikin kotak pemeliharaan dengan ukuran sesuai sama kemampuan yang dikehendaki. Kotak pemeliharaan ini dapat di buat dari kayu, plastik atau kaca.
Kemudian, sediakan media hidup untuk cacing tanah.

2.  Menyediakan pakan

Bahan yang digunakan untuk Budidaya Cacing Tanah yaitu kombinasi kompos dengan sebagian bahan organik (limbah pertanian, limbah pasar). Masukan beberapa bahan itu sampai meraih ketinggian 15 cm. Masukan juga air seperlunya supaya media hidup cacing tanah ini basah serta gembur. Aduk semuanya bahan itu hingga tercampur rata, supaya berlangsung sistem fermentasi. Sesudah empat minggu, campur kotoran hewan ke dalamnya dengan perbandingan 70% media hidup serta 30% kotoran hewan.

3. Pemeliharaan

Kapur dapat ditambahkan sejumlah 1% dari media hidup untuk memperoleh pH netral. Media telah dikira pas jika pH nya meraih 6, 0 – 7, 2 ; tingkat kelembapan 15 – 30 persen serta suhu pada 15 – 25ºc. Lalu masukan cacing tanah ke dalamnya. Cacing yang dimasukkan seberat media hidup yang sudah disiapkan. Apabila medianya meraih 2 kg, jadi cacing yang dimasukkan ke dalamnya juga 2kg. Untuk hindari kekeringan, permukaan media dilapis plastik, karung, atau bahan lain yg tidak tembus sinar. Supaya dapat hidup serta berkembang dengan baik, sehari-hari cacing mesti memperoleh supply makanan yang diperlukan. Makanan itu berbentuk kotoran hewan, baik kotoran sapi, kambing atau ayam. Banyak makanan yang diperlukan yaitu seberat cacing yang dimasukkan kedalam kotak pemeliharaan. Bila berat cacing meraih 2 kg, jadi pakan yang didapatkan juga 2 kg.
Sebelumnya dimasukkan kedalam kotak pemeliharaan, pakan cacing mesti jadikan bubuk atau bubur. Untuk bubur, perbandingan air dengan pakan yaitu 1 : 1, sesudah dicapur, bahan itu diaduk sampai rata. Bubur pakan ditaburkan secara rata diatas 1/3 sisi permukaan media hidup cacing tanah.

4.  Penanggulangan Hama

Sepanjang sistem pengembang biakan, ada banyak hama serta musuh cacing tanah yang perlu diwaspadai. Diantaranya : semut, kumbang, burung, kelabang, lipan, lalat, tikus, katak, tupai, ayam, itik, ular, angsa, lintah, serta kutu. Karenanya, lubang tempat pemeliharaan mesti senantiasa tertutup. Bahan yang baik dipakai sebagai penutup yaitu kawat kasa. Lantaran kawat kasa juga menanggung berlangsungnya sistem perubahan hawa tetaplah jalan dengan baik. Diluar itu, untuk menghindar serangan semut, di sekitaran kotak pemeliharaan di beri air seperlunya (dirambang).

5.  Tahap Panen Cacing
Sesudah 2, 5 – 3 bln., cacing telah mulai dapat dipanen. Ditandai banyak kascing (kotoran cacing) serta kokon (himpunan telur cacing) (. Beberapa cacing dewasa sebaiknya disisakan untuk dipakai jadi bibit.
Panen cacing bisa dikerjakan dengan cara-cara. Salah nya ialah memakai alat penerangan seperti petromaks, lampu neon atau bohlam. Sinar yang dihasilkan oleh lampu mengundang cacing untuk berkumpul dibagian atas media. Kemudian, cacing tinggal di ambil serta dipisahkan dari medianya. Langkah lain yaitu membalikkan kotak pemeliharaan, serta memisahkannya dari media hidup cacing.
Sesudah cacing dipanen, beberapa cacing dewasa serta kokon (telur cacing) semasing dimasukkan kedalam media hidup yang baru secara terpisah. Telur-telur cacing tanah ini bakal selekasnya menetas dalam tempo 14-21 hari. Kemudian, pemeliharaan dikerjakan seperti awal budidaya.
Terkecuali cacing, budidaya cacing tanah juga membuahkan kascing, yang berupa butiran, memiliki serat serta berwarna kehitaman. Biasanya kascing ini ada di permukaan sekitaran sarang. Kascing mengandung mikro organisma, mineral anorganik serta bahan organik yang berguna untuk tanaman. Kascing ini dapat digunakan sebagai pupuk organik. Kelebihan pupuk kascing diantaranya, dapat menetralkan keunggulan zat asam dalam tanah, jadikan tanah lebih gembur serta tak cepat padat.

Demikianlah artikel mengenai Cara memulai Usaha Unik beternak cacing ini, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi pengusaha cacing yang menguntungkan.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin…

Artikel lain :

Peluang Usaha Keripik Singkong Renyah Untungnya Mudah Menjalankannya

Peluang Usaha Untuk Karyawan dan Mahasiswa Modal Kecil

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *