Cara Mengatasi Masalah yang Mematahkan Semangat Hidup

Cara Mengatasi Masalah yang Mematahkan Semangat Hidup

Terkadang, kita dihadapkan pada satu permasalahan yang bikin kita kehilangan motivasi atau semangat. Yang lebih kronis yaitu waktu kita jadi pesimis serta menyerah. Yang ada tinggal keluhan, umpatan, serta hujatan yang bukanlah saja tak merampungkan permasalahan, jadi memperburuknya.

Cara Mengatasi Masalah
Cara Mengatasi Masalah

Hal semacam ini dapat berlangsung baik pada sendiri ataupun pada kondisi yang semakin besar. Negara kita juga banyak permasalahan, dari mulai korupsi, kejahatan, permasalahan moral, kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, ketidak merataan, dsb. Banyak rakyat yang telah mulai pesimis, mereka apatis, serta tak akan perduli untuk melakukan perbaikan bangsa.

Demikian halnya untuk permasalahan pribadi, permasalahan keluarga, serta permasalahan perusahaan. Bila kita salah menyikapinya, mungkin saja kita bakal kehilangan semangat serta menyerah.

Untuk tersebut kita butuh mengerti bagaimana caranya hadapi permasalahan yang benar. Kita akan tidak mengulas permasalahan satu persatu, sebab ruangan akan tidak cukup lantaran permasalahan tiap-tiap orang bakal tidak sama. Serta butuh kita mengerti yaitu bukanlah permasalahan apa yang menerpa kita, yang terutama yaitu bagaimana caranya hadapi permasalahan itu dengan benar.

Berikut beberapa tips yang bisa saya berikan :
A. MINTALAH PERTOLONGAN ALLAH

Tak ada yang dapat menghalangi kita, bila Allah telah mengijinkan. Tak ada permasalahan yg tidak dapat di hilangkan bila Allah berkehendak. Jadi, mintalah pertolongan Allah. Ini bukanlah pelengkap, namun malah hal yang paling utama yang perlu kita kerjakan. Sebenarnya Kemampuan Itu Dari Allah tak ada yang dapat menghambat atau hentikan bila Allah telah berkehendak.

Bagaimana caranya memperoleh pertolongan Allah? Sangat banyak, salah satunya shabar serta shalat, seperti diterangkan dalam ayat Al Qur’an Al Karim

Jadikanlah sabar serta shalat sebagai penolongmu. Serta sebenarnya yang sekian itu sungguh berat, terkecuali untuk beberapa orang yang khusyu’, (yakni) beberapa orang yang yakini, kalau mereka bakal menjumpai Tuhannya, serta kalau mereka bakal kembali kepada-Nya. (QS. Al Baqarah : 45-46)

Berikut langkah hadapi permasalahan, insya Allah Anda bakal mampu menghadapinya.

B. JANGAN SUKA MEMBESAR – BESARKAN MASALAH

Permasalahan paling besar dari satu permasalahan sesungguhnya bagaimana Anda menyikapinya, bukanlah pada masalahnya. Sukai ada orang yang ajukan pertanyaan atau konsultasi bagaimana caranya hadapi masalahnya. Tetapi apapun nasehatnya dia senantiasa menyanggah kalau masalahnya itu sangat besar bila dibanding dengan nasehat yang didapatkan. Lebay bakal tutup semuanya langkah hadapi permasalahan.

Khawatirnya, bila berlaku seperti itu, dia cuma mencari pembenaran bakal ketakmampuan dia. Dia menyerah serta mencari “maklum”, bukanlah mencari jalan keluar. Peluang ke-2, dia tidak mau merampungkan masalahnya, namun dia menginginkan dikerjakan oleh orang lain. Ini langkah menanggapi yang salah.

Sikap lebay ke-2 yaitu, kerapkali kita menyerah cuma lantaran beberapa dari satu system punya masalah. Ibaratnya lantaran ada kotoran disebuah tempat tinggal, mereka lebih pilih meninggalkan tempat tinggal itu. Walau sebenarnya, cuma dengan bersihkan kotoran itu, tempat tinggal dapat dihuni kembali.

Contoh riil dalam usaha, bila ada satu permasalahan dalam sisi usaha itu, jadi perbaikilah atau cari pemecahannya. Tak perlu meninggalkan usaha itu, menyerah, serta tak semangat lagi. Kita dapat buang kesempatan yang semakin besar cuma lantaran ada permasalahan dalam usaha itu.

Dalam kehidupan lebih umum juga sama, kerapkali kita telah miliki paradigma negatif pada pemerintah, parlemen, atau partai lantaran ada oknum-oknum yang korup. Pada akhirnya banyak orang-orang yang skeptis, berasumsi semuanya sama, semuanya bejat, semuanya korup, atau semuanya tanpa ada harapan. Betulkah semuanya? Ini lebay namanya.

C. HARUS OPTIMIS

Sekecil apapun permasalahan, waktu kita telah kehilangan optimisme atau jadi pesimis bakal jadikan diri kita menyerah. Kita mesti pancangkan dalam diri kita, kalau harapan itu masihlah ada serta kita tak bisa menyerah.

Mempunyai optimis yaitu langkah pertama untuk buka kesempatan hadapi permasalahan Anda. Bila harapan telah terkubur, jadi Anda akan tidak pernah dapat hadapi permasalahan. Pesimisme mengakibatkan kerusakan semua, oleh karenanya janganlah pesimis. Optimislah Anda bakal dapat hadapi permasalahan, Harapan itu masihlah ada.

D. DENGAN MENGGUNAKAN PIKIRAN

Langkah keempat langkah hadapi permasalahan yaitu pakai fikiran Anda. Semuanya juga tau! Tunggu dulu, pada faktaya beberapa orang yang lebih pilih emosi dibanding dengan fikiran. Bila kita memakai emosi, kita tak dapat memikirkan dengan jernih, hingga tak dapat temukan jalan keluar atas permasalahan kita. Emosi kerapkali cuma membimbing kita ke jalan keluar instan, yang utama cepat usai.

Kerapkali, permasalahan itu memerlukan saat untuk dikerjakan, bahkan juga dapat bertahun-tahun. Ini bakal jadi tantangan emosional yang mengarahkan kita untuk mencari jalan keluar secara instan lantaran ketidak sabaran serta kemalasan kita. Walau sebenarnya, bila kita memikirkan jernih, permasalahan itu memanglah memerlukan saat yang tepat ( timing).

Memakai fikiran berarti berpikirlah dengan kreatif. Dapatkan bebrapa inspirasi yang mungkin saja Anda jadi jalan keluar. Kerapkali orang bingung, seakan tak ada jalan keluar, walau sebenarnya dia sendiri yang kurang kreatif temukan jalan keluar. Dia cuma miliki satu atau dua jalan keluar, waktu jalan keluar itu gagal, mereka terasa buntu.

Benarkan jalan keluar itu cuma itu? Disinilah utamanya mempunyai ketrampilan memikirkan kreatif, supaya Anda siap hadapi permasalahan. Memikirkan kreatif yaitu langkah hadapi permasalahan paling baik. Sayangnya ada banyak yang terasa kreatifitas itu tak perlu. Silakan punyai tipsnya supaya Anda dapat memikirkan kreatif

Demikianlah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membangun kehidupannya ke arah yang lebih baik dan semoga tercapai, sehingga kita bisa meraih kebahagiaan baik didunia maupun di akhirat kelak. AMin…

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu.

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *