CARA MENGURUS DAN BIAYA BALIK NAMA MOBIL

INILAH CARA MENGURUS DAN BIAYA BALIK NAMA MOBIL YANG PERLU ANDA KETAHUI

Cara mengurus dan Biaya balik nama mobil – Untuk Anda yang memiliki kendaraan, umpamanya mobil, pastinya setiap tahunnya membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Tetapi bila Anda beli mobil second atau sisa, Anda mesti meminjam KTP yang memiliki mobil awal waktu membayar pajak karna nama yang memiliki yang tercatat masih tetap nama yang memiliki awal. Supaya tak meminjam KTP yang memiliki mobil awal terus-terusan, Anda dapat lakukan balik nama.

CARA MENGURUS DAN BIAYA BALIK NAMA MOBIL
CARA MENGURUS DAN BIAYA BALIK NAMA MOBIL

Balik nama ini sesungguhnya cukup gampang kok, bila Anda ketahui prosedur serta berkas apa sajakah yang perlu Anda bawa. Namun untuk beberapa orang, terkecuali karna permasalahan biaya yang mahal, juga sistem balik nama itu juga panjang. Tetapi dari pada mesti ribet bolak-balik meminjam KTP yang memiliki mobil awal, tambah baik lakukan balik nama, toh nanti nama pemiliknya dengan cara sah bakal bertukar jadi nama Anda. Lantas berapakah bea balik nama mobil? bagaimana sih langkah mengurusinya? Hal semacam itu bakal di uraikan berikut ini.

Artikel Terkait : Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah Yang Perlu Anda Ketahui

Bea Yang Mesti Di keluarkan untuk Balik Nama Mobil

Bea balik nama mobil itu mahal? Untuk beberapa orang, argumen untuk mengurusi balik nama kendaraan, salah nya ialah karna biayanya yang mahal. Benarkah sekian? Sudah pasti, cara mengurus bea balik nama mobil di setiap lokasi tidak sama, bergantung bagaimana ketentuan pemerintah daerah setempat diputuskan.

Bahkan juga di Propinsi Riau, Bea Balik Nama (BBN) dihapus oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Penghilangan bea balik nama itu bukan sekedar berlaku untuk kendaraan roda dua namun juga kendaraan roda empat. Ya, bila Anda tinggal di Propinsi Riau, Anda dapat mengurusi balik nama kendaraan Anda baik motor ataupun mobil dengan cara gratis.

CARA MENGURUS DAN BIAYA BALIK NAMA MOBIL
CARA MENGURUS DAN BIAYA BALIK NAMA MOBIL

Tak perlu sangsi karna hal semacam itu sudah disahkan oleh pemerintah setempat dengan dikeluarkannya Ketentuan Gubernur No. 37 th. 2015, mengenai penghilangan semua bea yang terkait dengan bea balik nama. Terkecuali menghapus bea yang terkait dengan balik nama Pemerintah Propinsi Riau juga menghapus denda pajak kendaraan bermotor mulai bln. September 2015 sampai 31 Desember 2015. Anda yang tinggal di Propinsi Riau betul-betul mujur. Jadi tidak ada argumen lagi kan untuk bermalas-malasan mengurusi balik nama?

Lantas bagaimana dengan cara mengurus bea balik nama mobil di daerah lain? Pada umumnya, bea yang perlu di keluarkan untuk balik nama terdiri jadi dua, yakni bea Pajak serta bea di Luar Pajak. Bea Pajak yaitu biaya yang bakal tercantum di STNK sesudah kelak usai diolah. Sedang biaya di Luar Pajak yaitu biaya diluar tagihan yang tercantum di STNK. Mari mengetahui bebrapa biaya balik nama kendaraan :

Biaya Pajak
Seperti yang telah kita ketahui bahwa Biaya Pajak adalah biaya yang tertera di STNK. Lalu biaya apa saja yang tertera di STNK? Berikut istilah-istilah biaya yang tertera di STNK beserta pengertiannya:

1. PKB
PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor bisa kita lihat di STNK dengan patokan biaya yang biasanya tidak berubah dari pajak tahun lalu. Bahkan biayanya bisa turun karena seiring bertambahnya usia mobil Anda. Lain halnya jika Anda terkena Pajak Progresif. Pajak progresif adalah pajak yang yang dikenakan jika Anda memiliki lebih dari satu buah kepemilikan mobil. Tarif pajak progresif nilainya akan terus meningkat sesuai dengan urutan kepemilikan mobil Anda.

2. BBN KB
BBN KB atau Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor bisa Anda hitung dengan rumus perhitungannya seperti ini:
BBN KB = (2/3 x PKB)

3. SWDKLLJ
SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas Jalan, biayanya sudah ditentukan oleh pemerintah, yaitu:
Untuk Motor: Rp35.000
Untuk Mobil: Rp143.000
(biaya bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Biaya ADM STNK
Biaya ADM STNK atau Biaya Administrasi STNK juga telah ditentukan oleh pemerintah, yaitu:
Untuk Motor: Rp50.000
Untuk Mobil: Rp75.000
(biaya bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Biaya ADM TNKB
Begitu juga dengan biaya ADM TNKB atau Biaya Administrasi Tanda Kendaraan Bermotor sudah ditentukan oleh pemerintah, yaitu:
Untuk Motor: Rp30.000
Untuk Mobil: Rp50.000
(biaya bisa berubah sewaktu-waktu)

Lalu bagaimana menghitung biaya balik nama untuk mobil secara keseluruhan? Berikut contoh perhitungannya:

Diketahui bahwa, nilai PKB yang tertera di STNK ialah sebesar Rp1.500.000
Maka perhitungannya:
BBN KB       = 2/3 x PKB
= 2/3 x Rp1.500.000
= Rp1.000.000

PKB         = Rp1.500.000

SWDKLLJ      = Rp143.000

Biaya ADM STNK   = Rp75.000
———————- +
Total biaya balik nama = Rp2.718.000

Biaya di Luar Pajak
Biaya balik nama selain Biaya Pajak adalah Biaya di Luar Pajak. Biaya di Luar Pajak adalah biaya yang tidak tertera di STNK, yaitu meliputi:

1) Pemberian tip pada petugas cek fisik sebesar Rp. 10.000 (boleh diberikan, boleh tidak)

2) Pengesahan hasil cek fisik sebesar Rp. 30.000 (biaya ini tanpa kwitansi)

3) Pendaftaran balik nama STNK sebesar Rp 30.000 untuk mobil (biaya ini juga tanpa kwitansi)

4) Pendaftar balik nama BPKB sebesar Rp. 100.000 untu mobil (ada blanko yang dikeluarkan oleh POLDA setelah pengurusan STNK selesai dan saat pengurusan BPKB yang dapat disetorkan di Bank Rakyat Indonesia)

Cara Urus Balik Nama Mobil

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan Sebelum Mendatangi Kantor Samsat

Sebelum Anda datang ke Samsat, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas sebagai berikut:

Fotokopi KTP pemilik baru atau pemilik mobil saat ini
BPKB asli dan fotokopinya
STNK asli dan fotokopinya
Kuitansi jual beli kendaraan yang telah disertai materai senilai Rp6.000

Sesudah Anda menyiapkan berkas-berkas itu, datanglah ke Samsat dengan mengikuti langkah – langkah seperti dibawah ini :

1.  Jika anda ingin mengurus bea balik nama mobil, saya ingatkan untuk membawa mobil Anda karna setibanya di Samsat, Anda segera menuju tempat Cek Fisik. Tak perlu bingung, disana bakal diarahkan dengan cara terang oleh petugas hingga Anda cuma butuh ikuti arahannya.
2.  Sesudah Anda memarkirkan mobil di lajur Cek Fisik serta buka kapnya. Petugas membawa formulir serta lakukan penelusuran fisik mobil, mencakup nomor rangka serta nomor mesin mobil lewat cara menggosokannya stiker.
3.  Sesudah mobil Anda usai di check fisiknya oleh petugas, lalu Anda di beri formulir. Formulir itu, Anda isi data sesuai sama data mobil di STNK.
4.  Formulir yang telah di isi data dengan komplit diserahkan pada petugas yang ada di loket bersama STNK asli. 5.  5.  Kemudian, tunggulah nama Anda di panggil oleh petugas (nama yang di panggil yaitu nama yang tercatat di STNK)
6.  Sesudah usai diolah oleh petugas, Anda bakal di panggil untuk disuruh menyatukan berkas-berkas, mencakup : formulir cek fisik, STNK asli, foto copy STNK, foto copy BPKB, foto copy KTP yang memiliki baru, serta Kuitansi ke Gedung Paling utama yang ada di Samsat.
7.  Usai berkas-berkas yang Anda serahkan tadi dicek oleh petugas, Anda bakal disuruh menyerahkan BPKB yang asli. Lalu tunggulah di panggil oleh petugas lagi (kesempatan ini bakal di panggil sesuai nama yang memiliki mobil yang baru).
8.  Setelah Anda di panggil ambillah berkasnya kembali serta serahkan ke loket yang bakal mengurusiinya (dapat Anda tanyakan ke petugas, loket mana yang perlu dituju karna di setiap lokasi dapat tidak sama). Serta tunggulah di panggil lagi oleh petugas.
9.  Setelah itu sesudah Anda di panggil oleh petugas, ambillah berkasnya kembali, serta serahkan ke loket awal. Nanti Anda bakal diberikan lembar tagihan yang perlu dibayarkan untuk cost balik nama.
10.  Bayarlah biaya tagihan sesuai sama nominal yang tercantum di lembar tagihan. Bila nyatanya Anda belum membayar pajak, jadi Anda bakal disuruh membayar pajak itu waktu itu juga. Lantas tunggu, petugas bakal mengolah pembayaran balik nama mobil Anda.
11.  Sesudah melunasi tagihan pembayaran balik nama mobil Anda, Anda bakal memperoleh cap lunas serta sinyal terima dari berkas-berkas yang Anda kumpulkan tadi. Lalu STNK Asli dengan Nama Baru Anda usai di buat. Setelah itu, Anda mesti mengurusi BPKB dengan nama baru ke Polda setempat.
12.  Janganlah lupa untuk menaruh berkas serta cap pelunasan pembayar, untuk beberapa jagalah saja bila setiap saat diperlukan.

Nah demikianlah lebih kurang langkah atau prosedur bagaimana mengurusi balik nama mobil. Mungkin saja tak keseluruhannya sama di setiap lokasi, namun sekurang-kurangnya tersebut deskripsi prosedur yang perlu Anda kerjakan bila Anda menginginkan mengurusi balik nama mobil Anda. Gampang bukan? Anda cuma mesti sabar ikuti prosedurnya satu persatu. Namun dengan mengurusi balik nama sendiri, itu bermakna Anda tak akan membutuhkan calo hingga Anda dapat menghemat pengeluaran duit Anda. Sekurang-kurangnya bila tampak cukup rumit, Anda cuma butuh ikuti prosedurnya, tahapan-tahapannya kelak bakal diarahkan oleh petugas, jadi Anda cuma tinggal mengikutinya saja. Silahkan dicoba ..!!

Nah, tersebut sedikit penjelasan tentang cara mengurus bea balik nama mobil ? Mulai dari pengertian hingga bebrapa bea yang perlu di keluarkan saat kita mengurusi balik nama mobil. Bagaimana? Nyatanya tidaklah terlalu rumit bukanlah mengurusi balik nama mobil? Anda dapat coba mengurusinya sendiri dari saat ini.

Terima kasih atas kunjungannya dan semoga berguna bagi anda yang ingin mengurus dan balik nama mobil anda, dan semoga sukses selalu. Amin…

Artikel terkait : Biaya pembuatan Sim A, Sim B, Sim B1, dan Sim C Terbaru Tahun 2017

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *