Harus Tahu, Inilah Informasi Biaya Kuliah di Unpad Terbaru Tahun 2017

Informasi – biaya kuliah di Unpad belakangan ini semakin diburu oleh masyarakat. Detik-detik menjelang pendaftaran mahasiswa baru seperti sekarang ini sudah pasti seluruh masyarakat pasti memburu informasi tentang biaya yang harus dibayarkan ketika akan masuk di perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Biaya Kuliah Di UNPAD Terbaru Tahun 2017
Biaya Kuliah Di UNPAD Terbaru Tahun 2017

Unpad merupakan Universitas Negeri Padjajaran yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Banyak program-program yang ditawarkan di Universitas Negeri terkemuka di negeri ini. Program-program tersebut di antaranya diploma, sarjana, spesialis, profesi, dan juga pascasarjana.

Dari sekian banyak program studi yang ditawarkan di Unpad, sudah pasti anda meminati satu atau pun di antaranya bukan? oleh karena itu, jika anda ingin berkuliah di Unpad, segera pilih prodi yang anda minati dan segera daftarkan diri secepatnya.

Ketika akan melanjutkan kuliah, selain mempersiapkan diri dengan mengikuti tes yang telah ditetapkan jadwalnya anda juga harus melakukan persiapan biaya yang harus dibayarkan. Sebelum masuk dan terdaftar menjadi mahasiswa Unpad, penting rasanya bagi anda untuk mengetahui tentang Unpad.

Gambaran yang harus Anda ketahui salah satunya adalah biaya yang harus anda bayarkan nantinya. Biaya kuliah di Unpad menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau disebut dengan UKT yang dilakukan di setiap awal semester. Dengan membayarkan UKT ini maka anda tak perlu membayarkan uang pangkal atau uang bangunan di awal masuk. Pembayaran cukup dilakukan sekali di setiap awal semester.

Besarnya UKT yang dibayarkan di Unpad bergantung dengan penghasilan orang tua serta fakultas dan prodi yang dipilih oleh mahasiswa yang bersangkutan. Berkaitan dengan hal tersebut maka upayakan kejujuran ketika mengisi data-data tentang penghasilan orang tua ketika di awal melakukan registrasi. Hal ini dilakukan supaya penentuan UKT bisa tepat.

Selanjutnya, bagi mahasiswa kurang mampu mereka bisa mengajukan beasiswa bidik misi. Pembayaran UKT masing-masing priode bergantung dengan kelas UKT yang mereka terima.

UNPAD membagi UKT menjadi 5 kelompok / layering, yaitu UKT 1, UKT 2, UKT 3, UKT 4, dan UKT 5. Pada tahun 2014, besaran UKT 1 di UNPAD yaitu 0-Rp500.000/semester termasuk di dalamnya mahasiswa yang mengajukan beasiswa bidikmisi. UKT 2 sebesar Rp1.000.000/semester, UKT 3 sebesar Rp2.500.000/semester. Besaran UKT 1 sampai dengan UKT 3 sama untuk semua jurusan. Sedangkan UKT 4 dan UKT 5 besarannya bervariasi tiap jurusan, UKT 4 berada pada cesarean Rp3.500.000/semester sampai dengan Rp9.000.000/semester, UKT 5 berada pada kisaran Rp5.000.000/semester sampai dengan Rp13.000.000/semester.

Sebagai contoh, untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan Manajemen biaya yang harus dibayarkan untuk golongan 1: Rp.0; II= Rp. 1.000.000; III= Rp. 2.500.000; IV= Rp. 7.000.000; UKT V= Rp. 10.000.000.

Nah, itu dia ulasan singkat informasi biaya kuliah di Unpad. Semoga bisa menjadi referensi. Buat anda yang ingin melanjutkan kuliahnya di UNPAD ini.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Amin….

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *