Peluang Usaha Kerajinan Modal Kecil Sangat Menguntungkan

Peluang Usaha Kerajinan Modal Kecil Sangat Menguntungkan
Peluang usaha kerajinan ini adalah sebuah usaha yang menghasilkan sebuah produk dari hasil kerajinan.
Baik yang di kerjakan oleh tangan maupun kerajinan yang di hasilkan oleh tenaga mesin. Di Indonesia banyak sekali peluang usaha kerajinan ini, asalkan punya kreatifitas yang tinggi, sehingga menghasilkan sebuah karya yang bernilai tinggi. Dengan begitu maka akan punya nilai jual.

Peluang Usaha Bidang Kerajinan Modal Kecil Untung Menggiurkan
Peluang Usaha Bidang Kerajinan Modal Kecil Untung Menggiurkan

Usaha ini banyak yang dipandang remeh, akan tetapi banyak sekali yang sukses dengan bisnis kerajinan ini, bahkan bisa menembus pasar luar negeri dan sukses.
Berikut beberapa contoh peluang usaha bidang Kerajinan :
102. Peluang Usaha Kerajinan Rajut
103. Peluang Usaha Kerajinan mebel ukiran
104. Peluang Usaha Kerajinan Kursi Rotan
105. Peluang Usaha Kerajinan membuat Payet
106. Peluang Usaha Kerajinan membuat Tas dari plastik
107. Peluang Usaha Kerajinan membuat boneka
108. Peluang Usaha Kerajinan membuat patung
109. Peluang Usaha Kerajinan membuat anyaman bambu
110. Peluang Usaha Kerajinan membuat peralatan dapu dari limbah kayu
111. Peluang Usaha Kerajinan mainan anak.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Bidang Kerajinan
Sebelum kita memulai usaha bidang kerajinan, sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu usaha kerajinan apa yang ingin dijalankan. Apakah kerajinan anyaman, atau kerajinan lainnya. Jika kita sudah menemukan kerajinan apa , tinggal kita memulainya. Dengan cara sebagai berikut :
a. Siapkan tempatnya
Tempat yang digunakan untuk menjalankan usaha bidang kerajinan ini sebaiknya berukuran tidak kurang dari 5x5m. Dengan tempat berukuran tersebut kita bisa leluasa menjalankan usaha. Tempat sebaiknya milik sendiri atau juga bisa sewa tempat sekaligus sebagi tempat memajang hasil dari kerajinan. Agar orang yang melihat bisa tertarik untuk membelinya.
b. Siapkan Bahan Baku
Bahan baku yang diperlukan untuk membuat kerajinan. Bahan baku bisa kita dapatkan dari kebun kita sendiri atau membeli dari orang lain. Dan biasanya bahan baku ini berupa kain, kayu, bambu, plastik dan lain sebagainya.
c.Cari Pegawai/ Karyawan
Jika bahan baku dan tempat sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah merekrut karyawan. Kita bisa mencari karyawan baik yang sudah berpengalaman atau juga karyawan yang belum punya pengalaman. Bagi karyawan yang sudah punya pengalaman kita tidak terlalu susah untuk memberikan pelatihan keterampilan, tetapi bagi yang baru bekerja ini merupakan kendala. Tetapi ada kelebihan dan kekurangannya dari masing – masing karyawan ini.

Peluang Usaha Bidang Kerajinan Modal Kecil Untung Menggiurkan
Peluang Usaha Bidang Kerajinan Modal Kecil Untung Menggiurkan

Jika memiliki karyawan yang sudah berpengalaman, maka usaha bisa langsung di mulai dan siap menghasilkan suatu produk kerajinan yang siap untuk di jual, tetapi kekurangannya adalah biasanya mengenai gaji. Mereka yang sudah pengalaman biasanya meminta gaji yang agak besar tentu di sesuaikan dengan tingkat keahlian mereka. Tetapi kalau karyawan baru sebaliknya dari karyawan pengalaman tadi, dari segi gaji, mungkin kita yang menentukan tetapi, kita harus didik mereka terlebih dahulu sampai benar – benar ahli dalam membuat hasil karya kerajinan.
Hambatan Usaha Kerajinan
Hambatan untuk menjalankan usaha ini terletak pada kreatifitas dan bahan baku. Ya ke dua hal tadi merupakan hambatan. Misalnya kreatifitas yang kurang akan menghasilkan produk yang kurang berkualitas yang akhirnya pembeli akan merasa bosan dengan model yang itu – itu saja.
Hambatan yang kedua adalah ketersediaan bahan baku yang mungkin semakin jarang, akan membuat usaha ini tidak akan berkembang, bahkan akan mengalami kebangkrutan. Jika kedua hal tadi bisa diatasi, bukan tidak mungkin usaha kerajinan ini akan berhasil.
Bahkan sudah banyak pelaku usaha kerajinan ini sukses. Dengan adanya pemasaran online yang bisa menyasar konsumen hingga keluar negeri.  Salah satu contoh pelaku usaha kerajinan yang sukses adalah Presiden Kita tercinta ini, yaitu Presiden Jokowi, yang menjalankan usaha ukir kayu jati, mebel jati.
Kunci Sukse Usaha Kerajinan
Kreatifitas, Inovasi, Harga,  Pemasaran Dan Pelayanan merupakan kunci sukses usaha kerajinan. Kreatifitas ini memerlukan daya imajinasi yang tinggi untuk menciptakan produk yang mempunyai nilai keunikan yang tinggi.
Inovasi bisa dilakukan dengan cara melihat model terbaru. Caranya kita bisa cari di Internet untuk melihat model terbaru bidang kerajinan ini. Atau juga kita bisa lihat di tempat lain yang menjalankan usaha ini.
Rumus untuk menciptakan inovasi terbaru adalah ” ATM “ yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Dengan cara ini bukan mustahil kita bisa menghasilkan karya yang uptodate, sehingga bisa bersaing dengan pelaku usaha yang lain yang terlebih dahulu menjalankan usaha kerajinan ini.
Harga: Diawal memasarkan hasil produksi sebaiknya kita tidak menjual dengan harga yang terlalu tinggi, apalagi melampui harga yang sudah ada di tempat lain.
Usahakan harga sedikit dibawah harga orang lain yang sudah lama menjalankan usaha ini, maksud dan tujuannya adalah untuk memperkenalkan hasil karya kita kepada konsumen.
Atau kita bisa harga promosi, dengan cara jika konsumen bisa beli dalam jumlah banyak, maka kita akan berikan diskon.
Pemasaran : Pemasaran yang efektif dan tentunya bisa dilakukan oleh kita sebagai perajin bisa dilakukan dengan cara konvensional dan juga cara online melalui media internet. Kedua cara ini terbukti sangat efektif dan bisa dilakukan asalkan kita mempunyai keahlian dalam hal Internet Marketing.
Artikel terkait : Cara Promosi Melalui Internet Yang Efektif
Pelayanan : Di bisnis apapun pelayanan ini sebagai modal utama kesuksesan bisnis kerajinan, misalnya kecepatan melayani pelanggan, mengantar barang tepat waktu, keramahan pelayan, dan servis yang memuaskan. sehingga konsumen akan merasa seperti raja. Karena pembeli adalah raja, maka perlakukan konsumen sebaik mungkin> apabila demikian maka bukan tidak mungkin konsumen tadi akan merekomendasikan produk kita kepada konsumen lain.
Analisa Modal, Keuntungan, Dan BEP Usaha Kerajinan
MODAL INVESTASI
Beli Bahan Baku                                      Rp.5.000.000,0
Beli Alat – Alat                                          Rp.1.500.000,0
TOTAL                                                       =============
Rp.6.500.000,0
BIAYA OPERASIONAL
Gaji karyawan 2 orang @ Rp.1.500.000,0          Rp.3.000.000,0
Listrik, Pulsa,                                                             Rp.500.000,0
Beli bahan Baku                                                        Rp.1.000.000,0
Transfortasi                                                                Rp.500.000,0
TOTAL                                                                         ============
Rp.5.000.000,-
Analisa Pendapatan Perbulan Dan BEP (Balik modal)
Jika dalam sebulan mampu menghasilkan Omzet Rp.20.000.000,0, maka labanya 40% = Rp.8.000.000,0
Jika Labanya sebulan adalah Rp.8.000.000,0 dikurangi biaya Operasional Rp.5.000.000,0 maka kemungkinan BEP 3 bulan saja.
Bagaimana tertarik bukan,,,

Artikel Lain : Peluang Usaha Online Modal Kecil Dan Sangat Menguntungkan

6 Macam Peluang Usaha Bidang Komputer Yang Sangat Menguntungkan

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *