PELUANG USAHA RUMAHAN BUTIK, ALTERNATIF PILIHAN BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN

PELUANG USAHA RUMAHAN BUTIK, ALTERNATIF PILIHAN BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN

PELUANG USAHA – Peluang usaha butik ini cukup mudah dalam hal menjalankannya, karena tidak memerlukan tempat yang luas dan modal yang kecil.

Peluang Usaha Butik
Peluang Usaha Butik

Sehingga peluang yang satu ini bisa dijalankan oleh siapa saja yang masih bekerja atau masih menjadi pegawai. Dan juga bisa dijalanakan oleh pelajar atau mahasiswa karena hanya perlu mengontrol sekitar satu jam dalam sehari. sekedar untuk mengontrol pembukuan dan stock barang.
Pangsa pasar yang cukup prosfektif, peluang usaha butik ini akan punya pasar tersendiri dan keuntungan yang lumayan besar akan memberikan kesempatan bagi siapa yang mau mengambilnya peluang usaha ruamahan ini.
Biasanya pasar butik adalah kalangan menengah keatas, sehingga dari segi harga, kita bisa memperoleh laba yang besar.

SASARAN KONSUMEN USAHA BUTIK

Konsumen yang kita sasar adalah kalangan menengah keatas, terutama kalangan perempuan setengah baya yang suka atau aktif. Aktif disini mempunyai pengertian suka dengan berbagai kegiatan, baik kegiatan sosial seperti menghadiri pesta, menghadiri seminar, aktif berorganisasi, dan mereka yang ingin tampil elegan di mata teman – temannya.

BAGAIMANA CARA MEMULAI USAHA BUTIK

Langkah pertama yang harus dilakaukan, apabila ingin menjalankan bisnis ini adalah mencari tempat yang strategis, misalnya di pinggir jalan raya, dekat kampus, dekat dengan mall, atau dekat kafe – kafe tempat nongkrong anak muda.
Cukup tempat berukuran minimal 120m2, bisnis ini sudah bisa dijalankan.
Setelah tempat sudah tersedia, tinggal mengatur display ruangan dengan menata sedemikian rupa sesuai dengan target pasar. Karena target pasar adalah kalangan perempuan muda dan setengah baya, sebaiknya memilih warna yang cerah dan Feminin.
Termasuk alat display dan rak juga disesuaikan dengan warna ruangan.
Kemudian langkah selanjutnya mencari produk untuk di pajang di ruangan dan stock barang. Dengan cara bisa membuat sendiri, dari penjahit yang kita sewa. Atau mencarinya dari produsen – produsen yang kita pilih.

HAMBATAN MENJALANKAN USAHA BUTIK

Usaha ini membutuhkan pengamatan yang jeli untuk mengetahui selera pasar terkini, selain itu juga persaingan dari usaha sejenis semakin ketat, baik butik yang sudah terlebih dahulu maupun butik yang baru.

KUNCI SUKSES USAHA BUTIK

Pemilihan produk yang sesuai selera pasar akan membuat pelanggan akan terus berdatangan. Selain itu juga kita bisa memberikan layanan antar jemput. Selain itu juga bisa memberikan pesan sesuai dengan yang mereka inginkan akan membuat butik yang kita jalankan akan mempunyai keunikan tersendiri dimata pelanggan.
Selain itu kunci sukses lainnya adalah dalam hal pelayanan dan harga yang konsumen inginkan. Yaitu seperti harga tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu murah. Hal ini untuk memberikan kesan bahwa butik kita adalah butik yang bisa menjamin kualitas produk memang bagus.
Selain itu juga promosi yang gencar di lakukan bisa dilakuakn baik degan cara konvensional maupun promosi via internet ( Internet Marketing ), seperti via media sosial, facebook ads, google ads, atau pun melalui blog – blog yang sudah banyak pengunjungnya.
Display ruangan dan tempat yang nyaman akan menambah pengunjung semakin menarik selain cara yang disebutkan diatas.

ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA BATIK

INVESTASI AWAL
Sewa tempat dan Display                                Rp.35.000.000,0
Stok Barang                                                       Rp.20.000.000,0
TOTAL                                                                ============
Rp.55.000.000,0
BIAYA OPERASIONAL PERBULAN
Gaji Pegawai 2 Orang                                       Rp.2.000.000,0
Listrik, telepon, dll                                            Rp.400.000,0
Stok Pakaian                                                      Rp.15.000.000,0
TOTAL                                                                ============
Rp.17.400.000,0
ANALISA OMZET DAN KEUNTUNGAN SERTA BEP USAHA BUTIK
Jika omzet perbulan mencapai Rp.20.000.000,0 dan keuntungan yang diperoleh sekitar 35%, maka Rp.20.000.000,0 x 35% adalah Rp.7.000.000,0.
Maka diperkirakan BEP ( Balik modal ) sekitar 10 bulan.
Demikianlah artikel mengenai peluang usaha rumahan butik ini, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi pengusaha butik. Sehingga bisa menjadi alternatif bisnis keluarga untuk menambah income keluarga yang tercinta.
Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses selalu. Aminnn…

SANGGARBisnisOnline.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *