PILKADA DKI, AJANG PEMILIHAN GUBERNUR DAERAH DKI TAHUN 2017

Berita – Hari ini tepatnya pada tanggal 15 Pebruari 2017, tepatnya hari Rabu, Pilkada DKI dilaksanakan. Sebenarnya pilkada ini berlansung di seluruh wilayah Indonesia. Di mana masyarakat menentukan pilihan pemimpin daerah nya masing – masing.
Namun Pilkada DKI ini cukup menyita banyak perhatian kita semua, bahkan perhatian dunia, karena berbagai macam isu dan kejadian di saat Pilkada ini akan dilaksanakan. Mulai dari masalah hukum yang menimpa salah satu calon Gubernur DKI jakarta.

Pilkada DKI Tahun 2017
Pilkada DKI Tahun 2017

Lembaga survei Populi Center merilis hasil penelitiannya terkait Pilkada DKI 2017. Salah satu yang diteliti adalah mengenai head to head antarpasangan calon gubernur-calon wakil gubernur jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta tak meloloskan salah satu pasangan bakal calon.

The Guardian ikut menyinggung sosok Ahok atau yang mempunyai nama komplit Basuki Tjahaja Purnama, ” Ahok adalah penganut Kristen serta beretnis China, bikin dia masuk dalam dua grup minoritas “.

Lawan Ahok dalam pilgub yaitu Agus Harimurti Yudhoyono, putra bekas presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta Anies Baswedan, bekas menteri pendidikan.

” Salah seseorang dari tiga kandidat memerlukan support 50 % nada untuk menang. Begitu banyak pengamat sepakat dengan pendapat kalau akhirnya akan tidak definitif pada Sabtu. Satu putaran ke-2 mungkin saja bakal berjalan pada April, ” catat portal berita Inggris itu.

Mengenai website berita The New York Times membahas pilkada Jakarta dengan artikel berjudul, ” Election in Indonesia’s Capital Could Test Ethnic and Religious Tolerance “.

Dijelaskan juga, berdasar pada jajak pendapat sekarang ini, beberapa analis memiliki pendapat, kalau Ahok bakal berkompetisi ketat dengan Anies. Mereka menyampaikan, sebagian besar pendukung Agus bakal berpindah mensupport Anies untuk hentikan langkah Ahok.

” Pemilih Islam konservatif kuat di Jakarta, terlebih di Jakarta Selatan serta Timur. Nada Islam konservatif terang mensupport Anies, hingga beberapa orang yang meyakini kalau Ahok sudah lakukan penistaan ada di pihak Anies, ” kata Burhanuddin Muhtadi, direktur eksekutif Tanda.

Portal berita CNN menulis laporan pilkada Jakarta dengan judul, ” Why the Jakarta election could change the face of Indonesia “.

” Ini adalah pengambilan suara yang dapat merubah Indonesia, ” sekian kalimat pembuka laporan CNN itu.

” Dalam satu diantara kampanye yang paling diperdebatkan dalam histori demokrasi yang muda di Indonesia, Basuki Tjahaja Purnama, gubernur Jakarta, tengah berjuang pada dua front : di pengadilan opini umum serta di pengadilan, ” sekian kalimat pembuka pada laporan The New York Times.

Dalam penjelasannya, portal berita Amerika Serikat itu juga menyoroti masalah penistaan agama yang bikin Ahok jadi seseorang pesakitan.

The New York Times menuliskan, beberapa analis politik memiliki pendapat kalau masalah hukum yang tengah dihadapi Ahok adalah pelanggaran pada larangan beberapa puluh th. untuk jadikan etnis serta agama sebagai senjata politik–sebuah langkah yang disangka dikerjakan oleh lawan Presiden Joko Widodo untuk melemahkan pencalonannya kembali ke pilpres 2019.

” Basuki adalah gubernur non-Islam ke-2 di Jakarta mulai sejak kemerdekaan Indonesia dari Belanda pada 1945. Pilgub dilihat sebagai ujian toleransi agama serta etnis di Indonesia yang mempunyai kian lebih 190 juta muslim diantara keseluruhan masyarakat 250 jiwa, ” catat The New York Times.

Pada th. 1964-1965, Jakarta di pimpin oleh gubernur asal Manado, Henk Ngantung. Ia diangkat oleh Presiden Soekarno untuk menukar Soemarno yang ditunjuk jadi menteri dalam negeri.

Portal itu juga berisi pernyataan Philips J. Vermonte, kepala departemen politik serta jalinan internasional di CSIS Jakarta.

” Ini sudah jadi ujian untuk demokrasi kami yang masihlah muda. Sesungguhnya elite politik yang menyulut kemelut agama ini lagi serta lagi. Di Jakarta, elite politik nasional sudah pilih untuk memainkan kartu itu, dimana itu yaitu aksi beresiko, ” tutur Philips yang memberikan kalau gosip agama serta etnis tak jadi masalah di beberapa daerah lain.

demikianlah berita tentang Pilkada DKI ini semoga Pilkada ini berjalan aman dan damai demi kemajuan sebuah bangsa yang merdeka.

Terima kasih atas kunjungannya…

 

SB1M
SB1M
header niko 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *