Renyahnya Peluang Usaha Camilan

camilan    Ngemil adalah aktivitas setiap orang di waktu senggang, baik itu di waktu istirahat sambil nonton acara Televisi, di waktu nonton bioskop, nonton sirkus, dan pada saat jam istirahat. Ini bisa mendatangkan peluang, bagi yang jeli melihat ini sebagai peluang usaha yang punya masa depan cerah. Coba lihat iklan – iklan di televisi, hampir setiap saat menayangkan iklan camilan, baik yang sudah lama, maupun yang baru. Dan Saya yakin ke depan nya usaha camilan ini akan semakin berkembang, seiring dengan bertambah nya jumlah populasi manusia dari hari ke hari semakin bertambah. Di sinilah tugas Anda untuk bisa memanfaatkan momentum ini, dengan menjadikan usaha camilan sebagai peluang yang sangat menjanjikan, dengan cara menproduksi camilan dengan berbagai varian dan rasa yang unik tentu nya, maka bukan mustahil akan mendatangkan untung yang besar.

Retail camilan adalah salah satu dari sekian banyak contoh usaha camilan yang sukses, patu kita tiru dan contoh. cuman kita jangan meniru sama persis. jika yang kita produksi sama, maka kita bisa menambah atau merubah kemasan dan terus ber inovasi untuk memenangkan persaingan dengan yang sudah terlebih dahulu menggeluti nya.

Dengan beragam jenis camilan yang tersebar, maka bukan lah hal yang sulit bagi kita mmegikuti jejak produsen lain. Nah maukah Anda mencoba ? Tapi sebelum Anda mencoba, tentukan dahulu Anda mau bermain sebagai apa ? Dan berikut propesi peluang Usaha :

1.     Sebagai Produsen

Jika Anda mau bermain sebagai Produsen, maka Anda harus siap – siap dengan modal yang agak besar, karaena untuk keperluan sewa tempat, investasi peralatan, dan biaya produksi juga bahan baku di tanggung sendiri, belum termasuk biaya untuk promosi dan pemasaran. Pemasaran bisa dilakukan dengan dua cara, apakah memeakai jasa sales, atau kita sendiri langsung menjual ke konsumen.

2.    Sebagai Distributor / Penyalur

Sebagai Distributor atau penyalur, bisa juga di sebut  sebagai suplayer, yang funsi nya adalah menyalurkan barang dari produsen ke konsumen atau pengecer. Distributor ini biasanya menyalurkan barang secara grosiran. Modal yang di butuhkan sebagai Distributor adalah, sewa tempat atau gudang, mobil box untuk mengantar barang, sopir, kenek. Jadi persiapkan lah secara matang, sebelum terjun atas egala kelengkapan surat – izin uasaha, dan lain lain nya.

3.     Sebagai Pengecer / Retail

Untuk menjadi seorang pengecer, cara nya sangat mudah, kita hanya perlu modal untuk mengantar barang ke warung, bisa juga memakai kendaraan roda dua, dan juaga modal untuk membeli barang dari Distributor tidak terlalu besra, karena kita bisa beli beberapa item barang saja, dan biasanya per bal, kita sudah bisa membeli barang tersebut. Selanjut nya di kemas ke dalam plastik ukuran 1/4 an, untuk di jial eceran Rp. 500,-, selanjuta nya kita jual ke warung – warung jajanan, baik itu di sekolah – sekolah atau warung – yang ada di pinggir jalan raya.

Itulah tadi berbagai macam profesi yang bisa di lakukan untuk menjadi pengusaha camilan. Nah selanjut nya, jika sudah menemukan posisi yang pas, langkah selanjut nya, adalah menganalisa pasar yang perlu di lakukan seorang pengusaha camilan, Kenapa ? sebab usaha ini sifat ya berhubungan dengan kebutuhan masyarakat, maka di perlukan analisa yang mendalam akan hal itu.

Strategi Sukses Menganalisa Pasar

#.   Bagaimana prosfek nya ?

#.   Seberapa ketat persaingan nya ?

#.   Bagaimana mensisasati persaingan nya ?

#.   Target apa yang ingin di capai ?

#.   Dari segi hukum dan legalitas nya

#.   Apa kendala nya ?

#.   Mempersiapkan lokasi yang strategis

#.   Siapa rekan kerja yang akan di rekrut

#.   Berapa karyawan yang di butuhkan ? Bagaimana sistem pengupahan nya

#.   Bagaimana sistem pemasaran nya

#.   Bagaimana cara mempromosikan nya

Nah bagiman Sobat, tertarik kah ? Jika tertarik segeralah ” ACTION ” jangan menunda – nunda, karena kalau kebanyakan mikir, bisa – bisa batal rencana nya.

Dan berikut Usaha Macam – macam Usaha Camilan yang bisa Anda pilih :

a.   Stik Keju dan stik talas

b.   Lanting

c.   Donat

d.   Pisang goreng Kremes

e.   Krupuk kulit

f.   Kerupuk Udang

g.   Cakwe

h.   Jamur Crispy

i.   Kue Nastar

j.   Puding

k.   Brownies

l.   Kue Serabi

m.   Bakpia

n.   Lumpia

o.   Keripik Singkong

p.   Kripik Emping

Itulah sekilas tentang usaha Camilan, mudah – mudahan bermanfaat untuk di jadikan peluang uasaha. Sekian dan terima kasih.

SANGGARBisnisOnline.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *